Manfaat Akar Maca

Manfaat Akar Maca

Maca merupakan tumbuhan akar endemik dari Negara Peru, tepatnya di pegunungan Andes. Masyarakat Peru menggunakan akar maca sebagai salah satu bumbu masakan khas negara tersebut, namun. Akar Maca atau yang kerap disebut sebagai Ginseng Peru ini ternyata memiliki sejumlah khasiat untuk kesehatan, apa saja manfaat akar maca untuk kesehatan?.

Kandungan nutrisi didalam tumbuhan akar ini dipercaya dapat mengatasi masalah difungsi seksual, masalah kesuburan, meningkatkan kecerdasan, mengatasi kecemasan dan mengurangi gejala-gejala menopause. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya dibawah ini:

Manfaat Akar Maca untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Gairah Seksual

Salah satu manfaat akar maca adalah sebagai herbal alami untuk meningkatkan gairah seksual. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang menemukan mereka yang mengonsumsi 3 gram ekstrak akar maca umumnya memiliki libido yang lebih baik daripada mereka yang tidak mengonsumsi herbal ini.

Dalam penelitian lain yang dilakukan pada 2015 lalu menemukan bahwa ekstrak akar maca dapat mengatasi masalah disfungsi seksual pada wanita yang mengonsumsi obat antidepresan.

2. Meningkatkan Kesuburan

Konsumsi ekstrak akar maca merupakan salah satu cara meningkatkan kesuburan pria. Selain meningkatkan gairah seksual tanaman ini juga efektif untuk meningkatkan kualitas sperma baik pada mereka yang subur ataupun mereka yang mengalami masalah kesuburan.

Dalam review hasil penelitian tahun 2016 menemukan bahwa akar maca menjaga dan meningkatkan kualitas sperma pria, sehingga herbal ini merupakan salah satu yang harus Anda konsumsi saat sedang program hamil.

3. Mengatasi Disfungsi Ereksi

Akar maca merupakan salah satu obat alami mengatasi disfungsi ereksi. Konsumsi ekstrak akar maca sebanyak 2,4 gram sehari selama 12 minggu dapat meningkatkan kemampuan ereksi pria.

Bagi Anda yang mengalami disfungsi seksual herbal ini merupakan herbal yang sangat baik untuk mengatasinya.

4. Meningkatkan Energi

Beberapa atlit dan binaragawan profesional umumnya mengonsumsi herbal ini untuk meningkatkan energi dan kemampuan fisik selama latihan.

Akar maca dapat meningkatkan kemampuan fisik atlit daripada yang tidak. Meski hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

5. Mengurangi Gejala Menopause

Beberapa komponen yang terkandung dalam akar maca dipercaya dapat menjaga keseimbangan hormon estrogen pada wanita. Hal ini sangat baik bagi mereka yang memasuki masa menopause, karena umumnya pada mereka yang masuk masa menopause mengalami ketidakseimbangan hormon dan gejala yang mengganggu lainnya.

Mereka yang rutin mengonsumsi ekstrak maca umumnya tidak mengalami gejala menopause berat seperti kepanasan, sulit tidur, keringat dingin dan depresi karena faktor hormon estrogen yang tidak stabil.

6. Menjaga Kesehatan Mental

Kandungan Flavonoid dalam ginseng peru ini juga dapat menjaga mood tetap positif dan menjaga kesehatan mental Anda dengan menurunkan risiko kecemasan dan depresi.

Selain itu, kandungan asam amino dalam tubuh ini menjaga fungsi otak tetap maksimal, meningkatkatkan kemampuan analisis, kognitif dan pikiran rasional. Omega 3 dalam akar maca juga berperan dalam mengatasi gejala depresi, kecemasan dan stress.

7. Meningkatkan Kecerdasan

Selain meningkatkan kemampuan fisik, akar maca juga dapat meningkatkan kecerdasan anak Anda serta kemampuan memori otak.

Mengutip MedicalNewsToday.com akar maca sangat baik untuk meningkatkan kemampuan belajar dan memori anak. Selain itu, herbal ini juga berperan dalam menurunkan risiko penyakit otak seperti Alzheimer. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mulai mengonsumsi herbal ini mulai saat ini.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Akar Maca untuk Kesehatan semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan dengan bahan-bahan alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *