Bitcoin

Apa Itu Bitcoin?

Bagi sebagian orang pasti masih terasa asing saat mendengar nama Bitcoin. Muncul pertanyaan tantang apa itu Bitcoin dan apa saja manfaat dari Bitcoin itu sendiri?. Mengapa diciptakan adanya Bitcoin tersebut. Bagi orang awan yang belum mengenal tentang pemanfaatan dari Bitcoin ini wajar saja saat muncul beberapa pertanyaan tersebut.

Tidak dapat dipungkiri kemajuan zaman memang semakin canggih dan modern, sehingga segala kegiatan manusia sudah banyak yang mengandalkan kemajuan teknologi itu sendiri. Berbagai kecanggihan teknologi ini akan mempercepat dan mempermudah segala kebutuhan manusia. berbagai hal tersaji dalam waktu singkat dan ditempuh proses yang instan tanpa memerlukan banyak waktu dan tenaga.

Baca Juga: Sejarah Bitcoin

Bitcoin sendiri merupakan salah satu wujud kecanggihan teknologi yang semakin marak di era globalisasi dunia. Kecanggihan teknologi yang satu ini memiliki daya guna yang liar biasa dalam sistem prabayar dunia. Semakin penasaran kan apa itu Bitcoin?. Manfaatnya dan bagaimana tata cara penggunaanya?.

Berikut ulasan lengkap tentang Bitcoin sebagai mata uang virtual yang kian ramai diperbincangkan.

  1. Mengetahui Apa Itu Bitcoin?

Langsung saja daripada Anda penasaran terlalu lama terlebih dahulu perlu Anda ketahui tentang apa itu Bitcoin sebenarnya. Bitcoin merupakan salah satu alat prabayar di era modern yang sudah memanfaatkan kecanggihan peralatan teknologi. Beberapa tahun yang lalu dunia digital digencarkan dengan penemuan sebuah alat transaksi atau mata uang yang dikenal dengan nama Bitcoin.

Bitcoin merupakan mata uang virtual yang dikembangkan pada tahun 2009 silam. Mata uang ini ditemukan oleh Satoshi Nakamoto yang kabarnya nama ini merupakan nama samara dan bukan nama asli yang sebenarnya.

Mata uang yang satu tampilannya mirip dengan mata uang orang asing seperti pound, dollar dan mata uang lainnya. Hanya saja hal yang membedakan dari Bitcoin ini adalah dari segi bentuknya yang berupa peralatan digital.

Konsepnya hampir sama dengan e-Gold meski terdapat beberapa perbedaan di antara keduanya. Pengembangan dari apa itu Bitcoin ini beranggapan bahwa mata uang yang baik tidak dikontrol oleh pemerintahan atau bank sentral yang ada. Hal ini berdasarkan pendapat akan adanya beberapa kasus kelalaian pemerintah dalam menjaga kestabilan perekonomian negara.

Bitcoin mulai populer sejak tahun 2014 lalu sebagai mata uang digital yang cukup fluktuatif. Kecanggihan mengenai uang digital ini menjadi trending masa kini terbaru bagi kalangan yang menyukai transaksi internet. Bisa dilogikakan ibarat tambang emas atau logam mineral lainnya.

Para penambang ini mendedikasikan salah satu sumber daya dari sebuah komputer sebagai alat dalam memecahkan berbagai persoalan matematis lewat sebuah perhitungan yang cukup berat. Mata uang ini mempunyai sistem yang cukup berbeda dari uang konvensional.

Pemerintah dipercaya selalu dikuasai oleh para koruptor yang kian banyak dan hanya bekerja demi kepentingan pribadinya. Sehingga keputusan-keputusan vinansial hanya berpihak kepada para konglomerat.

Mata uang yang disebut dengan Bitcoin ini dipercayai akan menjadi mata uang yang memiliki komoditas universal sehingga harga bitcoin akan terus naik dan melambung pesat. Konsep kegunaan dari apa itu Bitcoin itu sendiri dianggap sangat mengutamakan privasi.

Dalam proses transaksi ini pengguna dapat memakai akun yang bersifat anonim atau tanpa mencantumkan data diri pribadi sedikitpun.

Menarik bukan ?. Ini baru pengertian secara dasarnya saja. Ketahui secara lebih lengkap apa itu Bitcoin dengan berbagai fungsi dan kegunaannya. Berikutnya hal yang tidak kalah menariknya untuk Anda ketahui setelah tahu apa itu Bitcoin ini adalah berkaitan dengan siapa yang sebenarnya menjadi penerbit Bitcoin sendiri.

  1. Siapa yang Menerbitkan Mata Uang Bitcoin

Bitcoin diciptakan dengan sebuah proses yang dinamakan dengan mining dan penggunanya dikenal dengan sebutan miner. Para miner-miner ini memanfaatkan komputer yang canggih untuk menguraikan persoalan matematika kompleks yang bertujuan untuk dapat menemukan block baru dari apa itu Bitcoin sendiri.

Sebagai hadiahnya, penemu akan mendapat penghargaan berupa sejumlah Bitcoin ini. Setiap ditemuka satu block pertama maka akan mendapat hadiah Bitcoin sebanyak 50 BTC kemudian pada penemuan block selanjutnya akan mendapat hadiah 25 BTC dan seperti itu seterusnya. Semakin sering menemukan block maka jumlah Bitcoin yang akan didapatkan juga akan semakin berkurang seiring dengan pertambahan sirkulasi.

Sistem telah memastikan bahwa jumlah bahwa yang disebut dengan Bitcoin ini hanya beredar sebanyak 21 juta BTC di dunia. Sehingga tidak ada kesempatan untuk terjadinya inflasi. Seru sekali bukan ulasan tentang apa itu Bitcoin sebenarnya?. Masih belum cukup sampai di sini maka tetap simaklah pembahasan ini yang kemudian Anda juga harus tahu bagaimana cara mendapatkan Bitcoin tersebut.

  1. Bagaimana Cara Mendapatkan Bitcoin?.

Anda bisa mendapatkan Bitcoin ini dengan cara membeli atau menambang atau yang sering dikenal dengan istilah mining. Mining atau menambang ini merupakan cara yang paling banyak diminati karena bisa dilakukan secara gratis dan bebas prabayar. Namun untuk mendapatkan secara gratis mata uang digital ini bukanlah hal yang mudah.

Hal ini disebabkan bahwa Anda harus memahami serangkaian proses yang cukup panjang untuk mendapatkan Bitcoin-Bitcoin tersebut. Dimulai dari penentuan hardware yang digunakan hingga kemampuan IT yang tidak kalah memerlukan kesabaran ekstra dari para mining.

Beberapa sumber mengungkapkan bahwa hal ini dianggap sebagai mata uang yang termahal saat ini. Harga satu koinnya bisa bernilai hingga 28 juta rupiah. Besar sekali bukan?. Untuk dapat membelinya Anda bisa membuka beberapa alamat web referensi seperti Bitcoin.co.id untuk Indonesia dan btcchina.com untuk China dan juga di mtgox untuk US dan Jepang. Bagaimana?. Tertarikkah Anda untuk mencoba menggunakan dan menambang Bitcoin-Bitcoin ini?.

  1. keunggulan Menggunakan Bitcoin

Hal pertama yang menjadi keunggulan dengan mata uang dalam bentuk Bitcoin ini adalah dari segi keamanan dan kelola uang Anda. Transaksi Bitcoin ini diamankan oleh sebuah kriptografi di tingkat militer yang tidak ada seorangpun yang dapat memakai uang yang Anda miliki atau melakukan sebuah transaksi proses pembayaran dari atas nama Anda sendiri. Anda memiliki kendali penuh dalam mengelolah dan memanajemen uang Bitcoin yang dimiliki.

Selain itu pertanyaan mengapa banyak yang tertarik dari penggunaan apa itu Bitcoin ini adalah dari segi fleksibilitas pemakaian. Penggunaan Bitcoin bisa dilakukan kapan saja, dimana saja dan oleh oleh saiapa saja. Jaringan Bitcoin tidak pernah tidur bahkan saat hari libur sekalipun.

Di samping itu hal yang tidak kalah menariknya adalah dari segi waktu yang diperlukan dan proses penggunaan. Bitcoin menggunakan transaksi online yang bisa ditransfer kemana saja. Tidak ada bank lain yang mempunyai kendali untuk memperlambat proses transaksi sehingga waktu yang diperlukan untuk transaksi Bitcoin ini sangat cepat dan singkat tanpa adanya beberapa gangguan seperti bank-bank lain pada umumnya.

Bahkan Anda juga bisa melakukannya lewat ponsel genggam sendiri tanpa ribet harus menggesek kartu dengan memasukkan pin yang terkadang sulit untuk menemukan loket ATM terdekat.

Bagaimana?. Setelah Anda mengetahui lebih jelas tentang apa itu Bitcoin sendiri, bagaimana cara mendapatkannya serta manfaat dan keunggulan yang ditawarkan, tentu sangat menarik sekali ya?. Apakah Anda tertarik dengan kecanggihan uang digital yang satu ini?. Bukan hal yang mustahil lagi untuk melakukannya sekarang. Pelajari dengan baik tata caranya, praktikkan dan rasakan kemudahan manfaatnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *