Mengenal Bangunan Hanggar: Fungsi, dan Jenis

Mengenal Bangunan Hanggar: Fungsi, dan Jenis

Ketika mendengar kata hanggar, pikiran Anda pasti membayangkan suatu bangunan yang luas untuk menampung pesawat. Bangunan hanggar memang identik dengan pesawat karena pada dasarnya bangunan tersebut dibuat sebagai tempat untuk bernaung bagi pesawat baik untuk diperbaiki atau sekedar disimpan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hanggar, simak penjelasannya berikut ini.

Macam Kegunaan Hanggar di Indonesia

Secara umum, kegunaan dan fungsi hanggar adalah sebagai tempat khusus untuk menyimpan pesawat. Meskipun demikian, ada beberapa kegunaan khusus yang ditawarkan oleh hanggar pesawat, antara lain:

1. Penyimpanan pesawat

Ketika pesawat sedang tidak digunakan, maka alat transportasi tersebut akan dimasukkan ke dalam hanggar. Hal ini bertujuan agar keberadaan pesawat tidak mengganggu lalu lintas di bandara. Selain itu, bangunan tersebut juga akan melindungi badan pesawat dari berbagai kondisi yang berpotensi menimbulkan kerusakan.

Garasi hanggar biasanya dibuat dengan ukuran yang sangat lebar, mengingat bangunan ini harus mampu mengakomodasi beberapa pesawat. Bagian pintu hanggar juga dibuat cukup lebar agar sayap pesawat tidak terhalang ketika masuk atau keluar hanggar.

Untuk tipe hanggar penyimpanan, bagian dalam bangunan biasanya tidak dilengkapi dengan peralatan khusus. Hanggar tersebut berbeda dengan hanggar workshop yang bertujuan untuk memperbaiki pesawat. Oleh karena itu, jenis hanggar ini cukup sederhana jika dibandingkan dengan hanggar lainnya.

2. Perakitan pesawat

Kegunaan lain dari hanggar adalah sebagai tempat untuk merakit pesawat. Pabrik pesawat biasanya mempunyai hanggar khusus yang berisi berbagai macam perlengkapan untuk merakit pesawat. Di dalam hanggar tersebut, bagian-bagian pesawat akan disatukan kemudian dilakukan proses finishing seperti pengecatan dan uji coba.

3. Perbaikan pesawat

Hampir sama dengan hanggar untuk merakit pesawat, hanggar untuk memperbaiki pesawat juga didesain secara khusus. Diperlukan perencanaan hanggar agar proses perbaikan bisa berjalan dengan lancar. Bangunan ini biasanya juga dilengkapi dengan peralatan khusus untuk memperbaiki kerusakan pesawat.

Di Indonesia, anak perusahaan Garuda yaitu GMF (Garuda Maintenance Facilities) diketahui mempunyai hanggar dengan kapasitas terbesar di dunia. Hanggar ini mempunyai luas 67.022 meter persegi. Bangunan ini bisa digunakan untuk pesawat kecil. Di desain menggunakan konsep butterfly, hanggar tersebut terdiri dari dua sayap yaitu untuk perkantoran dan workshop (bengkel).

Bagaimana dengan struktur dan interior hanggar? Pada dasarnya setiap hanggar membutuhkan struktur rangka khusus agar kuat dan mampu menampung beberapa pesawat. Biasanya hanggar menggunakan struktur rangka batang tiga dimensi yang disambung menggunakan ball joint agar sambungan tersebut menjadi kokoh.

Struktur hanggar militer dan hanggar pesawat komersial cenderung sama karena menggunakan konstruksi bentang besar sehingga mendukung interior di dalamnya. Struktur tersebut hampir menyerupai arena olahraga, pabrik, gedung pertunjukan dan bangunan besar lainnya. Hanggar juga tidak menggunakan kolom karena dapat mengurangi keleluasaan pesawat untuk bergerak di dalamnya.

Konstruksi dan struktur rangka hanggar ternyata mempunyai kelebihan serta kekurangan tersendiri. Sebelum Anda tertarik dengan promo dijual hanggar, sebaiknya Anda mengetahui berbagai keunggulan dan kelemahan hanggar pesawat. Berikut keunggulan yang dimiliki oleh hanggar:

  • Ringan karena terbuat dari bahan aluminium atau baja ringan, atau dikenal dengan steel quonset hut
  • Tahan lama hingga 100 tahun
  • Pembagian beban merata sehingga mempunyai ketahanan tinggi
  • Mudah untuk dipasang
  • Mempunyai bentuk geometri teratur

Adapun untuk kekurangan struktur hanggar antara lain:

  • Harga hanggar sangat mahal karena elemen yang dibutuhkan harus dipesan khusus
  • Tidak tahan panas, kemungkinan akan meleleh jika terkena panas tinggi
  • Tenaga ahli untuk membangun hanggar sangat terbatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *