Membentuk Massa Otot

Membentuk Massa Otot

Jika ingin memiliki otot yang kekar dan perut Six Pack, olahraga merupakan hal utama yang harus Anda lakukan. Namun, asupan nutrisi juga turut membantu pembentukan otot tubuh Anda. Saat Anda berolahraga, massa otot Anda akan “pecah” dan untuk mengembalikan massa otot dibutuhkan protein.

Saat berolahraga, otot Anda akan mengirimkan sinyal ke otak untuk mengirimkan asam amino guna membentuk otot-otot baru yang lebih besar dan kuat. Asam amino sendiri merupakan protein yang diolah oleh tubuh yang didapat dari protein makanan yang Anda konsumsi.

Makanan Sumber Protein untuk Membentuk Massa Otot

1. Kacang Almond

Kacang almond memiliki kandungan alfatokoferol, yakni bentuk lain dari vitamin E yang lebih cepat diserap oleh tubuh. Vitamin E memiliki sifat antioksidan yang baik untuk mencegah radikal bebas setelah Anda berlatih di gym, sehingga pemulihan otot akan lebih cepat. Selain itu, vitamin E juga berguna untuk mencegah penyakit kulit.

2. Telur

Tidak diragukan, telur merupakan makanan sumber protein yang baik untuk membentuk otot Anda. Selain protein, kuning telur mengandung vitamin B12 yang diperlukan tubuh untuk memecah lemak dan membantu pembentukan otot. Kandungan nutrisi dalam telur lainnya adalah riboflavin, folat, vitamin b6, vitamin b12, zat besi dan fosfor.

3. Ikan Salmon

Ikan salmon kaya akan Protein yang baik untuk pertumbuhan otot dan lemak omega 3 yang dapat melindungi kerusakan otot selama berlatih. Dikutip dari asam lemak omega 3 juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke.

4. Daging Merah

Daging merah seperti daging sapi, daging kerbau dan daging kambing merupakan sumber zat besi dan seng, dua nutrisi yang dibutuhkan dalam membentuk otot. Selain itu, daging merah juga menagndung creatine yang dapat meningkatkan pasokan energi ketika Anda berlatih di gym.

5. Yogurt

Yogurt baik untuk pemulihan dan pembentukan otot Anda, menambahkan buah-buahan dalam yogurt untuk mendapatkan tambahan vitamin dan mineral yang dibutuhkan otot Anda. Kombinasi protein dan karbohidrat dalam yogurt juga baik untuk sistem pencernaan Anda.

6. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung lemak jenuh tunggal yang dapat mencegah kerusakan otot dengan menurunkan kadar tumor necrosis alfa yang sering dikatikan dengan pembuangan otot dan kelelahan.

7. Kafein

Kafein yang terdapat dalam kopi, teh dan coklat dapat membantu meningkatkan performa kalian, dalam beberapa penelitian disebutkian bahwa mengonsumsi kopi sebelum latihan dapat meningkatkan kemampuan tubuh. Selain itu, kandungan kafein dalam kopi juga membantu mencegah nyeri otot setelah latihan.

Air Putih

Materi otot manusia didominasi air sebanyak 80 persen, penyerapan protein dalam tubuh dapat bekerja maksimal bila otot cukup asupan air. Minum air sebanyak 2 liter sehari juga mengurangi risiko penyakit jantung hingga 54 persen.

Lantas Berapa protein yang dibutuhkan untuk mendapatkan otot yang ideal? Pertumbuhan otot yang baik hanya akan terjadi bila Anda mengonsumsi makanan tinggi protein diatas.

Mengutip dari Medical Daily, orang dewasa setidaknya membutuhkan 0,8 protein setiap kilogram berat tubuhnya. Jadi semisal Anda memiliki berat badan mencapai 70 kilogram, setidaknya harus mengonsumsi 56 gram protein harian.

Jika Anda rutin melakukan fitness setiap hari, sangat direkomendasikan untuk menggandakan asupan protein untuk memperbaiki otot yang rusak setelah olahraga.

Demikian artikel mengenai makanan sumber protein bagi Anda yang ingin membentuk massa otot Anda. Semoga menambah wawasan Anda dalam kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *