Makanan Khas Sumatera Utara Lezat dan Paling Populer

Makanan Khas Sumatera Utara Lezat dan Paling Populer

Indonesia mempunyai 34 provinsi saat ini, termasuk provinsi Sumatera Utara. Sumatera Utara merupakan provinsi terbesar di Indonesia dengan Ibukota Medan. Masih banyak beragam etnis dan suku yang tinggal di Sumatera Utara baik itu Etnis Melayu, Etnis Karo, dan Juga Etnis Nias. Selain itu makanan khas Sumatera Utara juga beragam dan mempunyai rasa yang lezat.

Makanan Khas Sumatera Utara

Sumatera Utara mempunyai beragam makanan khas dengan cita rasa yang enak dan unik. Hal tersebut mempunyai makanan khas Sumatera Utara sudah banyak dikenal oleh para wisatawan asing maupun lokal. Berikut makanan khas provinsi Sumatera Utara dan penjelasanya.

1. Dekke Na Niura

Makanan khas yang pertama ini mempunyai nama yang sangat unik. Bahan utama Dekke Na Niura yaitu ikan mas yang awalnya dimasak untuk acara adat saja. Dalam sejarahnya, makanan khas ini adalah makanan untuk para raja dari suku batak. Namun, seiring dengan perkembangan zaman makanan khas ini dapat dinikmati oleh siapa saja.

Proses pembuatanya cukup sederhana. Ikan yang sudah dibersihkan tersebut diberi bumbu khas dan asam diatas ikan tersebut. Kelihatanya memang aneh karena ikan tersebut masih terlihat segar, namun setelah Anda mencicipi makanan tersebut, pasti akan membuat ketagihan.

2. Arsik

Arsik terlihat mirip dengan Na Niura tapi penyajianya. Namun, bumbu yang digunakan berbeda. Arsik juga menggunakan bahan utama yaitu ikan mas dan ditambah dengan bumbu khas daerah Tapanuli. Arsik mempunyai proses pembuatan yang lebih panjang, yaitu ikan mas tersebut dicampur dengan bumbu, lalu dimasak dengan minyak dan air yang sedikit.

Setelah air mengering dan bumbu meresap, kemudian sajikan dalam mangkuk untuk disantap bersama keluarga atau teman. Rasa bumbu yang khas dan ikan mas tersebut membuat lidah ketagihan dan ingin terus menikmati makanan khas yang satu ini. Arsik menjadi salah satu makanan khas yang terkenal di Sumatera Utara. Mau informasi makanan khas lainnya? Yuk kunjungi https://www.topijelajah.com!

3. Kue Ombus-ombus

Kue ombus-ombus merupakan kue khas dari kota kecil di Sumatera Utara yaitu Siborong-borong. Ombus-ombus sering dijumpai saat ada pesta adat yang menjadi santapan bersama dengan kopi. Kue ini terbuat dari tepung beras dan dicampur dengan gula merah lalu dibungkus dengan menggunakan daun pisang lalu dikukus hingga matang.

Kue ombus-ombus lebih nikmat lagi dimakan jika masih hangat karena rasa khas kue tersebut masih sangat terasa dan membuat tubuh Anda menjadi lebih hangat. Ditambah lagi dengan kopi hangat yang menemani kue tersebut.

4. Bika Ambon

Makanan khas yang satu ini sudah tidak asing lagi didengar. Karena Bika Ambon sudah terkenal di seluruh Indonesia. Bika Ambon mempunyai bentuk yang unik sehingga menjadi daya tarik sendiri jika pertama kali melihatnya. Di Sumatera Utara, Anda akan menemukan makanan ini dengan mudah, khususnya di kota Medan.

Bika Ambon dapat dinikmati saat masih hangat ataupun dapat dibawa pulang sebagai oleh-oleh dirumah. Saat Anda berkunjung ke Medan, jangan lup untuk mencoba makanan khas yang satu ini. Karena rasanya sangat unik dan mempunyai cita rasa yang khas.

5. Kue Lappet

Kue ini hampir sama dengan kue ombus-ombus. Lappet merupakan kue tradisional dari Sumatera Utara dengan bahan dasar tepung beras. Kue ini dibuat dengan campuran tepung beras, kelapa, dan gula merah kemudian dibungkus menggunakan daun pisang dan dikukus hingga matang dan mengembang.

Kue Lappet mempunyai rasa yang lebih gurih karena mengandung santan kelapa saat membuatnya. Kue ini dapat dijadikan oleh-oleh untuk keluarga atau menikmatinya bersama keluarga sebagai cemilan dan ditemani dengan kopi hangat. Kue lappet juga mempunyai variasi rasa yang beragam

Makanan khas Sumatera Utara memang sangat beragam. Dari lima makanan yang sudah dijelaskan tersebut, Apakah Anda tertarik untuk mencicipinya? Jangan lupa untuk mencoba makanan khas yang terkenal tersebut dan rasakan kelezatan rasanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *