Manfaat Madu

Manfaat Madu

Sejak ribuan tahun yang lalu, madu sudah banyak digunakan berbagai macam peradaban dan budaya di berbagai belahan dunia. Manfaat madu yang beragam membuatnya menjadi salah satu obat alami yang penting, terutama dalam menangani penyembuhan luka. Hampir tiada negara yang tidak mengenal madu yang sebagai bagian dari solusi kesehatan.

Madu adalah bahan populer yang berasal dari nektar yang telah dikumpulkan oleh lebah di sarangnya. Karena rasanya yang manis, madu sering digunakan di berbagai macam penganan seperti selai roti, pengganti gula dalam minuman, campuran larutan jeruk nipis dan obat alami. Karena manfaatnya, madu dikenal sebagai bahan yang serbaguna.

Kandungan Gizi yang Terdapat pada Madu

  1. Karbohidrat

Nektar yang menjadi bahan utama dari madu mengandung air dan sukrosa. Sukrosa tersebut kemudian diubah menjadi fruktosa dan glukosa dengan bantuan enzim yang ditambahkan oleh lebah. Sementara bagian airnya akan menguap sehingga yang tersisa hanyalah glukosa dan fruktosa. Dua kandungan tersebut adalah karbohidrat sederhana.

  1. Gula alami

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa madu mengandung fruktosa dan glukosa. Dua bahan alami tersebut adalah gula. Rasa madu lebih manis daripada gula tebu karena kandungan fruktosanya cukup tinggi, yaitu sekitar delapan puluh persen.

  1. Mineral dan vitamin

Kandungan vitamin seperti B6 dan mineral seperti kalsium, magnesium dan zat besi pada madu membantu dalam proses metabolisme yang melibatkan kolesterol tak berguna dan asam lemak yang ada pada organ tubuh. Sehinnga, pembakaran lemak yang terjadi akan menghasilkan pencegahan terhadap obesitas dan juga memelihara kesehatan tubuh.

  1. Antioksidan

Salah satu keunggulan dalam madu adalah kandungan antioksidannya yang kaya yaitu asam fenol dan flavonoid. Keduanya dapat mencegah penimbunan lemak yang bisa menjadi kolesterol jahat bagi tubuh.

Berikut Manfaat Madu untuk Kesehatan yang kami kutip dari Ensiklonesia

  1. Mengobati asam lambung

Ketika anda memiliki gangguan asam lambung, maka anda harus segera mengobatinya. Madu menjadi pilihan yang tepat karena dapat mereduksi asam pada lambung. Manfaat madu untuk asam lambung dapat dirasakan saat anda mengonsumsi madu dengan kayu manis yang dilarutkan dalam segelas air. Minum dua kali dalam sehari.

Agar manfaat madu dapat dirasakan secara optimal, sebaiknya anda juga mengonsumsi makanan dalam porsi yang kecil tapi sering daripada sekali dalam porsi besar. Ini dapat membantu anda untuk mengurangi asam pada lambung.

  1. Menekan risiko diabetes kronis

Konsumsi madu sebagai sumber gula alami harian lebih baik daripada gula yang biasa atau gula tebu. Dalam perbandingan yang sama, manfaat madu untuk diabetes adalah mampu menaikkan kadar gula darah dan insulin dalam dua jam pertama sementara gula biasa meningkat jauh lebih banyak. Fakta tersebut menguntungkan bagi penderita diabetes tipe-2.

  1. Mengobati diare

Manfaat madu untuk diare adalah mampu melawan bakteri yang dapat mengganggu pencernaan seperti diare dan tifus. Ketika madu dicerna, ia akan membentuk granula sehingga penderita diare tidak akan terus menerus pergi ke kamar mandi. Madu juga akan membunuh kuman penyebab diare sehingga mereka tidak akan berkoloni dan memperparah penyakit ini.

Selain itu, penderita diare pastinya akan kehilangan air pada tubuh dalam jumlah yang banyak. Ketika kamud dikonsumsi, ia akan berperan untuk menyerap air dan elektrolit sehingga penderita tidak akan dehidrasi. Penyerapan air juga akan mengakibatkan ekskresi feses tidak dalam bentuk cair.

  1. Konsumsi madu untuk kehamilan

Ibu hamil rentan terhadap bahan-bahan kimia, sehingga penyakit ringan sekalipun harus mengonsumsi obat yang tanpa efek samping. Madu dapat digunakan untuk meringankan batuk karena inflamatorinya, baik sebagai campuran lemon dan jahe. Atau bisa juga meminum susu yang dicampur madu untuk mengurangi nyeri dada saat batuk.

Manfaat madu untuk ibu hamil juga dapat dirasakan karena antioksidannya yang tinggi. Senyawa flavonois dapat membantu untuk menangkal radikal jahat, sehingga dapat meningkatkan kesehatan dan menjaga perkembangan janin.

  1. Menjaga kesehatan lambung

Kandungan madu membuat bakteri jahat dalam lambung tidak bisa berkembang. Manfaat madu untuk lambung adalah membunuh bakteri penyebab infeksi lambung sehingga konsumsi madu secara teratur dapat menekan risiko terkena penyakit ini. Anda hanya perlu mengonsumsi satu sendok madu yang dicampurkan ke dalam segelas air.

  1. Mengatur gula darah

Karena madu adalah pemanis alami, anda tidak perlu khawatir dengan kandungan gula di dalamnya akan berakibat fatal atau tidak terhadap kesehatan. Fruktosa dan glukosanya malah membantu mengatur gula darah tetap normal.

  1. Mengobati luka dan luka bakar

Manfaat madu tidak hanya untuk konsumsi saja, tapi juga bisa digunakan untuk pemakaian luar. Oleskan madu ke luka atau luka bakar, maka luka akan cepat kering karena kandungan sulfadiazine-nya. Selain membuat luka cepat kering, madu juga berfungsi sebagai bahan anti bakteri.

Dari berbagai manfaat madu yang telah disebutkan, bahan ini menyimpan banyak kegunaan sebagai pemakaian internal maupun eksternal. Meski aman untuk segelasa usia, jangan lupa bahwa madu tetaplah bentuk dari gula jadi sebaiknya jangan konsumsi dengan berlebihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *