Manfaat Minyak Ikan

Manfaat Minyak Ikan

Apa itu minyak ikan? minyak ikan berasal dari jaringan otot berlemak pada ikan. Anda bisa mendapatkan minyak ikan dengan cara mengonsumsi ikan secara langsung atau mengonsumsi suplemen minyak ikan yang banyak dijual dipasaran.

Namun, apa saja manfaat minyak ikan untuk tubuh kita? Dalam minyak ikan terdapat asam lemak omega 3 yang merupakan asam lemak esensial yang diperlukan oleh tubuh, terdapat dua jenis omega 3 yang terdapat dalam minyak ikan, yakni EPA dan DHA. Kedua merupakan lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan mata, meningkatkan kualitas sperma dan membantu kecerdasan otak anak.

Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan

Selain asam lemak omega 3, minyak ikan memiliki segudang manfaat lain seperti:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan asam lemak omega 3 dalam minyak ikan sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem kardiovaskular Anda.

Omega 3 dapat menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan kadar lemak baik atau HDL dalam darah. Hal ini dapat mengurangi jumlah asam lemak yang diproses oleh Liver , memperlambat sintesis asam lemak dan mencegah enzim untuk memproduksi trigliserida dalam darah Anda.

Dengan begitu, Anda terhindarkan dari risiko penyakit kardiovaskular seperti Penyakit Jantung, Tekanan Darah Tinggi dan Stroke.

2. Meredakan Peradangan

Konsumsi minyak ikan dapat mengurangi konsumsi obat anti peradangan. Asam Lemak omega 3 dalam minyak ikan dapat meredakan peradangan pada mereka yang menderita Penyakit Chron’s, asma dan rematik.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 2006 silam menemukan bahwa mereka mengonsumsi suplemen minyak ikan mengalami penurunan gejala nyeri leher dan punggung hingga 80 persen.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Asam lemak omega 3 dalam minyak ikan dibutuhkan untuk menjaga fungsi mata tetap sehat.

Penelitian menunjukan bahwa ibu hamil yang rutin mengonsumsi ikan ataupun suplemem minyak ikan umumnya memiliki bayi dengan fungsi penglihatan yang lebih baik daripada mereka yang tidak mengonsumsi minyak ikan.

Konsumsi minyak ikan dapat menghindarkan Anda dari risiko penurunan fungsi mata karena faktor usia seperti degenerasi makular dan sindrom mata kering. Hal ini diperkuat dengan hasil studi pada tahun 2009 lalu bahwa mereka yang mengonsumsi asam lemak omega 3 umumnya memiliki risiko yang rendah mengalami degenerasi makular.

4. Menurunkan Berat Badan

Dalam sebuah penelitian pada 2015 berhasil menemukan fakta bahwa minyak ikan dapat membantu pembakaran kalori tubuh Anda.

Minyak ikan dapat diubah oleh tubuh tubuhmenjadi lemak coklat dengan bantuan protein UCP1. Lemak coklat dapat membakar kalori lebih banyak sehingga membantu menurunkan berat badan.

Akan lebih baik bila diimbangi dengan olahraga rutin sehingga minyak ikan memaksimalkan program diet Anda.

5. Meningkatkan Kesuburan

Minyak ikan memiliki kandungan vitamin D, yang disebut juga sebagai Vitamin Penyubur Kandungan. Vitamin D dapat meningkatkan produksi hormon seksual, wanita yang memiliki masalah kesuburan umumnya kekurangan vitamin D.

Mengutip Trimester123.com vitamin D diperlukan oleh wanita untuk mengatasi peradangan dan meningkatkan kesuburan rahim bagi mereka yang sedang dalam program hamil.

6. Mencegah Alzheimer

Salah satu manfaat minyak ikan untuk kesehatan adalah menjaga fungsi otak tetap optimal. Minyak ikan dapat mencegah penyakit Alzheimer, penyakit gangguan fungsi otak yang umumnya menyerang mereka yang berusia lanjut.

Beragam penelitian menyebutkan bahwa konsumsi asam lemak omega 3 dari minyak ikan dapat memperlambat penurunan fungsi otak hingga 70 persen.

Minyak ikan juga dapat meningkatkan kemampuan memori pada mereka yang berusia 50-75 tahun dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi minyak ikan.

Untuk itu, sedari dini ada baiknya Anda konsumsi suplemen minyak ikan.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Tidak hanya untuk kesuburan, jantung, dan mata. Minyak ikan juga baik untuk kesehatan kulit Anda, minyak ikan dapat menghidrasi kulit dan menstimulasi produksi sel-sel kulit Anda.

Selain itu, minyak ikan juga dapat menghindarkan Anda dari masalah jerawat dan membantu mempercepat menghilangkan flek hitam bekas jerawat.

8. Menjaga Kesehatan Mental

Asam Lemak Omega 3 merupakan komponen krusial yang baik untuk menjaga kesehatan mental Anda.

EPA dan DHA, merupakan dua jenis asam lemak omega 3 yang ditemukan pada minyak merupakan komponen penting dalam sistem saraf pusat. DHA merupakan kunci untuk menjaga selaput saraf dan berfungsi ketika EPA menjaga aktifitas saraf.

Beragam penelitian menemukan kaitan antara depresi dengan rendahnya asupan Omega 3. Oleh karena itu, sebaiknya masukan minyak ikan dalam suplemen harian Anda.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan tubuh Anda. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan dengan bahan-bahan alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *