Cara Melancarkan Haid

Cara Melancarkan Haid

Di masa puber, mayoritas perempuan akan mengalami haid. Siklus ini akan berjalan sampai pada perempuan tersebut mengalami monopouse. Namun, faktanya tidak semua perempuan memiliki siklus haid yang normal sesuai dengan kaidah umum masa haid. Hal ini harus diatasi dengan beberapa cara melancarkan haid yang aman dan terpercaya.

Beberapa Cara Melancarkan Haid yang Mudah

Ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk melancarkan haid. Namun, hal terpenting yang harus diperhatikan adalah dengan memilih solusi yang aman dan tidak menimbulkan efek samping. Mengingat ada banyak formula berbahaya yang bisa membahayakan kesehatan seseorang. Berikut adalah beberapa cara mudah untuk melancarkan haid tersebut.

1. Banyak Mengkonsumsi Air Mineral

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk melancarkan haid adalah dengan memperbanyak konsumsi air mineral. Peran air mineral sangatlah penting sehingga metabolisme di dalam tubuh manusia menjadi lebih seimbang. Haid seorang perempuan akan semakin lancar dengan adanya metabolisme tubuh yang baik.

Umumnya, seseorang dianjurkan untuk mengkonsumsi air mineral sebanyak 8 liter untuk setiap harinya. Dan usahakan mengkonsumsinya secara teratur. Selain membantu melancarkan haid, ini juga akan membantu meningkatkan kesehatan tubuh manusia.

2. Berolahraga secara Teratur

Selanjutnya, Anda juga bisa berupaya melancarkan siklus menstruasi dengan cara melakukan olahraga secara teratur. Olahraga tidak sebatas membantu menyehatkan tubuh Anda. Olah raga yang dimaksud di sini tidak seperti olahraga yang keras dan berat.

Caranya cukup melakukan jogging atau jalan kaki di setiap pagi hari selama beberapa saat. Selain itu, Anda juga bisa bersepeda secara rutin agar lebih menyenangkan. Olah raga yang dilakukan secara teratur tersebut akan membantu melancarkan peredaran darah sehingga haid tiap perempuan akan menjadi lancar.

3. Beristirahat secara Teratur

Selain itu, ada juga cara murah yang lain untuk membantu melancarkan haid seseorang. Caranya cukup dengan melakukan istirahat secara teratur. Tubuh akan mampu memproduksi hormone Kortisol dengan baik dengan istirahat secara teratur.

Selain mampu melancarkan haid, istirahat secara teratur juga akan membantu meredam stress dan berbagai permasalahan pada tubuh yang lainnya. Dengan demikian, hormon pengatur haid yang dikenal dengan Hypothalamus ini tidak akan dipengaruhi oleh apapun. Alhasil, haid seseorang menjadi semakin lancar.

4. Konsumsi Makanan Bergizi dan Sehat

Cara melancarkan haid yang selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi jenis makanan sehat dan bergizi. Dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang sehat dan bergizi, maka proses produksi hormon di dalam tubuh manusia menjadi tidak terhambat. Mengkonsumsi jenis makanan yang sehat dan bergizi ini sangat penting untuk dibiasakan.

Di antara jenis makanan sehat dan bergizi yang dimaksud adalah jenis daging, buah, sayuran dan lain sebagainya yang akan membantu menyeimbangkan sistem metabolisme pada tubuh manusia. Dengan demikian, haid seseorang tentu akan menjadi lebih lancar.

5. Gaya Hidup Sehat

Selain itu, gaya hidup sehat juga tak kalah penting untuk diperhatikan sebagai upaya untuk membantu melancarkan haid. Olah raga dan juga makanan yang bergizi sangat berkaitan dengan gaya hidup sehat yang dimaksud. Karena salah satu faktor yang menyebabkan seseorang haidnya tidak lancar adalah gaya hidup yang buruk.

Dengan demikian, Anda juga harus menghindari berbagai kebiasaan yang buruk seperti merokok, konsumsi kafein berlebih, mengkonsumsi alkohol, begadang dan masih banyak lagi yang lainnya. Sehingga, dengan menerapkan gaya hidup sehat dan juga menghindari berbagai kebiasaan yang buruk akan membuat haid seseorang menjadi lancar.

6. Konsumsi Minuman Herbal

Berikutnya adalah dengan mengkonsumsi jenis minuman herbal. Minuman herbal ini biasanya dibuat dari berbagai jenis bahan alami yang diracik dengan baik untuk melancarkan haid. Ada banyak jenis ramuan herbal yang dapat dijadikan sebagai pilihan. Mulai dari minuman herbal dari kunyit, jahe dan masih banyak lagi obat herbal lain yang bisa dijadikan solusi untuk melancarkan haid.

Sekalipun minuman herbal ini sangat baik untuk membantu melancarkan haid, Anda juga harus benar-benar memperhatikan dosis yang ada. Karena mengkonsumsi dalam jumlah yang berlebihan justru akan tidak baik untuk tubuh Anda. Dengan mengkonsumsi ramuan herbal secara teratur, maka itu akan membantu melancarkan haid yang kurang lancar.

7. Konsumsi Seledri

Selain beberapa cara yang dilakukan di atas, masih ada lagi cara lain yang sangat efektif untuk melancarkan haid. Di antaranya adalah dengan mengkonsumsi seledri. Seledri sendiri adalah salah satu jenis sayuran yang baik untuk tubuh. Di antara kandungannya sangat efektif untuk membantu mempercepat serta meningkatkan siklus haid.

Aliran darah dari bagian uterus dan juga pelvis akan mampu berjalan dengan lancar dan tidak ada gangguan hanya dengan mengkonsumsi seledri. Hal ini disebabkan karena kandungan di dalam seledri yang bernama Apiol. Kandungan ini tersimpan pada bagian batang seledri yang akan membantu melancarkan haid perempuan.

8. Menghindari Berbagai Aktivitas Padat

Salah satu faktor yang menyebabkan haid seseorang menjadi kurang teratur adalah karena aktivitas yang terlalu padat. Biasanya, aktivitas yang padat ini akan menyebabkan stress. Dengan aktivitas yang padat, keadaan tubuh seseorang akan menjadi melemah. Sehingga, untuk mengatasi siklus haid yang tidak lancar tersebut adalah dengan cara mengurangi aktivitas padat.

Kalaupun terpaksa harus melakukan berbagai aktivitas padat, itu harus diimbangi dengan yang namanya keseimbangan gizi dan nutrisi tubuh. Namun, jika haid Anda terlalu lambat dan tidak teratur, sebaiknya kurangilah berbagai aktivitas yang padat. Dengan demikian, keadaan fisik dan mental Anda akan kembali normal dan memungkinkan mengalami siklus haid yang teratur.

9. Menghindari Konsumsi Jenis Obat Tertentu

Ada juga cara lain yang dapat dilakukan untuk melancarkan siklus haid, yaitu dengan cara menghindari mengkonsumsi jenis obat tertentu. Penting untuk diingat bahwa ada beberapa jenis obat khusus yang dapat menyebabkan haid seseorang menjadi tidak teratur. Oleh karena itu, jenis obat-obatan tersebut harus benar-benar dihindari.

Di antara jenis obat yang perlu dihindari untuk membantu melancarkan siklus haid adalah obat anti depresi, obat anti alergi, obat untuk mengatasi tekanan darah tinggi, obat untuk antiseptik dan masih banyak lagi yang lainnya. Hal ini bisa dibuktikan dengan para penderita kanker yang menjalani pengobatan sehingga siklus haid penderita kanker tersebut menjadi tidak teratur.

10. Melakukan Akupuntur

Berikutnya adalah dengan melakukan terapi akupuntur. Ini merupakan salah satu jenis teknik pengobatan yang asalnya adalah dari Cina. Banyak kalangan yang menggunakan cara ini untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk haid yang tidak teratur.

Untuk mempraktikkan metode ini, Anda bisa mendatangi orang yang ahli di bidang akupuntur dan pastikan bahwa ia adalah orang yang benar-benar ahli. Jika tekniknya tepat, maka ini akan efektif untuk melancarkan haid.

Anda yang mengalami masalah pada haid yang tidak teratur bisa menggunakan salah satu dari beberapa cara melancarkan haid yang disebutkan di atas. Pastikan menggunakan metode di atas secara tepat dan teratur agar hasilnya maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *