Herbal Untuk Kolesterol

Herbal Untuk Kolesterol

Kolesterol merupakan metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan tersirkulasi pada plasma darah. Jika kolesterol yang terkandung di dalam tubuh terlalu tinggi, hal tersebut dapat membahayakan anda.

Telah banyak obat herbal untuk kolesterol buatan pabrik yang diproduksi massal dan biasanya diproduksi dalam bentuk pil, sirup, ataupun kapsul. Tetapi, karena kandungan yang terdapat pada obat buatan pabrik tersebut dapat merusak ginjal jika dipakai dalam jangka waktu yang lama. Sekarang banyak dokter menyarankan obat herbal dan pasien juga lebih menyukainya karena harganya yang relatif murah.

Sebenarnya obat herbal bisa anda racik sendiri, karena bahan-bahanya cukup mudah ditemukan. Tetapi jika anda tidak punya waktu cukup banyak, tak perlu risau, banyak toko online yang tersebar di seluruh Indonesia. Salah satunya adalah agen herbal Surabaya.

Bahan-bahan Alami Penurun Kolesterol

  1. Bawang Putih

Selain menjadi bumbu masakan, bawang putih juga berkhasiat untuk kesehatan, salah satunya sebagai penurun kolesterol. Tapi sayangnya bawang putih hanya berfungsi untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) saja.

Menggunakan bawang putih sebagai penurun kolesterol tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Ada dosis yang tepat untuk mengkonsumsinya. Meskipun dapat dikonsumsi setiap hari, tetapi jika dosisnya berlebihan bawang putih dapat merusak fungsi hati. Oleh karenanya konsumsilah bawang putih tidak lebih dari 0.25 g/kg dalam sehari.

  1. Kunyit

Telah diketahui bahwa bahan herbal dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi, salah satunya kunyit, bahan tradisional yang ampuh untuk menurunkan kolesterol tinggi. Tidak hanya karena keampuhannya, karena kunyit juga mudah didapatkan, hal itu yang menjadikan kunyit banyak digunakan oleh pasien yang berkolesterol tinggi.

Cara mengkonsumsi kunyit, anda bisa langsung memakannya dengan takaran 1-3 gram kunyit segar dalam sehari. Jika anda tidak suka rasa kunyit, anda juga dapat mencampurkan kunyit pada menu makanan sehari-hari anda.

  1. Jahe

Sejak zaman dahulu, jahe telah terbukti memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Anda bisa mengkonsumsinya dengan menyeduhnya secara langsung. Hal tersebut telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu anda juga dapat mencampurkannya pada makanan sehari-hari anda jika anda tak begitu suka mengkonsumsi jahe dengan cara diseduh.

Jahe juga dapat dikonsumsi dengan cara diseduh dan dicampur lemon sehingga rasa jahenya tidak terlalu kuat. Tetapi untuk anda yang memiliki penyakit lambung, anda perlu menyesuaikan takaran lemonnya.

Meski aman dikonsumsi setiap hari, untuk orang yang menderita penyakit tertentu, wanita yang sedang dalam keadaan hamil, atau orang yang sedang mengkonsumsi oaba-obatan lain. Ada batasan dalam menkonsumsi jahe. Konsultasikanlah takaran konsumsi jahe yang sesuai untuk anda dengan dokter agar ketika anda mengkonsumsi jahe anda akan baik-baik saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *