Cara Mengajar Anak TK

Cara Mengajar Anak TK

Taman kanak-kanak (TK) merupakan tingkat pendidikan yang dilalui sebelum masuk Sekolah Dasar. Pada kelas TK anak diajarkan membaca, menulis dan berhitung. Ketiga hal tersebut merupakan kunci menempuh tingkatan pendidikan yang lebih tinggi. Anak tk berada dalam masa emas, sehingga mereka belajar keterampilan tertentu dan mudah dalam meniru apapun. Tentu cara mengajar anak tk akan berbeda dengan tingkat pendidikan lainnya.

Cara Mengajar Anak TK
paud-anakbermainbelajar.blogspot.com

Pembelajaran pada jenjang tk sebaiknya diarahkan pada kemampuan kognitif atau pengetahuan, psikomotorik atau keterampilan dan afektif atau sikap. Hal ini sesuai dengan kurikulum 2013 yang disarankan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia. melalui penerapan tiga kemampuan tersebut, diharapkan dapat menghasilkan anak bangsa yang cerdas berpikir, berakhlak mulia dan terampil.

Anak-anak pada usia TK sangat mudah bosan. Mereka masih senang bermain dengan sebayanya. Terkadang juga anak-anak sulit untuk diatur dan tidak mau mengikuti perintah guru. Namun, Anda tidak perlu cemas. Karena ada beberapa cara mengajar anak tk yang santai namun tetap fokus dan bersungguh.

Berikut beberapa tips mengajar anak tk agar tidak membosankan yang kami rangkum dari website https://solusinya.net.

  1. Berteman lah dengan dunianya

Terkadang ada anak-anak yang susah diatur, suka membuat gaduh dan onar. Coba lah ajak mengobrol anak tersebut, sehingga dapat menimbulkan rasa simpati, empati dan sayang terhadap Anda para guru TK. Saat rasa simpati itu muncul, mereka akan jinak dan menuruti perintah Anda dengan senang hati. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa hubungan pertemanan antara guru dan murid akan meningkatkan kecerdasan murid.

  1. Gunakan lagu dalam belajar

Anak TK menyukai bernyanyi, sehingga dalam pembelajaran di kelas gunakanlah lagu untuk media belajar. Hal ini juga memberi Anda kesempatan untuk mengenalkan nama-nama hari, bulan, abjad, hewan, buah, sayur dan lain sebagainya. Melalui bernyanyi mereka juga akan bertambah semangat dalam mengikuti pembelajaran. Penggunaan lagu adalah cara mengajar anak TK yang tergolong santai namun tetap fokus pada tujuan yang hendak dicapai.

  1. Belajar sambil bermain

Belajar sambil bermain dapat ditunjukkan melalui mewarnai huruf dan angka pada buku bergambar mereka, menyusun puzzle huruf, angka, buah, sayur dan sebagainya. Mereka sangat menyukai kegiatan mewarnai dan menyusun puzzle. Kegiatan tersebut juga menyebabkan anak-anak melihat secara berulang-ulang, sehingga mereka menjadi ingat terhadap objek yang ada di depannya.

  1. Mengajar keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa

Tidak lupa dalam mengajarkan anak tk selain pengetahuan, juga harus mengajarkan tentang agama. Hal ini dapat berupa kepercayaan adanya Tuhan Yang Maha Esa, siapa Tuhan mereka, bagaimana dasar-dasar dalam agama mereka, perbuatan yang boleh dan dilarang dilakukan. Buat lah anak percaya akan keberadaan Tuhan, sehingga ketika mereka nanti berilmu akan mensyukuri nikmat Tuhan dan tentu menjaga apa yang telah dianugerahkan Tuhan kepada manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *