Manfaat Labu Kuning

Manfaat Labu Kuning

Manfaat Labu Kuning

Labu kuning merupakan jenis panganan kaya gizi dan dapat diolah menjadi beragam jenis makanan. hampir semua bagian dari labu kuning dapat dimakan, seperti daging buah, biji, serta kulitnya.

Labu kuning merupakan salah satu jenis makanan yang tidak boleh Anda lewatkan, manfaat labu kuning untuk kesehatan didapatkan karena kandungan antioksidan dan nutrisi di dalamnya, dalam 245 gram labu kuning mengandun nutrisi seperti

  • Kalori
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin B2
  • Vitamin E
  • Potassium
  • Copper
  • Mangan
  • Zat Besi
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Folat

Dengan beragam nutrisi dan antioksidan didalamnya, sudah barang tentu manfaat labu kuning untuk kesehatan tidak perlu diragukan. Dalam artikel ini saya akan membahas tentang khasiat labu kuning bagi tubuh Anda. Simak ulasannya dibawah ini:

Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan

1. Membantu Program Diet

Kandungan serat dalam buah labu dapat membantu usaha Anda untuk menurunkan berat badan, serat dalam labu kuning dapat memberikan Anda rasa kenyang lebih cepat dan lebih lama sehingga dapat menurunkan nafsu makan dan frekuensi makan Anda. Anda dapat mengonsumsi sup labu atau membuat smoothies labu dalam menu diet Anda.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Rutin mengonsumsi labu kuning dapat memberikan tubuh Anda asupan vitamin A, vitamin A dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan fungsi mata tetap optimal. Rutin mengonsumsi labu kuning dapat menghindarkan Anda dari masalah kesehatan mata seperti penurunan fungsi retina mata, penurunan fungsi mata karena faktor usia atau degeneratif makula. Oleh karena itu, rutinlah konsumsi labu kuning mulai saat ini.

3. Baik untuk Ibu Hamil

Selain untuk menjaga kesehatan mata, kandungan vitamin A dalam labu kuning juga sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Vitamin A bagi ibu hamil diperlukan untuk mencegah anemia dan membantu perkembangan mata janin pada trimester pertama kehamilan. Selain itu, vitamin A juga berperan penting dalam mengatasi masalah sembelit pada ibu hamil.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Bagi Anda yang memiliki masalah hipertensi, konsumsi labu kuning dapat membantu menormal tekanan darah Anda. Kandungan phytoestrogen dalam daging labu kuning dapat menurunkan tekanan darah baik sistolik maupun diastolik.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Biji labu kaya akan Trytophan, sebuah asam amino yang dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang berkualitas. Trytophan bertanggung jawab dalam produksi hormon serotonin, hormon yang membantu Anda relaks dan menurunkan kadar stress serta menjaga Anda dalam mood yang baik.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat dalam kuning dapat melindungi sistem kardiovaskular Anda, mengutip penelitian Harvard menungkapkan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi makanan tinggi serat  umumnya memiliki risiko penyakit jantung koroner dibandingkan mereka yang tidak. Dalam penelitian lain yang dilakukan di Swedia mengungkapkan bahwa wanita yang mengonsumsi makanan tinggi serat dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 25 persen.

Serat dalam labu kuning dapat menyerap lemak yang terdapat dalam dinding pembuluh darah dan membuangnya melalui proses metabolisme tubuh Anda. Hal ini efektif untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah dan menurunkan risiko penyakit jantung serta stroke.

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan vitamin C dan mineral mangan serta magnesium dalam labu kuning berperan aktif dalam menjaga kepadatan tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan memproduksi enzim yang melindungi tulang dari kerusakan.

Vitamin C berperan dalam produksi kolagen yang penting untuk kepadatan tulang dan mineral magnesium sangat penting untuk kesehatan persendian Anda. Oleh karena itu, salah satu menghindari osteoporosis adalah dengan mengonsumsi labu kuning.

8. Mencegah Kanker

Kandungan Karotenoid dalam labu kuning bekerja sebagai antioksidan yang dapat menetralisir radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit kanker.  Dalam analisis dari 13 penelitian mengungkapkan Alpha Karoten dan Beta Karoten dalam labu kuning dapat menurunkan risiko beragam jenis penyakit kanker seperti Tenggorokan, Pankreas, Payudara, dan Usus.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan dengan bahan-bahan alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *