Gejala Kanker Serviks

Gejala Kanker Serviks

Kanker serviks merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat banyak dialami oleh wanita. Bahkan, Indonesia juga menjadi salah satu negara dengan penderita kanker serviks yang cukup besar.

Gejala Kanker Serviks Stadium Awal

Gambar Kanker Serviks
Gambar Kanker Serviks

Oleh sebab itu, penyakit kanker serviks sangat membutuhkan perhatian khusus. Sebenarnya, penyakit ini dapat disembuhkan jika si penderita menyadarinya sejak awal.

Sayangnya, tidak banyak wanita yang menyadari adanya penyakit ini di dalam tubuhnya, sehingga mereka mendapatkan penanganan yang telat.

Akibatnya, mereka tidak dapat ditangani dengan baik dan kebanyakan menyebabkan pasien meninggal dunia. Agar tidak terjadi hal demikian, maka sangat penting bagi kita untuk mengetahui apa saja gejala kanker serviks agar bisa melakukan penanganan dengan cepat dan tepat.

Aneka Gejala Kanker Serviks

Sebenarnya, gejala kanker serviks sulit dideteksi. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak wanita yang tidak sadar bahwa ternyata dirinya mengidap penyakit yang cukup mematikan tersebut. Pada stadium awal, penyakit ini biasanya tidak menimbulkan gejala apa pun.

Jika diperhatikan,  maka sebenarnya terdapat beberapa gejala yang sering dialami oleh penderita kanker serviks. Gejala yabg pertama adalah sering mengalami pendarahan pada vagina secara tidak beraturan.

Mengalami pendarahan pada vagina memang menjadi gejala yang paling umum dialami oleh wanita yang menderita kanker serviks. Biasanya, pendarahan ini terjadi di antara periode menstruasi dan dapat terjadi juga setelah melakukan hubungan seksual. Selain itu, pendarahan yang menjadi gejala kanker serviks juga dapat terjadi pada wanita yang telah mengalami monopouse.

Selain mengalami pendarahan vagina, penderita kanker serviks juga biasanya akan mengalami keputihan yang bercampur darah dan ada juga yang mengalami keputihan berair.

Jika biasanya keputihan yang normal tidak menimbulkan bau yang tidak sedap, maka orang yang menderita  kanker serviks biasanya akan mengalami keputihan yang menimbulkan bau busuk. Bahkan, terkadang keputihan yang ditimbulkan berwarna putih pekat hingga berwarna kecokelatan.

Nah, gejala kanker serviks lainnya yang dapat dirasakan oleh penderitanya adalah merasakan nyeri panggul. Wanita yang mengalami kanker serviks juga akan mengalami rasa sakit saat melakukan hubungan seksual.

Setelah mengalami gejala awal, biasanya penderita kanker serviks juga akan mengalami gejala lain yang lebih berat. Beberapa di antaranya adalah mengalami kesulitan saat buang air besar atau kecil, berat badan menurun, tubuh terasa lemas dan lemah, hingga mengalami pembengkakan pada kedua kaki atau salah satunya.

Karena gejala penyakit kanker serviks biasanya muncul secara terlambat, maka sebagai wanita kita harus lebih peduli dengan kesehatan rahim. Cara terbaik untuk mencegah dan menghindari penyakit ini adalah rutin melakukan pemeriksaan serta berkonsultasi dengan dokter dan melakukan vaksin kanker serviks. Dengan begitu, maka kesehatan rahim akan selalu dapat dipantau dan dapat dideteksi sejak dini jika terjadi gangguan atau masalah apa pun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *