Kiat Menata Taman Minimalis

Kiat Menata Taman Minimalis

Kamu yang sedang berencana untuk membuat taman rumah wajib tahu beberapa konsep yang bisa diadopsi. Dari sekian pilihan gaya, salah satu yang banyak digunakan adalah konsep taman minimalis.

Seperti apa sebenarnya taman minimalis? Prinsipnya, taman bergaya minimalis merupakan konsep paling sederhana yang bisa kamu aplikasikan.

Jika kamu tertarik, simak kiat-kiat berikut ini untuk menata taman dengan gaya minimalis.

Apa Saja Kiat-Kiatnya? Check this out

1. Buat Batas Visual yang Jelas

Prinsip pertama untuk membuat taman minimalis adalah dengan memberikan batas yang jelas untuk tiap-tiap elemen. Kamu bisa memanfaatkan pagar atau dinding sebagai pembatas. Kamu bisa memilih untuk memakai pagar alami atau pagar buatan.

Jika kamu ingin membuat jalan di taman, gunakan batu koral untuk membedakan antara jalan dengan taman rumput.

Selain itu, tidak perlu menaruh terlalu banyak tanaman karena akan membuat halaman kamu terlihat ramai.

2. Adopsi Paduan Warna Netral

taman rumah
taman rumah unsplash.com

Perpaduan warna juga berperan penting untuk menonjolkan nuansa minimalis pada taman rumah. Pilih warna natural seperti hijau, coklat, atau hitam sehingga mudah dipadukan dengan unsur lainnya.

Kamu bisa mengkombinasikan berbagai warna dari bahan alam seperti abu-abu dari semen atau kuning kecoklatan dari batu alam dan hijau dari tanaman.

Sebagai contoh, perpaduan antara rimbunnya pohon bambu dengan tatanan batu alam semakin menonjolkan kesan alami pad ataman minimalis kamu.

Ditambah dengan hijaunya rerumputan, halaman jadi terlihat semakin asri.

3. Minimalisir Variasi Material

Taman bergaya minimalis tidak membutuhkan terlalu banyak material dan elemen di dalamnya. Hal ini bertujuan untuk memperkuat kesan sederhana dan elegan.

Sebagai contoh, kamu bisa menempatkan pohon pakis yang dikombinasikan dengan rumput jepang dan batu alam.

Perpaduan ini sudah dianggap cukup sehingga taman kamu tidak terlihat ramai dan berwarna warni.

4. Batasi Jumlah Tanaman

Sebagai elemen penting dalam sebuah taman, tanaman memegang peranan penting untuk menunjukkan sisi minimalis. Kamu perlu memperhatikan jumlah tanaman, cukup tiga atau empat jenis saja.

Jika lahan yang kamu miliki cukup luas, mengulangi pola peletakan lebih baik daripada harus menempatkan variasi tanaman lainnya.

Kamu tidak punya banyak waktu untuk merawat tanaman? Pilih jenis tanaman yang tidak membutuhkan banyak perawatan seperti soka dan sansiviera.

Kedua tanaman tersebut sangat mudah untuk dirawat karena kamu hanya perlu menyiramnya saat tanah sudah terlihat kering.

5. Tambahkan Elemen Air

tambahkan elemen air
unsplash.com

Selain berfungsi untuk memberikan efek sejuk dan menyegarkan, elemen air juga bisa digunakan sebagai ornamen. Ditambah lagi dengan suara gemericik air yang menenangkan, kamu dijamin betah untuk berlama-lama di taman.

Demi membuat kolam taman semakin indah, kamu bisa menambahkan hiasan bernuansa minimalis seperti pancuran. Bisa juga menambahkan teratai atau bambu air sebagai dekorasi tambahan.

6. Maksimalkan Setiap Elemen

Penting bagi kamu untuk memaksimalkan setiap elemen yang terdapat di dalam taman. Hal ini bisa memunculkan perpaduan yang indah jika kamu tahu bagaimana caranya.

Contohnya, rawat setiap tanaman yang kamu punya dan pastikan tanaman tersebut berada dalam kondisi terbaik. Jika tanaman membutuhkan pemotongan rutin, maka kamu tidak boleh melewatkannya.

Tanaman yang terawat akan nampak jauh lebih indah jika dibandingkan dengan tanaman yang dibiarkan tumbuh begitu saja.

Jadi, kamu sudah siap untuk menata taman minimalis di halaman rumah? Terapkan berbagai kiat yang telah dibahas di atas dan jangan ragu untuk menuangkan ide kreatifmu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *