Cara Mengatasi Depresi

Cara Mengatasi Depresi

Mengalami depresi dapat membuat Anda merasa diri tidak berguna dan tidak berarti bagi orang-orang sekitar. Mungkin ada dari Anda yang mendapatkan beberapa jenis obat-obatan untuk menekan perasaan tertekan dan depresi, namun terdapat cara mengatasi depresi secara alami yang dapat Anda lakukan, diantaranya aktif berolahraga, mengubah gaya hidup dan mengubah cara berpikir.

Berikut ini beberapa cara mengatasi depresi secara alami yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mental Anda, simak ulasannya dibawah ini:

Cara Mengatasi Depresi secara Alami

1. Aktif Berolahraga

Rutin berolahraga merupakan salah satu cara menjaga kesehatan mental Anda, saat berolahraga pada otak Anda terjadi peningkatkan hormon endorphin yang dapat memberikan Anda perasaan bahagia dan menurunkan level hormon kortisol penyebab stress.

Rutin berolahraga dapat meningkatkan komunikasi antar neuron otak Anda, sehingga memberikan Anda kemampuan berpikir logis yang baik dalam menyelesaikan permasalahan. Cukup lakukan olahraga ringan seperti jogging, jalan santai, bersepeda atau berenang selama 30 menit dan tiga kali dalam sepekan sudah cukup untuk menjaga kesehatan mental Anda.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Sangat penting untuk menjaga asupan makanan saat Anda sedang menghadapi perasaan depresi, jika perasaan depresi membuat Anda mengonsumsi makanan lebih banyak dari biasanya maka Anda dapat mengontrol dengan hanya mengonsumsi makanan sehat.

Makanan sehat dapat membuat perasaan Anda lebih bahagia. Selain itu, mengutip Webmd, beberapa makanan dengan kandungan nutrisi asam lemak omega 3 seperti ikan tuna, asam folat yang terdapat dalam bayam dan buah alpukat, serta trytophan dalam pete sangat baik untuk memberikan efek relaksasi pada tubuh, memperbaiki mood dan membuat perasaan Anda menjadi lebih positif.

3. Cukup Tidur

Mengalami depresi dapat membuat Anda mengalami susah tidur di malam hari, dan kurang tidur dapat membuat depresi Anda bertambah parah.

Apa yang harus Anda lakukan? mulailah menerapkan gaya hidup sehat dengan rutin berolahraga pada sore hari, hal ini akan membuat tubuh Anda lebih mudah terlelap di malam hari. Hindari hal-hal yang dapat menambah beban pikiran Anda saat di ranjang seperti televisi, smartphone dan buku.

Usahakan untuk mendapatkan tidur dengan durasi tujuh-delapan jam setiap hari, hal ini dapat mengistirahatkan tubuh dan pikiran Anda.

4. Melakukan Hal Baru

Saat Anda depresi, Anda berada dalam kebiasaan yang dalam jangka waktu yang cukup lama. Untuk itu, tantang diri Anda untuk melakukan hal-hal baru. Pergilah ke tempat-tempat wisata yang belum pernah Anda kunjungi, membaca buku atau majalah, belajar melukis, menari atau mempelajari bahasa baru juga dapat menyegarkan otak Anda.

Mencoba hal baru dapat membuat otak Anda menjadi lebih aktif, hal ini dapat meningkatkan level dopamine di otak yang dapat memberikan perasaan puas, kesenangan dalam mempelajari hal baru.

5. Tentukan Tujuan Hidup

Seringkali orang mengalami depresi karena kehilangan tujuan hidup, saat Anda mengalami hal ini sebaiknya Anda mulai menyusun ulang prioritas dan tujuan hidup Anda untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Mulailah dari hal-hal kecil, tentukan to-do list harian Anda dan pelajari cara untuk meraih tujuan hidup Anda. Anda bisa mempelajari secara mandiri ataupun mengikuti kelas pelatihan yang terdapat di kota Anda.

6. Lawan Pikiran Negatif

Dalam perjuangan Anda melawan depresi, yang paling bekerja adalah mental. Merubah pola pikir merupakan salah satu cara mengatasi depresi secara alami. Umumnya, saat depresi seseorang dengan mudah mencapai kesimpulan negatif.

Saat mendapati diri Anda berkutat dengan pikiran-pikiran negatif, kembalilah pada pola pikir logis sadari bahwa masalah yang Anda hadapi pasti ada jalan keluarnya dan Anda mampu untuk menyelesaikannya. Tuliskan masalah-masalah Anda dan jangan lupa tuliskan pilihan-pilihan solusi untuk menyelesaikannya.

Hal ini dapat membuat otak Anda lebih aktif dan lebih optimis dalam menyelesaikan masalah.

Demikian pembahasan mengenai Cara Mengatasi Depresi secara Alami, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan mental Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *