Manfaat Ubi Jalar Ungu

Manfaat Ubi Jalar Ungu

Ubi jalar ungu atau lebih dikenal sebagai ubi ungu telah merupakan sumber karbohidrat penduduk polynesia selama berabad-abad, ubi jalar ungu kaya kandungan vitamin, mineral dan serat yang baik untuk mendukung kesehatan dan mengatasi masalah kesehatan Anda, memang apa saja manfaat ubi jalar ungu?

Selain kandungan beragam vitamin, mineral dan serat. Ubi jalar ungu memiliki kandungan Anthocyanin, sejenis antioksidan yang memberikan warna ungu pada tanaman umbi ini. Dengan kandungan nutrisi didalamnya, ubi jalar ungu sangat baik untuk mengontrol diabetes, asam urat dan peradangan pada tubuh Anda.

Untuk lebih detail, simak ulasan saya mengenai manfaat ubi jalar ungi dibawah ini.

Manfaat Ubi Jalar Ungu untuk Kesehatan

1. Mengontrol Tekanan Darah

Satu ubi jalar ungu beserta kulitnya mengandung setidaknya 950 mineral Potassium, jumlah tersebut dua kali lebih tinggi daripada yang terdapat dalam pisang. Potassium merupakan mineral esensial yang dapat menurunkan kadar sodium dalam tubuh Anda, hal ini dapat menurunkan tekanan darah sistolik hingga 10 point dan meredakan ketegangan pada jantung Anda.

Potassium juga berperan dalam mengontrol detak jantung dan kontraksi otot jantung Anda.

2. Baik untuk Ibu Hamil

Ubi jalar ungu merupakan makanan sehat untuk ibu hamil yang sangat sangat direkomendasikan.

Kandungan vitamin A dalam ubi ungu dapat memenuhi kebutuhan harian ibu hamil, vitamin A juga berperan dalam memaksimalkan perkembangan sel-sel dan jaringan otot bayi dalam kandungan. Selain itu, kandungan serat dalam ubi ini juga dapat mengatasi masalah sembelit pada ibu hamil.

Mengutip dari Trimester123.com, kandungan vitamin A yang diperoleh dari sayuran dan buah-buahan lebih disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, hal ini dikarenakan vitamin A yang terdapat dalam daging dapat menyebabkan masalah keracunan.

3. Baik untuk Program Hamil

Bagi wanita yang mengalami masalah kesuburan, konsumsi makanan kaya akan zat besi dapat meningkatkan peluang Anda untuk hamil, karena zat besi dapat meningkatkan kesehatan organ reproduksi Anda.

Mengutip penelitian dari Harvard Medical School, kandungan vitamin A dalam ubi jalar ungu dapat membantu sintesis hormon yang berimbas pada kesuburan Anda.

4. Baik bagi Penderita Diabetes

Ubi jalar ungu termasuk dalam makanan dengan indeks glikemik yang rendah, dan dalam beberapa penelitian menyebutkan bahwa umbi ini dapat menurunkan kadar gula darah serta meningkatkan sensitifitas tubuh terhadap insulin.

Kandungan serat dalam ubi ungu juga berdampak positif pada penderita diabetes, karena dapat menurunkan kadar gula darah, kadar lemak darah dan meningkatkan sensitifitas tubuh terhadap insulin.

5. Meredakan Peradangan

Kandungan Kolin dalam ubi ungu merupakan nutrisi esensial yang membantu meningkatkan kualitas tidur, pergerakan otot, kemampuan belajar dan memori Anda. Kolin juga berperan dalam menjaga struktur membran sel, menjaga koordinasi saraf, membantu penyerapan lemak dan mengurangi peradangan pada tubuh Anda.

Hal ini dapat menurunkan risiko penyakit kronis yang disebabkan oleh peradangan seperti kanker, tumor dan penyakit jantung.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Kekurangan vitamin A dapat menurunkan fungsi mata Anda, karena dapat menyebabkan kornea mata menjadi kering dan menyebabkan timbulnya selaput putih pada mata. Salah satu cara menjaga kesehatan mata adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi vitamin A, salah satunya ubi jalar ungu.

Selain itu, vitamin C yang terdapat pada panganan ini juga dapat menjaga fungsi mata dan mencegah penurunan fungsi mata terkait usia.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Ubi jalar ungu merupakan sumber vitamin B6 yang dapat menghancurkan Homocystein, sejenis asam amino yang dapat menyebabkan pengerasan pembuluh darah anda.

Selain itu, kandungan Potassium dalam ubi ungu juga dapat menurunkan tekanan dara dan mengatur detak jantung, sehingga menghindarkan Anda dari penyakit kardiovaskular seperti hipertensi dan penyakit jantung.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Ubi Jalar Ungu untuk Kesehatan, semoga bermanfaat dan meningkatkan kesadaran Anda dalam menjaga kesehatan dengan bahan-bahan alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *