Cara Mendidik Anak yang Baik

Cara Mendidik Anak yang Baik

Ada suatu peribahasa mengatakan bahwa mendidik anak sewaktu kecil ibarat melukis di atas batu, sedangkan mendidik anak ketika mereka telah dewasa seakan melukis di atas air. Dari peribahasa tersebut Anda sebaga orang tua sebagai pendidik di lingkup terdepan harus paham tentang cara mendidik anak yang baik.

Gambar Mendidik Anak yang Benar
Gambar Mendidik Anak yang Benar

Salah satu cara yang bisa Anda terapkan ialah sengan memberi contoh cerpen singkat yang memiliki nilai moral, edukatif, dan memiliki makna yang baik agar anak Anda memiliki pandangan terhadap pesan yang terkandung di dalam cerita. Misalnya cerpen bertema tentang bakti pada orang tua, Anda dapat memberikan contoh dari tokoh yang ada dalam cerpen agar amak Anda mengerti benar dan salahnya.

Selain itu, cara mendidik anak yang baik dapat pula dilakukannya kebiasaan-kebiasaan baik di luar kebiasaan formal, misalnya:

  1. Mendidik Sopan Santun pada Orang yang Lebih Tua

Kesopanan anak perlu dipatri ketika mereka masih kecil agar kelak ketika mereka dewasa, tidak akan lancang ketika berbicara dengan orang yang lebih tua. Khususnya berbicara dengan Anda sebagai orang tua, Anda dapat menstimulus dengan bahasa yang sopan tidak kasar dan mem-filter kata-kata yang tidak pantas.

  1. Mendidik untuk Disiplin Waktu

Meski anak Anda masih kecil, mendisiplinkan mereka bisa dilakulan dengan cara sederhana seperti membiasakan mereka untuk mandi, makan, ibadah, istirahat, bermain dan belajar tepat waktu. Ketika anak Anda merengek dan menolak instruksi Anda, jangan sekalipun membentak atau memarahinya. Anda hanya perlu tegas, sedikit intimidasi pun tak masalah.

  1. Mendidik Anak agar Mandiri

Simple saja, Anda dapat memulainya dengan membiarkan anak untuk bangun pagi sesuai alarm yang di aturnya, kemudian membiarkan mereka mandi sendiri, mengajari mereka mencuci baju mereka, memilih pakaiannya sendiri dan sebagainya. Selama si anak tak mengalami kesulitan dan aman baginya, maka Anda tak perlu khawatir.

  1. Mendidik Kejujuran dan Tanggung Jawab Anak

Caranya cukup dengan memberikan uang saku lebih pada anak Anda. Kemudian bepesanlah agar ia menyisakanya untuk ditabung. Jika anak Anda memang jujur dan bertaggung jawab, pastinya ia akan menjalankan amanah Anda. Kalaupun tidak, maka setidaknya anak Anda harus mengatakan alasannya. Dengan begitu rasa jujur dan tanggung jawab mereka terasah baik.

  1. Mendidik Jiwa Sosial Anak

Anda dapat memberi contoh pada anak Anda untuk senantiasa berbuat baik pada orang lain. Terlebih pada orang yang membutuhkan. Misalnya membantu orang tua membawakan kantung belanja. Membantu ibu membeli keperluan dapur ke warung. Atau membantu memungut sampah di sekitar rumah.

Kebiasaan baik yang Anda ajarkan kepada anak Anda, dengan sendirinya akan membentuk suatu kebiasaan baik dari dalam diri si anak dan mampu memberi aura positif untuk orang-orang di sekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *