Cara Menghemat Paket Data

Cara Menghemat Paket Data

Gadget bagai paket data seperti taman tak berbunga, karena tanpa akses internet kita mustahil mengakses jutaan informasi yang ada didalamnya.

Ketergantungan manusia dengan internet di gadget mengakibatkan pengeluaran semakin membengkak. Terutama untuk mereka yang aktif di media sosial, browsing, nonton video, dan main game.

Seringkali kita tidak sadar memakai kuota sehingga mengakibatkan paket data cepat habis. Alhasil akan berdampak besar pada keuangan kita, atau gampangnya menjadi boros. Untuk itu kami mencoba berbagai cara menghemat paket data. Berikut ini.

1. Manfaatkan Wifi

Tak ada kuota, wifi pun jadi. Menggunakan wifi untuk berselancar di internet tentu saja bisa menghemat paket data dan pengeluaran bulanan. Apalagi untuk kegiatan download, sebaiknya gunakan wifi semaksimal mungkin.

2. Pilih Paket Sesuai Pemakaian

Anda mesti mengetahui pemakaian paket yang cocok untuk digunakan, misalkan anda hanya sering browsing, chatting, tanpa banyak melihat video youtube dan semacamnya, maka anda hanya perlu kuota yang standar saja.

Tetapi jika anda sering bermain game, melihat video, instagram, sepertinya anda butuh kuota yang lebih besar daripada biasanya.

3. Aktifkan Hanya Saat Diperlukan

Hampir setiap orang terbiasa selalu mengaktifkan mode data setiap waktu. Hal tersebut akan membuat kuota tersedot walaupun gadget tidak dipakai.

Untuk itu anda bisa mengaktifkan mode data ketika ada keperluan saja. Tetapi kekurangan cara ini yaitu apabila terdapat seseorang yang menghubungi anda lewat chat internet seperti whatsapp kemudian anda tidak mengaktifkan data, maka anda tidak akan mendapat notifikais.

Waktu terbaik untuk menonaktifkan data yaitu ketika hendak tidur malam.

hemat paket data

4. Perhatikan Sinyal Di Lokasi

Ketika berada di area susah sinyal, lebih baik matikan paket data agar gadget tidak mencari sinyal secar aterus-menerus. Sehingga berdampak pada pemakaian kuota.

5. Nonaktifkan Fitur Auto-Sync

Apabila sinkronisasi otomatis diaktifkan maka email akan terupdate secara otomatis, selain itu juga akun-akun yang terhubung dengan gadget akan selalu di sinkronisasi. Ini membuat pemakaian paket data menjadi boros.

6. Rajin Cek Kuota Pemakaian

Anda harus rajin mengecek pemakaian data, sehingga mencegah secara tiba-tiba kuota internet habis. Anda pengguna 3? ada cara cek kuota 3 yang bisa anda gunakan.

7. Manfaatkan 2 Gadget (Optional)

Sekarang hampir setiap orang mempunyai lebih dari 1 gadget. Anda bisa menggunakan mode berbagai internet atau tethering. Dengan fitur yang seperti wifi ini, penggunaan data internet menjadi lebih hemat walau menggunakan 2 gadget. Jadi tidak perlu 1 gadget 1 paket data.

8. Jangan Sering Bermain Instagram dan Youtube

Menurut kami, 2 aplikasi yang sangat boros dan menyebabkan kuota cepat habis yaitu instagram dan youtube. Karea setiap kali kita membuka instagram, konten instagram akan terus di download dengan menggunakan kuota yang tidak sedikit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *