Manfaat Asam Folat

Manfaat Asam Folat

Jika Anda mencari-cari informasi tentang vitamin kesuburan, pasti Anda menemukan asam folat salah satu diantaranya.

Asam folat merupakan salah satu bentuk dari Vitamin B yang diperlukan oleh tubuh untuk pembentukan sel darah merah dan produksi DNA. Asam folate juga berperan penting dalam kesehatan sel-sel tubuh. Kekurangan folat dapat menyebabkan masalah kekurangan darah.

Asam folat merupakan nutrisi esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, bagaimana manfaat asam folat bagi kesuburan pria?

Manfaat Asam Folat Bagi Pria

Kebutuhan asam folat bagi wanita yang sedang dalam program hamil telah lama diketahui sejak lama. Asam folat bagi wanita berfungsi untuk menyiapkan rahim untuk menyambut kehamilan dan dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi pada trimester pertama kehamilan.

Namun, bagaimana peran asam folat bagi kesuburan pria? Setiap detik, tubuh pria memproduksi 1.500 sel sperma baru. Proses dari stem sel menjadi sel sperma dibutuhkan waktu 60 hari.

Asam folat adalah nutrisi esensial yang terdapat sperma, folat berpengaruh pada kualitas dan kuantitas sel sperma pria. Pada satu penelitian mengungkapkan, kekurangan asam folat dapat menyebabkan buruknya stabilitas DNA pada sperma.

Dalam penelitian lain yang melibatkan sejumlah pria dengan tingkat kesuburan berbeda-beda, mulai dari subur hingga kurang subur. Penelitian dilakukan dengan memberikan suplemen asam folat dan zinc selama 26 minggu. Hasilnya, mereka yang mengonsumsi suplemen folat dan zinc mengalami peningkatan jumlah sperma sebanyak 74 persen.

Dalam study terpisah, mengungkapkan bahwa kombinasi Zinc dan Asam Folat dapat mengatasi masalah kesehatan sperma seperti jumlah sperma yang kurang, motility atau kemampuan gerak sperma yang tidak normal dan bentuk sperma yang tidak normal.

Makanan Tinggi Asam Folat

Asam folat merupakan vitamin yang penting bagi pria dan wanita. Bagi wanita, asam folat berperan dalam menguatkan rahim untuk menyambut kehamilan dan mencegah risiko cacat pada bayi dalam kandungan. Sedangkan bagi pria, manfaat asam folat berperan untuk meningkatkan jumlah sperma.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mendapatkan asupan asam folat yang banyak terdapat pada beberapa jenis makanan seperti :

  • Hati Sapi
  • Bayam
  • Nasi Putih
  • Asparagus
  • Lettuce
  • Alpukat
  • Brokoli
  • Kacang-kacangan
  • Tomat
  • Jeruk
  • Pepaya
  • Pisang

Selain dari makanan diatas, saat ini telah banyak suplemen asam folat yang dijual di apotek-apotek. Namun, sebelum mengonsumsi suplemen tersebut ada baiknya untuk melakukan konsultasi dengan dokter keluarga Anda untuk mendapatkan rekomendasi dosis yang aman untuk Anda.

Hal ini dikarenakan overdosis asam folat justru berdampak negatif bagi kesehatan sel sperma Anda, karena dapat merusak DNA pada sperma. Oleh karena itu, jangan sembarangan mengonsumsi suplemen vitamin kesuburan ini tanpa resep dokter.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Asam Folat bagi Kesuburan pria. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan organ reproduksi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *