Cara Mengatasi Flu dan Batuk

Cara Mengatasi Flu dan Batuk

Secara umum flu dan batuk merupakan mekanisme alami tubuh Anda untuk mengeluarkan lendir dan  iritasi pada tenggorokan Anda. Namun, meski demikian gejala flu dan batuk juga bisa berarti bahwa adanya masalah kesehatan seperti alergi, infeksi virus atau bakteri.

Terkadang, batuk dapat juga disebabkan oleh masalah pada paru-paru Anda, kondisi asam lambung naik atau GERD juga dapat menyebabkan batuk.

Anda bisa mengatasi flu dan batuk yang disebabkan oleh demam, alergi dan infeksi sinus dengan obat-obatan medis yang di resepkan oleh dokter keluarga Anda. Namun, jika Anda lebih memilih cara mengatasi flu dan batuk secara alami, Anda harus membaca ulasan kami di bawah ini:

Cara Mengatasi Flu dan Batuk secara Alami

1. Konsumsi Madu

Madu telah dikenal sejak lama digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi masalah tenggorokan. Dalam beragam penelitian menyebutkan bahwa madu bekerja lebih baik daripada obat batuk kimia yang memiliki kandungan Dextomethorpan.

Anda bisa membuat obat batuk dengan menggunakan madu dengan cara mencampurkan dua sendok makan madu ke dalam air hangat yang telah di campur dengan perasan jeruk nipis.

Madu bekerja untuk meredakan gejala batu, sedangkan air perasan jeruk nipis dapat menyingkirkan dahak pada tenggorokan dan hidung Anda.

2. Konsumsi Buah Nanas

Konsumsi buah nanas juga merupakan salah satu cara alami mengatasi flu dan batuk. Kandungan enzim bromelian dalam buah nanas dapat meredakan gejala flu dan batuk serta di saat bersamaan juga dapat menyingkirkan lendir pada tenggorokan Anda.

Konsumsi buah nanas juga dapat meredakan peradangan sinus dan masalah pernapasan yang disebabkan oleh alergi yang dapat menyebabkan peningkatkan produksi lendir pada saluran pernapasan Anda.

Sebagai catatan, konsumsi buah nanas sebaiknya dihindari bila Anda mengonsumsi obat-obatan pengencer darah dan juga mereka yang mengonsumsi antibiotik seperti amoxcilin, hal ini dikarenakan kandungan nutrisi dalam buah nanas dapat meningkatkan penyerapan antiobiotik oleh tubuh Anda.

3. Teh Daun Mint

Daun mint telah dikenal sejak lama memiliki kandungan obat di dalamnya. Menthol yang terdapat dalam daun ini dapat meredakan sakit tenggorokan dan bekerja sebagai decongestan yang dapat menyingkirkan lendir pada tenggorokan dan hidung Anda.

Untuk mengatasi flu dan batuk dengan daun mint, Anda dapat mengonsumsi teh daun min atau menghirup sauna daun mint.

4. Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam dapat meredakan nyeri dan menyingkirkan bakteri yang ada di area sekitar mulut dan tenggorokan Anda. Anda cukup mencampurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam satu gelas air putih hangat untuk mengatasi iritasi dan bakteri pada tenggorokan Anda.

5. Konsumsi Propolis

Konsumsi ekstrak propolis dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit flu dan batuk. Kandungan nutrisi dan sifat anti bakteri dalam propolis dapat mengatasi iritasi dan infeksi bakteri pada saluran pernapasan Anda. Hal ini memberikan kemampuan sembuh lebih cepat.

6. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat merupakan salah satu cara mengatasi hidung tersumbat dan membantu tubuh Anda lebih relaks. Jika Anda mengalami sakit kepala karena flu dan batuk, mandi air hangat dapat mempercepat proses penyembuhan tubuh Anda.

7. Minum Air Hangat

Minum air hangat merupakan salah satu cara alami mengatasi flu dan batuk, memastikan diri Anda mengonsumsi cukup air dapat menipiskan lapisan lendir yang menumpuk di bagian belakang tenggorokan. Selain itu, konsumsi air hangat juga membantu menjaga selaput lendir tubuh Anda tetap lembab dan menenangkan tenggorokan Anda.

Demikian pembahasan mengenai Cara Mengatasi Flu dan Batuk secara Alami, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam mengatasi penyakit dengan cara-cara alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *