Cara Mencegah Osteoporosis

Cara Mencegah Osteoporosis

Lebih dari 50 persen wanita berusia 60 tahun keatas mengalami osteoporosis. Satu dari lima wanita pernah mengalami patah tulang dan beberapa diantaranya di vonis tidak dapat berjalan lagi. Maslaah ini tidak hanya dialami oleh wanita, pria pun tidak imun terhadap hal ini. Dilaporkan 30 persen pria berusia lanjut mengalami osteoporosis dan dari data tersebut, 50 persen diantaranya mengalami masalah patah tulang.

Osteoporosis merupakan masalah kesehatan serius yang sering dianggap sepele oleh banyak orang. Karakteristik masalah kesehatan ini disebabkan oleh hilangnya kepadatan tulang dan rusaknya jaringan otot pada persendian tulang Anda.

Untuk mencegah menurunnya kepadatan tulang diperlukan penerapan gaya hidup sehat dengan rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat untuk mengembalikan kepadatan tulang. Berikut ini beberapa cara mencegah osteroporosis sejak dini yang dapat Anda lakukan.

Cara Mencegah Osteoporosis Sejak Dini

1. Batasi Konsumsi Alkohol dan Kafein

Konsumsi kafein seperti kopi, teh, coklat dan minuman energi bersifat diuretik yang artinya dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil, kondisi ini dapat membuang hingga lebih dari 150 gram kalsium melalui air seni.  Pun demikian, dengan alkohol. Kandungan senyawa Fosfat dalam minuman yang mengandung alkohol dapat menyebabkan menurunnya kandungan kalsium pada tulang Anda.

Dalam penelitian yang di inisiasi oleh Harvard Medical School, wanita berusia 16 hingga 20 tahun yang rutin mengonsumsi kafein dan alkohol mengalami penurunan kepadatan tulang daripada mereka yang tidak mengonsumsi alkohol dan kafein.

2. Berjemur Matahari Pagi

Berjemur matahari pagi sangat baik untuk kesehatan Anda.  Sinar matahari pagi dapat memberikan Anda vitamin D yang berperan dalam penyerapan kalsium oleh tulang. Selain itu, vitamin D juga nutrisi esensial yang baik untuk meningkatkan sistem imun, menjaga kesehatan kulit, mencegah depresi dan mengatasi masalah autoimun.

Oleh karena itu, sediakan waktu untuk berjemur pada pagi hari antara jam 08.00 hingga 10.00 setiap harinya.

3. Konsumsi Buah Bidara

Manfaat Buah bidara kaya akan dungan Kalsium, Fosfor dan Zat Besi yang sangat baik untuk menjaga kepadatan tulang. Bagi mereka yang berusia lanjut, konsumsi buah bidara sangat baik untuk mencegah osteoporosis dan masalah kepadatan tulang karena faktor usia.

4. Menghindari Stress

Menghindari stress merupakan salah satu cara menjaga kesehatan tulang, saat stress tubuh Anda melepaskan hormon Kortisol, jika kadar kortisol tubuh Anda berada pada level tinggi dalam jangka panjang dapat menyebabkan menurunnya kepadatan tulang.  Hormon kortisol berdampak negatif karena menyebabkan menurunnya sensitifitas tubuh terhadap insulin, kondisi ini dapat menyebabkan naiknya kadar gula darah dan menurunnya kepadatan tulang.

Oleh karena itu, melakukan manajemen stress dengan melakukan ibadah, relaksasi, meditasi dan melakukan olahraga. Selain itu, tidur delapan jam setiap hari, berlibur dan mempelajari bahasa baru dapat meredakan stress Anda.

5. Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga setiap hari dapat meningkatkan kepadatan tulang Anda. Rutin berolahraga merupakan salah satu cara mencegah osteoporosis sejak dini. Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam American Academy of Pediatrics mengungkapkan bahwa olahraga ringan selama 40 menit setiap hari sudah cukup untuk menjaga kepadatan tulang Anda.

Olahraga yang disarankan untuk menjaga kesehatan tulang, diantaranya adalah

  • Yoga
  • Jogging
  • Jalan Kaki
  • Lompat Tali
  • Naik-Turun Tangga
  • Hiking
  • Pushup

6. Konsumsi Suplemen Kalsium

Kebanyakan orang tidak memenuhi kebutuhan kalsium harian mereka, hal ini menyebabkan tulang mengalami penurunan kepadatan secara konsisten. Setiap harinya baik pria maupun wanita berusia awal 20 tahunan membutuhkan 1000 mg kalsium, sedangkan saat memasuki usia 50 tahun kebutuhan kalsium meningkat hingga 2000 mg, untuk memenuhi kebutuhan kalsium ada baik untuk mengonsumsi suplemen kalsium agar tulang Anda terjaga kepadatannya.

Selain itu, imbangi konsumsi kalsium dengan mengonsumsi makanan tinggi vitamin D kuning telur, ikan dan jamur untuk memaksimalkan penyerapan kalsium oleh tulang.

7. Miliki Berat Badan Ideal

Disamping konsumsi makanan sehat dan berolahraga, diet juga merupakan salah satu cara mencegah osteoporosis.

Mereka yang memiliki berat badan rendah umumnya mengalami masalah osteoporosis lebih cepat dibandingkan mereka yang memiliki berat badan ideal. Selain itu, kelebihan berat badan atau obesitas juga menurunkan kesehatan tulang Anda karena tulang menopang berat badan Anda dan menyebabkan kerusakan pada selaput otot yang berada diantara persendian.

Demikian pembahasan mengenai Cara Mencegah Osteoporosis sejak Dini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan tulang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *