Cara Mengobati Asam Urat Dengan Bawang Putih

Cara Mengobati Asam Urat Dengan Bawang Putih

Cara Mengobati Asam Urat dengan Bawang Putih

Memiliki riwayat penyakit asam urat bukanlah sesuatu hal yang dianggap remeh, asam urat dapat mengurangi kualitas hidup Anda karena rasa nyeri yang ditimbulkan pada persendian sangat menganggu.

Cara menurunkan kadar asam urat adalah dengan menghindari makanan pantangan yang mengandung zat purin. Selain itu, Anda juga dapat melakukan pengobatan mandiri dengan bahan alami, seperti Bawang Putih.

Dalam artikel kali ini kami akan membahas cara mengobati asam urat dengan bawang putih. Bawang putih atau Allium Sativum merupakan termasuk dalam keluarga tanaman umbi akar. Bawang putih memiliki nutrisi yang beragam, tiap 100 gram terdapat 149 kalori, 33 gram karbohidrat, 0,5 gram lemak dan 6,3 gram protein.

Manfaat Bawang Putih untuk Asam Urat

Bawang putih merupakan salah satu pengobatan alami untuk asam urat yang dapat Anda lakukan secara mandiri di rumah. Bawang putih memiliki sifat anti peradangan dan meredakan nyeri yang disebabkan oleh asam urat, untuk lebih jelasnya simak penjelasannya berikut ini:

1. Kaya Antioksidan

Kandungan antioksidan alami dalam bawang putih dapat melindungi persendian Anda. Antioksidan mencegah oksidasi dan radikal bebas yang dihasilkan oleh zat purin dan menyebabkan radang pada persendian Anda.

Zat antioksidan ini mencegah kerusakan sendi dan mencegah kerusakan tulang rawan Anda.

2. Mengurangi Nyeri Sendi

Konsumsi tanaman dengan nama lain garlic ini juga dapat mengurangi rasa nyeri pada persendian Anda. Sifat anti-inflamasi yang terdapat didalamnya mampu mengunragi kadar sitokin pro-inflamasi. Sifat ini didapat dari senyawa aktif yang ada pada bawang yang menghambat proses kimiawi penyebab radang sendi.

Kesimpulannya, sifat anti-inflamasi yang terdapat pada garlic mampu meredakan nyeri, memar, peradangan dan pembengkakan yang diakibatkan asam urat.

3. Mengurangi Dampak Negatif Obat Kimia

Jika Anda selama ini mengonsumsi obat-obatan kimia akan membawa dampak negatif bagi organ liver dan lambung Anda. Hal ini dikarenakan kandungan sulfur pada bawang menekan senyawa sitokin pro-inflamasi dan meningkatkan produksi lendir pada lambung Anda.

4. Menyehatkan Metabolisme Tubuh

Penderita asam urat berpotensi untuk mengalami komplikasi penyakit lain seperti Tekanan Darah Tinggi dan Penyakit Kardiovaskular seperti penyakit Jantung dan Stroke.

Bawang putih dapat menurunkan tekanan darah tinggi, kadar kolesterol dalam darah dan menjaga kinerja jantung tetap sehat.

Cara Mengobati Asam Urat Dengan Bawang Putih

1. Dimakan Langsung

Jika Anda bisa mentolerir rasa dan aroma bawang putih, Anda dapat memakananya langsung untuk mengobati asam urat Anda. Caranya cukup siapkan 3 – 4 siung bawang putih yang telah dikupas dan langsung menelannya.

2. Dibalur pada Persendian

Bagi Anda yang menderita radang sendi karena asam urat, Anda dapat menggunakan bawang sebagai obat luar. Kandungan senyawa aktif dalam bawang putih dapat meredakan pembengkakan dan nyeri sendi.

Cara mengolahnya adalah siapkan 5 siung bawang putih dan haluskan menggunakan blender, setelah halus segera balurkan pada persendian Anda yang mengalami pembengkakan. Ulangi hal ini hingga sendi Anda mengempes.

3. Sebagai Campuran Jus Buah

Selain diminum langsung dan digunakan sebagai obat oles, Anda juga dapat mencampurkan bawang putih dalam jus buah. Hal ini tentu lebih nikmat karena Anda tidak harus mencium rasa dan aroma karena tersamarkan oleh buah.

  • Siapkan dua siung bawang dan campurkan pada 60 gram buah pilihan Anda.
  • Tambahkan 50 militer air dan perasan lemon
  • Tambahkan madu sebagai pemanis alami untuk jus Anda.

Demikian pembahasan mengenai Cara Mengobati Asam Urat Dengan Bawang Putih, yang perlu diperhatikan ketika menjalani pengobatan ini adalah penting untuk mengubah pola hidup dengan menjauhi makanan pantangan asam urat seperti:

  • Daging Merah
  • Makanan Berlemak
  • Seafood
  • Minuman Bersoda
  • Alkohol
  • Susu Kedelai
  • Jeroan
  • Tahu
  • Tempe
  • Bayam
  • kembang kol

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *