Belajar Bahasa Inggris Pemula

Belajar Bahasa Inggris Pemula

Seperti yang kita ketahui, bahasa inggris merupakan bahasa yang digunakan oleh masyarakat internasional dalam berkomunikasi. Bahasa inggris mengalami perkembangan setiap tahunnya, setidaknya lebih dari 1000 kosakata ditemukan dan ditambahkan dalam kamus Oxford.

Di Indonesia sendiri, kurikulum pendidikan bahasa inggris sudah ada mulai dari jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi, dan kini sudah lazim ditemui bahwa salah satu persyaratan pencari kerja adalah kecakapan berbahasa inggris. Oleh karena itu, tidak sedikit dari mereka yang mengambil pendidikan formal melalui lembaga formal maupun informal untuk melatih kecakapan berbahasa inggris.

Di satu sisi, bahasa inggris bukan tidak mungkin dikuasai dengan belajar mandiri atau otodidak. Dengan metode dan alur yang tepat Anda akan dengan mudah mempelajari bahasa inggris bagi pemula sekalipun, hal ini memungkinkan karena sudah tidak terhitung jumlah buku ajar dan bahan-bahan di internet yang dibagikan secara gratis. Yang dibutuhkan adalah Anda tahu darimana harus memulainya.

Berikut ini beberapa cara mudah belajar bahasa inggris bagi pemula yang ingin mempelajari bahasa inggris secara mandiri, sebagaimana kami kutip dari BahasaInggris.PRO. Simak ulasannya di bawah ini :

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris bagi Pemula

1. Tujuan Belajar

Hal pertama yang saya tekankan untuk Anda yang baru memulai bahasa inggris adalah menemukan tujuan Anda belajar bahasa inggris, apakah untuk menambah soft skill yang digunakan untuk mencari kerja ataukah untuk mencari beasiswa sekolah ke luar negeri.

Hal ini juga berimplikasi pada kuatnya motivasi Anda dalam belajar bahasa inggris. Saat motivasi belajar Anda turun, ingat kembali tujuan Anda dalam mempelajari bahasa inggris.

2. Belajar Dasar Bahasa Inggris

Bagi pemula, mempelajari dasar bahasa inggris merupakan hal yang penting. Hal-hal dasar untuk mempelajari bahasa ini adalah pengenalan akan alpabet atau huruf-huruf yang digunakan. Selain itu, Anda juga dituntut untuk mempelajari bentuk kalimat simple present tense melalui mendengarkan atau membaca buku cerita anak-anak dalam bahasa inggris.

Hal ini akan meningkatkan perbendaharaan kosakata Anda, penting untuk Anda ketahui, bahwa cerita anak-anak berbahasa inggris umumnya menggunakan kalimat dan kosakata yang tidak rumit dan mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

3. Pelajari Frase bukan Kosakata

Cara belajar bahasa inggris bagi pemula sangat tidak dianjurkan untuk menghafal ratusan kosakata setiap harinya. Mengapa demikian? hal ini dikarenakan Anda akan kesulitan untuk membentuk kalimat utuh yang dapat digunakan dalam percakapan sehari-hari. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempelajari frase bahasa inggris, hal ini akan membantu Anda mengetahui bentuk kalimat dan konteks.

Jika tujuan Anda lancar berbicara dengan bahasa inggris, maka hindari menghafal kosakata dan fokus pada frase atau bahkan kalimat utuh. Dari sana, catat kosakata yang tidak Anda ketahui dan berlatihlah mengucapkannya di depan cermin.

Sebagai catatan, akan sangat baik bila Anda mempelajari frase menggunakan buku dan audio sekaligus untuk mengetahui bagaimana penutur asli bahasa inggris mengucapkannya.

4. Mendengarkan

Mendengarkan merupakan salah satu kemampuan yang harus Anda kuasai, bahkan dalam ujian TOEFL terdapat sesi listening atau mendengarkan. Salah satu tutor saya bahkan menyebutkan bahwa kecakapan mendengarkan bahasa inggris berdampak langsung pada kemampuan berbicara atau speaking Anda.

Saat ini, sudah banyak sekali materi di internet yang bisa Anda akses secara gratis, saya pribadi belajar kemampuan listening bahasa inggris melalui youtube. Setidaknya ada lebih dari 10 channel youtube yang bisa Anda akses belajar, berikut beberapa diantaranya :

  • English With Lucy
  • Learn with Papa Teach Me
  • MMMEnglish
  • English Like a Native
  • Linguamarina
  • A.J Hoge
  • Can Learn English
  • Aussie English

5. Berbicara

Berbeda dengan beberapa orang, saya pribadi setuju dengan metode yang saya dapatkan lewat tutor saya bahwa setelah mendengarkan maka selanjutnya adalah melatih kemampuan berbicara atau speaking.

Berbicara dalam bahasa inggris akan memaksa otak Anda berpikir dalam mengolah frase atau kalimat dalam bahasa inggris. Pada awal-awal mungkin Anda akan mengalami kesulitan karena otak Anda akan menerjemahkan bahasa indonesia ke dalam bahasa inggris, namun seiring semakin sering dilatih maka akan meningkatkan kecakapan Anda berbicara dalam bahasa inggris.

Temukan partner berbicara bahasa inggris Anda, cari teman Anda yang fasih berbahasa inggris dan paksa diri Anda untuk berkomunikasi dengannya setiap saat.

6. Belajar Grammar

Setelah Anda mulai fasih dalam mendengarkan dan berbicara dalam bahasa inggris, ini saatnya Anda mempelajari tata bahasa atau Grammar bahasa inggris yang benar.

Mempelajari Grammar akan membantu Anda dalam menggunakan pola kalimat yang sesuai seperti past tense yang menceritakan kejadian yang terjadi di masalah lalu, simple present tense yang menceritakan kejadian di masa sekarang, future tense yang menceritakan kejadian di masa yang akan datang ataupun pola perfect tense untuk kejadian yang sudah terjadi.

Oleh karena itu, siapkan diri Anda karena mempelajari grammar paling memakan waktu untuk pemahaman dan penguasaannya.

7. Membaca

Cara belajar bahasa inggris untuk pemula selanjutnya adalah dengan membaca buku cerita bergambar. Seperti yang dijelaskan pada poin pertama, mulai dari buku cerita bergambar anak-anak karena menggunakan kosakata dan pola kalimat yang sederhana.

Selanjutnya, jika Anda merasa perlu menantang diri Anda ke level yang berbeda, baca koran atau bahan bacaan lainnya yang berbahasa inggris. Belajar membaca bahasa inggris akan memudahkan Anda mengidentifikasi pola kalimat dan tata bahasa baku yang digunakan.

Melatih membaca akan lebih mudah bila Anda paham akan dasar-dasar grammar, oleh karena itu sebaiknya pelajari grammar terlebih dahulu sebelum masuk materi membaca.

8. Menulis

Selain mendengarkan, berbicara dan membaca, keterampilan menulis bahasa inggris juga merupakan hal yang krusial untuk dikuasai. Menulis merupakan tingkatan tertinggi dalam belajar bahasa inggris, karena kemampuan ini membutuhkan pengetahuan akan kosakata dan tata bahasa yang baik.

Namun, untuk memulainya cobalah menulis hal-hal sederhana seperti pengalaman sehari-hari. Tidak perlu panjang, cobalah satu paragraf setiap harinya dan tambahkan panjang paragraf di minggu selanjutnya.

Setelah selesai menulis, cobalah periksa tata bahasa atau grammar setiap tulisan Anda.

Demikian pembahasna mengenai Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris bagi Pemula, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam mempelajari bahasa asing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *