Makanan yang Mengandung Vitamin C

Makanan yang Mengandung Vitamin C

Bicara tentang vitamin untuk tubuh, vitamin C merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan menjaga kesehatan sel-sel tubuh Anda, termasuk Collagen yang dibutuhkan untuk kesehatan jaringan otot tubuh dan mempercepat proses pemulihan setelah sakit.

Vitamin C bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang Anda, juga penting untuk proses neurotransmitter dan untuk metabolisme protein tubuh Anda. Selain itu, sistem kekebalan tubuh Anda juga bergantung pada asupan vitamin C yang Anda konsumsi.

Untuk mendapatkan asupan vitamin C sehari-hari, Anda diharuskan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C seperti buah dan sayuran. Berikut ini beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin C yang sebaiknya Anda konsumsi setiap hari. Simak ulasannya dibawah ini:

10 Makanan yang Mengandung Vitamin C Dosis Tinggi

1. Jus Jeruk

Satu gelas jus jeruk mengandung 124 mg vitamin C yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian tubuh Anda. Oleh karena itu, selalu konsumsi jus jeruk setiap hari untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Selain itu, jus jeruk kaya akan kandungan potassium, asam folat, lutein dan vitamin A serta serat yang baik untuk kesehatan Anda secara umum.

2. Buah Anggur

Seperti halnya jeruk, buah anggur juga kaya akan vitamin C. satu setengah buah anggur mengandung 45 mg vitamiN C serta nutrisi lain seperi potassium, vitamin A, dan Serat yang baik untuk menjaga kesehatan Anda setiap harinya.

Anggur memiliki rasa yang cukup asam, untuk mengonsumsi campurkan dalam salad buah dan sayuran Anda untuk melengkapi nutrisi di dalamnya.

3. Paprika Hijau

Satu buah paprika hijau berukuran sedang memiliki 95 mg vitamin C, yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian Anda. Konsumsi paprika hijau juga dapat memenuhi delapan persen kebutuhan vitamin A dan K serta 15 persen kebutuhan vitamin B6 Anda!.

Anda dapat memasukan paprika hijau sebagai salad atau pendamping makanan lainnya, pastikan Anda mengonsumsi paprika hijau beserta kulitnya untuk mendapatkan nutrisi yang lengkap.

4. Paprika Merah

Seperti halnya paprika hijau, paprika merah juga merupakan makanan yang mengandung vitamin C yang tinggi. Konsumsi 100 gram paprika merah dapat memenuhi 384 persen kebutuhan vitamin C harian tubuh Anda, disamping itu Anda juga mendapatkan nutrisi penting lainnya seperti serat, vitamin A dan vitamin B kompleks.

Jadikan paprika merah sebagai pelengkap dalam salad sayur Anda atau jadikan sebagai saus pedas karena kandungan vitamin C di dalamnya akan meningkat setelah di masak.

5. Buah Strawberry

Buah strawberry merupakan buah yang manis, asam dan kaya akan vitamin C, dalam setiap 100 gram konsumsi buah strawberry dapat memberikan Anda vitamin C sebanyak 98 persen dan nutrisi lain seperti serat, asam folat, potassium dan magnesium. Jadikan strawberry sebagai toping oatmeal Anda setiap pagi untuk menjaga kesehatan Anda secara umum.

6. Brokoli

Satu cup brokoli mentah mengandung 81 mg vitamin C, atau dapat hampir memenuhi kebutuhan vitamin C harian tubuh Anda. Sebaiknya Anda mengonsumsi brokoli mentah, karena proses pemasakan dapat menurunkan kandungan nutrisi di dalamnya.

Satu cup brokolii hanya memiliki 30 kalori, sehingga baik untuk dijadikan menu dalam program diet Anda. Selain itu, brokoli juga kaya akan kandungan nutrisi lain seperti Kalsium, Potassium, Serat, Vitamin A, Vitamin K dan Antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

7. Pete

Ya, meski bukan termasuk buah-buahan citrus. Nyatanya, pete memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh Anda. Kandungan nutrisi pete sangat baik untuk menangkal infeksi virus dan bakteri yang dapat menyebabkan tubuh Anda sakit. Selain itu, vitamin C dalam pete memaksimalkan penyerapan zat besi yang dapat mencegah Anemia.

Makanlah pete dalam batas wajar, untuk menghindari efek samping negatif dari pete bagi kesehatan Anda.

8. Buah Kiwi

Buah kiwi hijau merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin C yang tinggi. Satu buah kiwi mengandung vitamin C sebanyak 60 mg. Selain itu, kandungan serat, potassium dan kalori yang rendah dalam buah ini dapat menghindarkan Anda dari masalah gangguan pencernaan dan membantu menurunkan berat badan.

Campurkan buah kiwi dalam jus buah atau Salad Anda untuk menjaga kesehatan.

9. Jus Tomat

Satu buah tomat mengandung 20 mg vitamin C. Namun, Anda dapat meningkatkan kandungan vitamin C dengan mengolahnya menjadi jus. Dalam satu gelas jus tomat terkandungan 120 mg vitamin C atau lebih dari 100 persen kebutuhan harian Anda, selain itu kandungan vitamin A dan Lycopene, antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung Anda.  Oleh karena itu, selalu konsumsi tomat setiap hari.

10. Buah Nanas

Buah nanas merupakan buah yang manis dan lezat, selain itu kandungan vitamin C dalam buah ini cukup tinggi, yakni mencapai 80 mg. Disamping itu, nanas juga memiliki nutrisi lain seperti Potassium, Magnesium, Asam Folat dan Serat yang baik untuk menjaga fungsi-fungsi organ tubuh Anda.

Anda dapat mengonsumsi buah nanas secara langsung atau juga dapat diolah menjadi jus.

Demikian pembahasan mengenai Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh Anda, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan dengan bahan-bahan alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *