Manfaat Mandi Air Hangat

Manfaat Mandi Air Hangat

Manfaat mandi air hangat bagi kesehatan Anda sangat beragam mulai dari meredakan stress, mengatasi sakit kepala, menjaga kesehatan jantung, melancarkan sirkulasi darah, mengatasi iritasi kulit hingga mengobati flu dan batuk.

Mandi air hangat telah dikenal selama ribuan tahun dan telah menjadi budaya di beberapa negara seperti Jepang, Turki dan Italia. Hal ini dikarenakan efek yang dirasakan pada tubuh Anda memberikan relaksasi dan mengatasi beragam masalah kesehatan. Berikut ini ulasan mengenai manfaat mandi air hangat bagi kesehatan tubuh Anda.

Manfaat Mandi Air Hangat untuk Kesehatan

1. Meredakan Stress

Mandi air hangat merupakan salah satu cara meredakan stress dan depressi secara alami, mengutip pernyataan Psikolog Neil Morris yang terbit di Telegraph.co.uk menyebutkan bahwa mandi air hangat memberikan perasaan ketenangan dan kenyamanan, mandi air hangat memberikan Anda perasaan bahagia dan menekan hormon kortisol.

Secara umum, mandi air hangat memberikan perasaan nyaman, ringat dan memberikan ketenangan pada tubuh serta pikiran Anda.

2. Mengatasi Insomnia

Bagi Anda yang mengalami insomnia dalam jangka panjang, mandi air hangat pada malam hari sebelum tidur merupakan salah satu pengobatan alternatif yang bisa Anda pilih untuk mengatasi sulit tidur pada malam hari.

Saat malam hari temperatur tubuh menurun secara alami sehingga membuat tubuh Anda mengirimkan sinyal untuk memproduksi hormon Melatonin yang dapat menstimulasi tubuh Anda untuk tidur.

Mandi air hangat akan meningkatkan suhu tubuh Anda secara cepat dan hal ini malah membuat suhu Anda turun secara signifikan setelah mandi dan membuat Anda tidur lebih cepat.

3. Meredakan Nyeri Otot

Mandi air hangat dapat meningkatkan sirkulasi darah tubuh Anda, hal ini sangat baik untuk meredakan nyeri otot dan membantu otot-otot tubuh Anda untuk lebih relaks. Menambahkan garam laut saat mandi air hangat telah terbukti dapat meredakan peradangan pada persendian yang disebabkan oleh rematik atau asam urat.

Manfaat mandi air hangat dengan garam laut juga memiliki manfaaat positif bagi penderita diabetes.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti yang dijelaskan diatas, mandi air hangat dapat membantu memberikan ketenangan pada otot dan pembuluh darah Anda sehingga membantu melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Hal ini dapat menurunkan tekanan darah Anda, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Mandi air hangat memiliki efek yang sama dengan melakukan olahraga ringan bagi kesehatan jantung Anda.

5. Menyembuhkan Flu dan Batuk

Mandi air hangat merupakan pengobatan alami untuk menyembuhkan flu dan batuk. Air hangat membantu melancarkan sirkulasi darah dan saluran pernapasan Anda, kehangatan membantu melembutkan penyumbatan oleh lendir. Selain itu, temperatur tinggi dapat membunuh bakteri dan virus yang hidup di tubuh Anda.

6. Mengatasi Iritasi Kulit

Bila mandi air biasa menyebabkan iritasi kulit Anda semakin parah, maka solusinya adalah dengan mandi air hangat. Air hangat yang dicampurkan dengan minyak esensial seperti minyak kelapa, minyak zaitun atau minyak lavender dapat menghidrasi kulit dan mengatasi kulit kering atau iritasi pada kulit Anda. Selain itu, aromatherapy yang diberikan oleh minyak esensial dapat memberikan ketenangan pada diri Anda.

Efek Samping Mandi Air Hangat

Meski memiliki manfaat kesehatan, nyatanya ada beberapa orang dengan kondisi tertentu yang sebaiknya tidak mandi dengan air hangat. Khususnya ibu hamil. Mandi air hangat merupakan salah satu larangan ibu hamil karena peningkatkan suhu pada tubuh ibu hamil dapat mempengaruhi tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Mengutip Trimester123.com, mandi air hangat pada trimester pertama kehamilan dapat menyebabkan keguguran pada awal kehamilan. Oleh karena itu, bagi ibu hamil hindari mandi air hangat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *