Manfaat Buah Delima

Manfaat Buah Delima

Buah Delima merupakan buah yang mampu hidup di daerah tropik sampai subtropik. Buah ini tumbuh di atas tanah gembur. Tanah tersebut tidak direndam air,  atau terendam dengan kadar air yang tidak dalam. Buah ini berbentuk bulat dan memiliki diameter kurang lebih 5-12 cm. Buah Delima dengan nama latin Punica Granatum ini memiliki segudang manfaat meski bentuk buahnya tidak besar.

Kegunaan Buah Delima tersebar dari ranah kesehatan sampai dunia kecantikan. Hal ini disebabkan kandungannya yang beragam, mulai dari vitamin sampai enzim serum angintensin. Untuk lebih jelasnya berikut pembahasan lebih jelasnya.

Untuk Kesehatan

1. Mencegah Kanker

Dibalik rasa buah delima yang segar, ada beragam nutrisi yang mampu mencegah datangnya sel kanker yang berfungsi menyerang tubuh anda. Dengan antioksidannya yang tinggi, membuat kekebalan tubuh kita semakin kuat. Tidak hanya itu, vitamin yang dimiliki buah delima ini juga mampu meningkatkan memori seseorang.

Apabila anda mampu mengkonsumsi jus buah delima rutin dengan takaran 227 ml setiap hari, anda akan berkemungkinan kecil terkena risiko kanker dini. Seperti kanker prostat dan kanker lain yang menyerang organ vital anda akan memiliki kemungkinan kecil menyebar.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Jika anda memiliki trauma pada penyakit jantung yang mematikan, maka sebaiknya segera mencari obat pencegahnya. Jus buah delima bisa menjadi solusi bagi anda. Kandungan dalam buah berwarna merah ini dapat menghambat proses therosclerosis atau zat lemak dalam tubuh anda yang berpotensi menyebabkan serangan jantung.

Antioksidan buah delima juga mampu melawan penyakit jantung. Pencegahannya dengan meminum segelas jus delima sekitar 115 ml setiap hari. Agar lebih maksimal haluskan juga 3 buah bijinya untuk diminum bersama dengan jus buahnya. Karena ternyata kandungan antioksidan banyak terdapat pada daging buah terdalam.

3. Mencegah Luka pada Kulit

Kegunaan lain buah delima yang menguntungkan anda adalah kemampuan buah ini adalah mencegah luka pada kulit sehat anda. Ditemukan dalam sebuah studi, bahwa buah delima yang di konsumsi teratur mampu mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit. Penyembuhan luka lebih cepat  mampu mengurangi luka pada kulit.

Tak hanya penyakit kulit biasa, radang pada kulit bisa diatasi dengan senyawa radang seperti vitamin C dan polifenol yang tersedia dalam buah delima. Buah delima bermanfaat menyembuhkan dan memberi kelegaan dari rasa sakit radang kulit.

4. Meningkatkan Sistem Imun

Agar mampu menjalani hidup dengan sehat dan bebas dari penyakit, anda perlu meningkatkan sistem imun. Salah satu cara meningkatkan kekebalan tubuh dengan memakan daging buahnya atau meminum saripati jus buah delima. Kandungan vitamin C sebanyak 40% mampu memperkuat ketahanan diri anda untuk beraktivitas setiap hari.

Jika anda lebih menyukai jus buah delima, sebaiknya membuat sendiri di rumah agar mendapatkan manfaatnya maksimal. Karena jus delima buatan sendiri bisa di sesuaikan suhu panasnya agar tidak sampai pada suhu 600C. Pemanasan tersebut memecah kandungan vitamin C dalam buah delima.

5. Mengurangi Penyumbatan Arteri

Sari buah delima mengandung flavonoid atau jenis antioksidan kuat yang berperan penting dalam menjaga stabilitas pembuluh darah arteri. Dengan rutin meminum sari buah ini akan membantu mencegah penyumbatan pada arteri. Pembuluh darah ini harus dijaga kesehatannya karena merupakan tempat penyaluran darah utama pada tubuh.

6. Mencegah Anemia

Anemia atau kurang darah sering terjadi saat tubuh terasa lelah. Untuk anda yang memiliki jadwal yang cukup padat sebaiknya mulai mengkonsumsi minuman sari buah delima atau memakan daging buahnya. Antioksidan yang tinggi dalam buah delima memiliki manfaat untuk mencegah anemia.

7. Mengatasi Darah Tinggi

Penyakit serius seperti darah tinggi sebisa mungkin diperkecil tingkat risikonya pada tubuh. Caranya secara alami bisa dilakukan dengan rutin mengkonsumsi Buah Delima. Buah Delima mampu mengurangi sistolik dengan menghambat enzim serum angintensin (ACE).

8. Mengurangi Risiko Diabetes

Menurut penelitian oleh American Journal of Clinical Nutrition membuktikan bahwa dalam satu buah delima bisa menghasilkan antioksidan. Kandungan antioksidan tersebut bisa mencegah  oksidasi LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh. Sehingga buah ini memiliki pengaruh untuk mengurangi penyakit rIsiko diabetes bagi tubuh anda.

9. Mencegah Penyakit Alzheimer

Buah delima kaya akan kandungan antioksidan tinggi lebih banyak daripada wine atau teh hijau. Buah ini memiliki tiga kali lebih banyak dari wine dan teh hijau. Cukup banyak bukan ?

Studi dari University Medical menemukan bahwa orang yang meminum jus delima tiga gelas dalam seminggu mampu menghambat sifat kelupaan dini. Ditemukan juga penelitian bahwa orang yang rutin mengkonsumsi jus buah delima dapat mengurangi penyakit alzheimer hingga 76% dibandingkan yang tidak meminum jus ini.

10. Mengobati Diare

Diare sering datang tiba-tiba. Untuk mengatasinya, buah delima memiliki sifat anti inflamasi. Dalam biji delima, terkandung Antisianin, Ellagitannin, dan polifenol. Kesemuanya berguna untuk mengurangi pertumbuhan bakteri patogen atau Helicobacter Pylori yang menjadi penyebab utama diare.

Untuk Kecantikan

1. Mengobati Jerawat

Bagi anda perempuan atau laki-laki yang sedang memiliki jerawat di wajah tak perlu pusing untuk mencari obatnya. Cukup sediakan buah delima yang kaya vitamin C setiap hari. Kandungan vitamin C tersebut sangat efektif mengatur produksi sebum atau zat minyak yang berguna untuk mengeluarkan kotoran dari pori-pori kulit.

Kerja dari buah delima tersebut mampu mengurangi risiko timbul jerawat dan mengobati dengan cepat. Rasa sakit dari jerawat bisa anda lewati dengan singkat. Jerawat yang muncul dari kulit kering dan berminyak bisa diatasi dengan mudah  menggunakan buah ini.

2. Membantu Produksi Kolagen

Fungsi selanjutnya untuk kecantikan perempuan dari buah delima adalah membantu produksi kolagen dengan cepat. Buah delima mampu memfasilitasi produksi kolagen kulit. Fungsinya adalah menyusun kembali sel-sel kulit mati. Selain itu, buah ini mampu mempercepat regenerasi kemudian mampu menghaluskan kulit cantik anda.

3. Mencegah Penuaan Dini

Buah delima dengan kandungan vitamin C tinggi mampu memenuhi kebutuhan harian vitamin C untuk anda. Vitamin C akan mengakibatkan pembentukan kolagen sehingga mampu meningkatkan protein pada kulit. Efeknya, kulit anda akan terasa sehat dan lebih kencang. Buah ini juga melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

Bahaya sinar matahari yang bisa dicegah oleh delima adalah tanda-tanda penuaan dini seperti keriput, garis-garis halus, kelebihan pigmen, dan munculnya bintik-bintik penuaan pada kulit anda.

4. Meregenerasi Sel-Sel Kulit

Mengkonsumsi buah delima dengan teratur mampu mempercepat regenerasi sel-sel kulit. Kandungan antioksidan seperti vitamin C serta senyawa lain seperti fitonutrien hadir dalam buah delima. Antioksidan tersebut bersaing dengan radikal bebas pada tubuh untuk menstabilkan dan mencegah kerusakan pada sel kulit secara oksidatif.

Buah Delima menyediakan beragam kegunaan untuk anda aplikasikan sendiri di rumah. Tak perlu ambil pusing dalam mengatasi problem tentang kesehatan dan kecantikan anda. Cukup merogoh kocek yang tidak terlalu dalam anda bisa merasakan sejuta manfaat dari buah kecil dan menyegarkan ini. Jadi, masih belum menemukan alasan untuk segera membeli Buah Delima ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *