Jembatan Cinta Pulau Tidung

Jembatan Cinta Pulau Tidung

Pulau Tidung merupakan sebuah Pulau dengan luas sekitar 109 hektar yang dihuni oleh setidaknya 5000 jiwa. Pulau ini memiliki keindahan alam serta pantai yang menawan. Pulau yang berada pada satu bagian dari Teluk Jakarta ini menjadi destinasi wajib masyarakat Jakarta untuk menghabiskan libur akhir pekan tanpa harus keluar dari kota Jakarta. Pulau Tidung juga memiliki ikon unik berupa jembatan yang banyak menarik minat wisatawan lantaran mitos yang mengikutinya.  

Nah, bagi Anda warga Jakarta pasti sudah tak asing lagi kan dengan nama jembatan yang satu ini. Namanya adalah jembatan cinta Pulau Tidung. Jembatan ini terletak diantara Pulau Tidung besar dan Pulau Tidung besar. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 800 meter dan tinggi sekitar 5 hingga 6 meter dan dibagun pada tahun 2005 oleh pemerintah kota Jakarta.

Sebelumnya, jembatan cinta ini telah dibangun secara terapung dengan bahan papan kayu yang berada diatas drum atau tangki minyak. Meskipun sudah diikat dengan tali yang cukup kuat, jembatan ini akhirnya rusak diterjang ombak 8 bulan setelah pembuatan.

Saking banyaknya animo wisatawan serta kekebutuhan masyarakat maka pada tahun 2008 jembatan ini kembali di bangun namun dengan ketahanan yang lebih baik dari sebelumnya. Namun renovasi jembatan ini kembali harus menelan kerugian tatkala ombak menerjang dan jembatan pun kembali mengalami kerusakan. Dan akhirnya pada tahun 2012 jembatan ini mulai kembali direnovasi dan dibuat lebih kokoh dan bertahan hingga saat ini.  

Jembatan cinta Pulau Tidung ini tak hanya sekedar indah namun juga unik. Konon katanya jembatan yang terus mengalami pemugaran ini akan membuat Anda yang sedang menjomblo dapat segera menemukan pasangan dan yang sudah menemukan pasangan dapat menjaga hubungannya hingga akhir hayat. Bahkan jika Anda berani melompat dari atas jembatan, maka sudah dipastikan bahwa jodoh Anda sudah berada di depan mata. Wah sedikit ekstrim juga ya,

Cara lain yang bisa Anda lakukan jika berlibur ke jembatan cinta adalah dengan berjalan-jalan santai di atas jembatan sembari melihat langskap Pulau Tidung yang menawan. Selain itu Anda juga dapat mencoba wahana olaharaga air seperti snorkeling, berenang, menyelam, mencoba wahana banan boat, menikmati indahnya sunset serta bersantai di tepi Pulau Tidung sembari menyantap lezatnya seafood khas Pulau Seribu.

Perlu Anda ketahui bahwa untuk mencapai ke jembatan cinta Anda perlu melakukan perjalanan dari Pulau Tidung besar dengan jarak tempuh sekitar 1,5 hingga 2 kilometer. Untuk alat transportasinya biasanya wisatawan menggunakan sepeda kayuh yang sudah disediakan oleh pengelola di sekitaran Pulau Tidung.

Usut punya usut, selain mitos diatas Pulau Tidung sendiri juga memilki mitos misteri yang masih banyak dipercaya masyarakat hingga saat ini. Menurut sumber Pulau Tidung kecil dulunya adalah sebuah makam yang memilki panjang hingga dua meter. Disisi makam tersebut ditanami tanaman-tanaman kecil dengan tujuan agar tidak ada yang datang dan melihat makam tersebut. Pengakuan ini dilontarakan langsung oleh beberapa orang yang mengaku pernah melihat sosok laki-laki berjubah putih yang ada disekitar Pulau Tidung kecil. Banyak juga yang mengatakan bahwa sosok tersebut adalah penunggu Pulau Tidung.

Bagaimana tertarik untuk datang dan merasakan sensasi terjun dari atas Pulau Tidung? Jika iya, silahkan datang saja dan ajak rekan serta keluarga menikmati indahnya Pulau Tidung serta megahnya jembatan cinta yang menjadi jembatan pengharapan bagi kaum jomblo. Selamat berlibur

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *