Cara Menurunkan Kolesterol secara Alami

Cara Menurunkan Kolesterol secara Alami

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami
Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

Kolesterol merupakan metabolit yang mengandung lemak sterol yang dapat ditemukan pada membran sel dan di sirkulasikan oleh darah. Kolesterol dikategorikan sebagai penyakit adalah kondisi dimana kadar kolesterol dalam darah melampaui kadar normal.

Tingginya kadar kolesterol dalam darah merupakan pemicu berbagai macam penyakit yang berbahaya bagi kesehatan seperti tekanan darah tinggi, stroke, dan penyakit jantung.

Kolesterol tinggi berkaitan dengan makanan yang Anda konsumsi, terdapat makanan pantangan kolesterol yang harus Anda hindari sebagaimana dikutip dari https://makananpantangan.com berikut ini:

  • Seafood
  • Makanan yang digoreng
  • Jeroan
  • Otak Sapi
  • Produk Susu Tinggi Lemak
  • Kentang Goreng
  • Alkohol

Jika Anda sudah terlanjur memiliki kolesterol tinggi maka sebaiknya Anda mulai menjauhi makanan diatas dan mengatur pola makan Anda sehari-hari. Mulailah menerapkan gaya hidup sehat dengan rutin berolahraga 3 kali dalam seminggu. Berikut ini 10 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi secara Alami tanpa obat-obatan.

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

1. Minum Air Jeruk Nipis

Jeruk Nipis kaya akan Flavonoid yang bersifat sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul yang dapat merusak sel-sel tubuh.

Konsumsi Air Jeruk Nipis yang dicampur dengan air hangat pada pagi dan sore hari dapat mengontrol kadar kolesterol dalam darah Anda tetap normal. Oleh karenanya, rutinkan konsumsi air jeruk sebagai menu harian Anda.

2. Minum Jus Jambu Merah

Buah jambu merah memiliki sejumlah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, seperti Zat Antioksidan, Fitonutrien, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B3, Vitamin B5, Kalium dan lainnya yang bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah dan mengontrol kadar kolesterol dalam darah Anda.

3. Ekstrak Manggis

Tidak hanya nikmat buahnya, kulit manggis pun memiliki manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh Anda. Dalam kulit manggis terdapat senyawa Xanthone yang merupakan zat anti kanker dan antioksidan yang lebih kuat daripada Vitamin C dan Vitamin E.

Anda dapat mengonsumsi ekstrak kulit manggis yang kini mudah ditemui di apotik-apotik dan toko obat herbal.

4. Konsumsi Beras Merah dan Gandum

Nutrisi yang terdapat pada beras merah dapat meningkatkan kemampuan sel dalam tubuh untuk berkembang dengan baik dan mencegah efek samping dari radikal bebas.

Dalam beras merah dan gandum terdapat nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh seperti protein, fiber, zat besi, magnesium, fosfor, seng, tembaga, mangan, selenium dan vitamin B.

5. Konsumsi Brokoli

Brokoli merupakan makanan tinggis erat yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol tinggi secara alami. Brokoli dapat membantu proses detoksifikasi tubuh, dengan begitu risiko penyakit dapat diatasi dengan segera.

Masukanlah brokoli dalam menu harian Anda, Anda dapat menjadikannya lalapan dengan terlebih dahulu merebusnya dalam air panas.

6. Rutin Olahraga

Olahraga merupakan satu keharusan bagi setiap orang, olahraga diperlukan untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Tidak perlu melakukan olahraga berat atau bergabung dengan studio fitness, Anda cukup melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki selama 30 menit, bersepeda ataupun berenang tiga kali dalam seminggu untuk menjaga kesehatan Anda.

Demikian pembahasan mengenai Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami, semoga menambah wawasan Anda mengenai kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *