Manfaat Kacang Lentil

Manfaat Kacang Lentil

Lentil atau miju-miju adalah sejenis kacang lunak yang umumnya
Anda beli dalam keadaan kering. Berbeda dengan keluarga kacang-
kacangan lainnya, Anda tidak perlu memasak atau merebusnya
terlebih untuk mengonsumsi kacang ini sehingga mudah untuk
dikonsumsi setiap hari.

Lentil merupakan legume yang tepat untuk dicampurkan dalam salad
atau sebagai topping dalam menu diet Anda. Ya, lentil sangat
baik untuk menurunkan berat badan karena rendah kalori dan
tinggi nutrisi yang terdiri dari :

  • Serat
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Gula
  • Kalium
  • Fosfor
  • Magnesium
  • Kalsium
  • Selenium
  • Tembaga
  • Seng
  • Zat Besi
  • Natrium
  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • Vitamin E

Dengan kandungan nutrisi diatas, sudah tentu lentil dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh Anda setiap harinya. Selain itu, manfaat lentil lainnya adalah mencegah beragam penyakit karena kandungan didalamnya. Berikut ini ulasan mengenai Manfaat Lentil bagi kesehatan tubuh Anda, simak penjelasannya dibawah ini:

Manfaat Kacang Lentil bagi Kesehatan

1. Menurunkan Kolesterol

Rutin mengonsumsi kacang lentil dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, hal ini dimungkinkan karena tingginya kandungan serat yang mudah larut dalam tubuh. Dengan kadar kolesterol yang normal dalam tubuh Anda, dapat mencegah beragam penyakit kardiovaskular seperti Tekanan Darah Tinggi, Serangan Jantung dan Stroke.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menemukan bahwa kandungan serat dalam lentil dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, lentil merupakan sumerb asam folat dan magnesium yang dapat menjaga kesehatan jantung.

Asam Folat dapat menurunkan kadar Homocysteine, salah satu penyebab penyakit jantung. Magnesium dapat melancarkan sirkulasi darah dan menyalurkan oksigen dan nutrisi keseluruh tubuh, kekurangan kalsium dapat meningkatkan risiko Anda terkena serangan jantung.

3. Menjaga Sistem Pencernaan

Serat yang mudah larut dalam air yang dimiliki kacang lentil selain dapat mencegah sembelit juga dapat menghindarkan Anda dari beragam masalah pencernaan seperti Radang Usus Besar dan Divertikulosis.

4. Menjaga Kadar Gula Darah

Satu lagi manfaat lentil bagi kesehatan adalah kemampuannya dalam menjaga kadar gula darah Anda tetap normal. Serat yang terkandung didalamnya dapat mengikat karbohidrat dan memperlambat pencernaan tubuh Anda, kondisi ini dapat menurunkan kadar gula darah tubuh Anda.

Dengan kemampuannya tersebut lentil sangat baik untuk dikonsumsi mereka yang memiliki masalah kesehatan seperti diabetes, resisten insulin atau hypoglycemia.

5. Sumber Protein

Semua jenis kacang-kacangan dan termasuk lentil didalamnya merupakan sumber protein nabati yang baik untuk kesehatan. 26 persen kalori yang dimiliki oleh lentil terdiri dari protein. Hal Sehingga lentil sangat dianjurkan bagi mereka yang sedang  hamil untuk memenuhi kebutuhan protein nabati untuk menghindari protein hewani.

6. Meningkatkan Energi

Rutin mengonsumsi kacang lentil juga dapat memberikan Anda tambahan energi, hal ini dimungkinkan karena kandungan serat dan karbohidrat kompleks. Selain itu, zat besi dari lentil juga dapat menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh Anda. Kombinasi mineral dan serat ini merupakan kunci dari produksi energi dan metabolisme tubuh Anda.

7. Membantu Diet

Meski lentil kaya akan kandungan serat, protein, vitamin dan mineral. Namun, kacang ini rendah kalori dan tidak mengandung lemak. Satu cup lentil matang hanya mengandung 230 kalori, namun dapat memberikan Anda rasa kenyang lebih lama dan menekan rasa lapar.

Kondisi ini tentu sangat baik untuk membantu program diet Anda. Imbangi konsumsi lentil dengan olahraga rutin agar mendapatkan berat badan ideal.

8. Membantu Program Hamil

Kandungan Asam Folat dalam lentil sangat baik dikonsumsi oleh wanita yang sedang dalam program hamil. Asam folat dapat membantu mempersiapkan rahim untuk menyambut kehamilan dan asam folat dibutuhkan hingga trimester pertama kehamilan untuk membantu tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Sedangkan, bagi pria memenuhi kebutuhan asam folat harian sangat penting untuk meningkatkan kualitas sperma.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Kacang Lentil bagi kesehatan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *