Manfaat Yoga

Manfaat Yoga

Manfaat yoga bagi kesehatan tubuh dan pikiran telah dikenal sejak 5.000 tahun yang lalu, gerakan-gerakan yoga dapat melatih pernapasan, meditasi dan memberikan efek relaksasi dan meredakan stress.

Latihan yoga dikatakan sangat baik untuk kesehatan mental dan fisik Anda, berikut ini ulasan mengenai manfaat yoga bagi tubuh dan pikiran Anda. Simak dibawah ini:

Manfaat Yoga bagi Kesehatan

1. Meredakan Stress

Latihan yoga dikenal sejak lama dapat memberikan efek relaksasi dan meredakan tingkat stress tubuh serta pikiran Anda.

Dalam penelitian yang dilakukan dengan melibatkan 24 wanita sebagai partisipan yang diminta untuk melakukan latihan yoga secara rutin selama tiga bulan, menunjukan mereka yang rutin melakukan yoga umumnya memiliki level stress, gangguan kecemasan, kelelahan dan depresi yang lebih rendah daripada mereka yang tidak melakukan yoga. Selain itu, yoga juga meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan mental.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat yoga bagi kesehatan lainnya adalah dapat menjaga kesehatan jantung Anda, gerakan-gerakan yoga dapat melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh sehingga pasokan nutrisi dan oksigen ke setiap sel-sel tubuh Anda berjalan maksimal dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Manfaat yoga untuk kesehatan kardiovaskular didukung dengan hasil penelitian yang menyebutkan bahwa mereka yang rutin melakukan olahraga yoga umumnya memiliki tekanan darah yang normal dan kadar kolesterol dalam tubuh yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak.

Kedua hal tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung Anda, tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol tinggi merupakan dua faktor penyebab penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, pertimbangkan untuk rutin melakukan yoga mulai saat ini.

3. Baik untuk Ibu Hamil

Beberapa gerakan yoga sangat dianjurkan untuk ibu hamil, yoga merupakan salah satu olahraga ibu hamil yang sangat disarankan dilakukan sebagai persiapan proses persalinan kelak. Gerakan-gerakan yoga dapat memberikan efek relaksasi, kelenturan tubuh dan olah pernapasan yang sangat penting untuk persiapan persalinan.

Mengutip Trimester123.com, gerakan-gerakan yoga dapat menguatkan otot panggul sehingga dapat mengatasi masalah kehamilan seperti mengompol, menurunkan tekanan darah hingga menurunkan risiko keguguran.

4. Meningkatkan Kelenturan Tubuh

Rutin melakukan yoga secara perlahan memberikan Anda kelenturan tubuh, bila Anda yang sebelumnya tidak dapat menyentuh jemari kaki Anda, seiring waktu melakukan yoga Anda akan melihat perkembangan kelenturan tubuh Anda.

Tubuh yang lentur sangat baik untuk kesehatan ruas-ruas tulang dan persendian tubuh Anda, yoga dapat meregangkan ruas-ruas tulang dan persendian sehingga memperbaiki postur tubuh Anda dan mengatasi beragam masalah nyeri otot dan nyeri pinggang yang disebabkan oleh postur tubuh yang buruk.

5. Meningkatkan Kekuatan dan Fleksibilitas Otot

Otot yang kuat membuat Anda tampil percaya diri, selain itu otot yang sehat juga dapat melindungi Anda dari masalah radang sendi dan nyeri punggung. Jika Anda membangun otot melalui gerakan-gerakan yoga, Anda tidak hanya melatih otot namun juga meningkatkan fleksibilitas otot-otot tubuh Anda.

Hal inilah yang tidak didapatkan dari olahraga lainnya, semisal Anda melakukan olahraga angkat beban di Gym, Anda hanya mendapatkan kekuatan otot dengan sedikit sekali latihan fleksibilitas otot.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Yoga merupakan salah satu olahraga yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan menurunkan risiko osteoporosis.

Banyak gerakan yoga yang mengharuskan Anda menahan beban tubuh Anda, hal ini sangat baik untuk melatih kekuatan tulang dan menjaga kepadatan tulang Anda. Dalam penelitian yang dilakukan olah California State University mengungkapkan rutin melakukan yoga dapat meningkatkan kepadatan tulang Anda dan kemampuannya dalam menurunkan hormon stress dapat menjaga kalsium di tulang Anda.

7. Menurunkan Tekanan Darah

Bila Anda memiliki riwayat tekanan darah tinggi, melakukan olahraga yoga mungkin cara menurunkan hipertensi yang cocok untuk Anda. Dalam penelitian yang di publikasikan dalam British Journal menyebutkan melakukan pose Savasana, yakni pose tidur telentang dalam yoga dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik dalam penelitian yang dilakukan selama tiga bulan.

Gerakan-gerakan yoga juga dapat membantu tubuh dan pikiran Anda untuk tenang sehingga juga membantu meredakan stress dan tekanan darah Anda.

8. Menurunkan Kadar Gula Darah

Yoga sangat baik untuk penderita diabetes, gerakan-gerakan yoga dapat menurunkan kadar gula darah dalam banyak cara, yoga dapat menurunkan kadar hormon kortisol penyebab stress, membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan sensitifitas tubuh terhadap insulin. Manfaat yoga diatas sangat efektif dalam menurunkan kadar gula darah dan menurunkan risiko komplikasi yang disebabkan oleh diabetes seperti penyakit jantung, gagal ginjal dan kebutaan.

9. Melatih Fokus

Manfaat penting yoga adalah membantu pikiran Anda fokus. Beragam penelitian menyebutkan bahwa rutin olahraga yoga dapat meningkatkan koordinasi tubuh dan pikiran, refleks tubuh, kemampuan memori otak bahkan dapat meningkatkan kecerdasan.

Yoga merupakan salah satu bentuk meditasi transcendental yang dapat membantu pikiran Anda tetap tenang dan meningkatkan kemampuan dalam menyelesaikan masalah, yoga dapat menyingkirkan gangguan-gangguan pikiran yang sering hinggap ketika Anda sedang menghadapi masalah.

10. Mengatasi Insomnia

Sering bedagang dapat menyebabkan beragam masalah kesehatan seperti hipertensi, obesitas dan depresi.

Yoga merupakan salah satu cara alami mengatasi insomnia dan meningkatkan kualitas tidur Anda.

Melakukan gerakan-gerakan yoga Asana, Yoga Nidra, Savasan, Pranayama dapat memberikan efek relaksasi pada sistem saraf Anda dan menenangkan tubuh dan pikiran Anda. Hal ini sangat baik untuk mengurangi gangguan tidur, meningkatkan kualitas dan durasi tidur Anda.

Dalam sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa yoga dapat meningkatkan sekresi hormon melatonin, melatonin merupakan hormon yang mengatur waktu tidur dan bangun tubuh Anda.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Yoga bagi Kesehatan Tubuh dan Pikiran Anda, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan fisik dan pikiran Anda dengan cara alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *