Cara Menanam Gambas

Cara Menanam Gambas

Gambas merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak disukai. Selain memiliki rasa yang kenyal dan lezat, sayuran ini juga kaya akan gizi dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika Anda ingin membudidakan gambas, berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu diperhatikan.

Persiapan Budidaya Gambas

Benih gambas dapat diperoleh dengan mudah dari toko pertanian atau membuatnya sendiri dari gambas yang sudah tua. Karena akan dijadikan bibit, sebaiknya pilih gambas yang sehat, berbentuk normal, dan tidak memiliki bekas serangan hama atau terkena penyakit. Ambil biji buah tersebut dan jemur selama 4 jam. Setelah itu rendam benih. Pilih benih yang tenggelam saat direndam dan buang benih yang mengapung. Siapkan pupuk NPK, ZA, SP, KCL, dan Urea. Sementara itu alat yang harus disiapkan adalah kored, cangkul, tugal, ember, gembor, dan bambu untuk ajir.

Menyiapkan Lahan Budidaya Gambas

Untuk lahan yang baik, pastikan kondisi tanahnya optimal dan mengandung banyak unsur hara, subur dan gembur serta memiliki pH 6-7. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, sebelum penanaman area lahan dapat dibersihkan lebih dulu dari gulma atau tanaman pengganggu karena dapat mengganggu pertumbuhan tanaman.

Cara Menanam Gambas

Buat lubang tanam dengan kedalaman 20 x 25 cm. Antar lubang dapat diberi jarak sekitar 50 cm dan jarak antar barisnya sekutar 2 meter. Taburkan pupuk kandang sekitar 1 kg untuk setiap lubang. Biarkan selama sehari kemudian masukkan benih ke lubah tanam sebanyak 2 benih per lubang. Tutup benih tersebut dengan tanah tipis-tipis.

Perawatan Tanaman Gambas

Penyiraman tanaman gambas dapat dilakukan setiap hari yakni pagi dan sore. Setiap 2 minggu sekali, siangi gulma atau rumput yang tumbuh di sekitar tanaman gambas. Penyiangan yang pertama dapat dilakukan saat tanaman berumur 2 minggu. Saat ketinggian tanaman sudah sekitar 50 cm, pasang ajir dari bambu di dekat tanaman. Setiap tanaman dapat diberi 4 ajir di keempat sudutnya. Kemudian di bagian atas ajir, hubungkan lagi dengan bambu sampai membentuk kotak. Pemotongan tunas dapat dilakukan saat tanaman berumur 2-3 minggu atau saat daunnya sudah rimbun. Pangksa cabang yang sudah tua dan tidak lagi tumbuh memanjang dengan gunting atau pisau.

Pemupukan Gambas

Pemupukan dapat dilakukan secara bertahap. Untuk yang pertama, beri pupuk saat tanaman berumur 2 minggu. Kemudian lakukan pemupukan kembali setiap dua minggu yakni minggu ke-4, 6, dan 8 dengan dosis 1/5 dari total dosis pemupukan yang sebelumnya. Pemupukan diberikan ke lubang yang berjarak sekitar 5 cm dari tanaman. Tutup lubang yang sudah diberi pupuk.

Pemanenan Gambas

Gambas sudah dapat dipanen ketika sudah berumur 2 – 3 bulan. Gambas yang sudah siap panen memiliki ciri-ciri berwarna hijau, berukuran sekitar 20 cm, dan memiliki tekstur yang kenyal. Pemanenan sebaiknya dilakukan tepat waktu karena buah yang sudah terlalu tua akan berserat. Anda dapat memotong pangkal buah dengan pisau untuk memanen gambas.

Gambar Tanaman Sayur Gambas
Gambar Tanaman Sayur Gambas

Demikianlah cara menanam gambas yang dapat kami sampaikan. Bagaimana, mudah bukan budidaya tanaman gambas?

Waktu pemanenan yang ideal adalah pagi atau sore. Gunakan wadah berupa keranjang bambu agar gambas tidak rusak saat proses pengangkutan dan menyediakan sirkulasi udara yang baik. Simpan hasil panen gambas di ruangan yang dingin agar kualitasnya terjaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *