Bisnis Online Lewat Instagram, Bagaimana Caranya?

Bisnis secara online terutama dapat dilakukan melalui berbagai situs jejaring sosial. Salah satunya adalah Instagram, jejaring sosial berbasis foto. Melalui Instagram, kita dapat membagikan foto-foto terbaru dengan disertai caption. Jejaring sosial satu ini kerap digunakan oleh traveler dalam membagikan foto-foto perjalanan mereka selama liburan. Namun, tak jarang pula yang menggunakannya sebagai tempat berjualan. Bahkan, online shop atau toko online berbasis Instagram kini sudah sangat banyak jumlahnya. Kita juga bisa menggunakan jejaring sosial satu ini sebagai tempat berjualan dan menghasilkan uang. Apalagi mengingat fakta bahwa Indonesia termasuk salah satu negara dengan jumlah pengguna Instagram terbesar di dunia.

Instagram Sebagai Lapak Bisnis Online

Sebelum mulai berbisnis melalui Instagram, pastikan kita telah memiliki akun terlebih dahulu. Dapatkan aplikasi Instagram melalui PlayStore dan buatlah akun. Jika sudah, tentukan dulu barang apa yang akan dijual melalui Instagram. Mengingat Instagram adalah jejaring sosial berbasis foto, maka visual dari foto yang diunggah haruslah tampak bagus. Pastikan foto-foto yang diunggah memiliki resolusi tinggi. Kita bisa menggunakan filter yang tersedia di Instagram atau memanfaatkan aplikasi edit foto agar foto yang diunggah tampak menarik. Sertakan juga caption yang mencakup harga, spesifikasi, pilihan warna, bentuk dan ukuran jika ada, stok, jasa ekspedisi pengiriman yang digunakan serta nomor kontak yang bisa dihubungi.

Kita juga dapat menambahkan hashtag pada postingan tiap foto untuk memudahkan pembeli dalam menemukan barang yang dicari. Selain itu, kita juga bisa menandai orang-orang tertentu pada foto, terutama mereka yang dirasa adalah pembeli potensial. Selanjutnya, kita juga harus mempromosikan barang dagangan kita melalui Instagram. Promosikan produk pada target pembeli. Sebagai contoh, apabila kita berjualan buku impor, maka target pembeli kita tentu adalah orang-orang yang gemar membaca, komunitas pecinta buku, dan orang-orang yang hendak membeli buku impor namun kesulitan dengan proses pembeliannya. Promosikan produk pada mereka dengan cara menandai dalam tiap postingan atau mengirim Direct Message.

Yang tidak boleh terlupakan dari bisnis online melalui Instagram ini adalah niat dan kesungguhan kita dalam melakukannya. Sudah banyak toko-toko online yang tersedia di Instagram, sehingga tentunya pesaing kita tidak sedikit. Produk yang dijaga kualitasnya, pelayanan prima serta feedback pada konsumen sangat dibutuhkan guna meningkatkan penjualan. Kita tidak bisa hanya berpangku tangan dan menganggap proses jualan online selesai setelah mengupload foto produk. Promosi tetap harus dijalankan, demikian juga dengan membangun hubungan baik bersama para pembeli dan pelanggan. Jika semua tips di atas dijalankan, maka bukan tidak mungkin jejaring sosial Instagram akan menjadi tempat menghasilkan uang yang menyenangkan. Demikian tips dan saran seputar menjalankan  bisnis secara online melalui Instagram. Semoga informasi di atas membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *