daun salam

Manfaat Daun Salam

Daun salam yang dianggap menjadi penyedap atau bahan pelengkap sayur, rupanya mampu digunakan sebagai obat asam urat.

Sebagian besar orang mengetahui fungsi daun salam adalah bahan penyedap atau pelengkap sayur. Terutama kalangan para ibu memang biasanya menambahkan daun salam ke dalam masakan mereka agar semakin sedap dan gurih. Padahal, siapa yang menyangka bahwa daun salam bisa menyembuhkan asam urat?

Ya, asam urat merupakan penyakit yang biasa diawali dengan gejala nyeri di bagian persendian kaki atau tangan. Nyeri tersebut disebabkan oleh penumpukan kristal yang dihasilkan oleh zat purin. Biasanya, zat purin yang normal tidak akan menyebabkan sakit pada bagian tertentu, tetapi bila sedang tinggi-tingginya, maka akan membentuk kristal dan bersarang di bagian sendi.

Akibat sakit sendi, penderitanya akan sulit bergerak maupun beraktivitas sehari-hari. Mereka juga tidak diperkenankan untuk mengonsumsi aneka jenis daging, biji-bijan, apalagi makanan instan.

Sebaliknya, sebagai pertolongan pertama, penderita asam urat bisa meminum rebusan daun salam. Kandungan tanin, alkaolid, flavonoid, serta minyak atsiri dalam tumbuhan tersebut dipercaya mampu mengobati penyakit asam urat. Selain itu juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi, penurun kolestrol, serta obat diet.

Untuk jenis konsumsinya, daun salam bisa diminum melalui cara perebusan dan jus. Jika, Anda ingin meminum air rebusannya, maka yang perlu dilakukan adalah

  1. Ambil 5-10 lembar daun salam yang sudah dicuci bersih.
  2. Siapkan air sekitar 5 cup gelas air mineral
  3. Masukkan daun salam ke dalam air tersebut hingga terendam
  4. Rebus selama kurang lebih 15 menit. Tanda sudah harus diangkat adalah apabila warna air rebusan telah berubah dan air agak menyusut.
  5. Diamkan hingga hangat atau dingin, lalu bisa dikonsumsi seperti halnya kita minum air putih biasa. Minumlah rebusan air daun salam tersebut sebanyak dua kali dalam sehari, yakni pagi dan sore hari. Selain itu, meminum obat herbal jenis ini sebaiknya dilakukan minimal 20 menit sebelum makan, supaya penyerapan nutrisi oleh tubuh begitu maksimal.

Selain cara direbus, konsumis daun salam juga bisa dengan dijus atau diblender hingga halus. Perbedannya dengan jenis rebusan, pengejusan ini melibatkan buah lain seperti alpukat. Cara membuatnya juga tak kalah gampang, yakni

  1. Siapkan 6 lembar daun salam yang sudah dicuci bersih. Ambil daun salam yang masih muda dan segar, sehingga rasanya lebih enak ketika dijus.
  2. 300 ml air
  3. Siapkan satu atau separuh buah alpukat matang
  4. 1 sendok makan madu
  5. Air mineral secukupnya

Untuk membuatnya, pertama daun salam harus direbus terlebih dahulu sampai matang. Kemudian, kalau air rebusan sudah dingin maka masukkan blender. Lalu, disusul dengan buah alpukat dan madu. Nah, selanjutnya tinggal diblender hingga halus dan berstekstur seperti jus atau smoothies. Terakhir, jus daun salam siap disajikan dan diminum layaknya air rebusan tadi.

Sebenarnya, khsusu daun salam, tidak hanya bisa dijus dengan buah alpukat, tetapi buah-buahan lainnya seperti apel, belimbing, dan berries. Pokoknya, segala jenis buah yang mengandung vitamin C memang dianjurkan bagi penderita asam urat supaya kondisinya tetap stabil dan tidak mudah merasakan nyeri luar biasa. Selain itu, pemberian buah dalam jus juga bisa menambah khasiat obat herbal itu sendiri.

Nah, bagi Anda yang ingin senantiasa memelihara kesehatan, lebih baik mulai berhati-hati dengan segala jenis makanan yang hendak dikonsumsi. Sebab, apa yang kita makan saat ini akan diperoleh di masa yang akan datang. Makanan dan gaya hidup memang memberikan dampak besar bagi kesehatan manusia ke depannya. Jadi, jangan lupa untuk terus hidup sehat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *