Pesan Soekarno Untuk Indonesia

Pesan Soekarno Untuk Indonesia

Hingga kini, presiden Soekarno merupakan salah satu pahlawan yang paling melekat dalam jiwa orang-orang di Indonesia.

Bahkan hanya dari mengetahui kisah-kisah yang diceritakan dalam sejarah, orang Indonesia sudah pasti jatuh cinta pada sosok Soekarno.

Soekarno merupakan salah satu tokoh yang dikenang sebagai pahlawan yang berjuang untuk membela negara Indonesia dimulai dari penjajahan yang dilakukan oleh Belanda hingga Jepang.

Sosoknya yang cerdas, bijaksana, serta berwibawa membuat masyarakat Indonesia kagum terhadap beliau. Banyak motivasi yang membangun semangat pemuda Indonesia dari bapak proklamator tersebut.

Ingin tahu kata-kata bijak dari Soekarno yang bisa meningkatkan kualitas diri?

Silahkan simak ulasannya di bawah ini.

5 Pesan Soekarno untuk Pemuda

Berikut 5 pesan bapak Proklamator melalui kata-kata mutiara yang disampaikannya.

1. Bangsa yang Besar

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya”

Kalimat di atas merupakan salah satu kalimat penyemangat bagi masyarakat yang hidup setelah masa penjajahan.

Dimana pada masa penjajahan tersebut, semua elemen masyarakat diuji untuk terus berjuang dan melakukan perlawanan oleh Belanda dan Jepang.

Konsep nasionalisme juga disebarkan oleh Soekarno melalui kata-kata di atas untuk memberikan semangat perjuangan yang berkelanjutan kepada masyarakat.

Terdapat pepatah yang mengatakan “mendapatkan lebih mudah dari mempertahankan”. Dari kata-kata tersebut dapat disimpulkan melalui sikap nasionalisme yang kuat akan memberikan pengamanan sosial yaitu dari masyarakat sendiri.

2. Perjuangan Dulu dan Sekarang

“Perjuangan pada zamanku lebih mudah karena mengusir penjajah, namun perjuangan zamanmu akan lebih sulit karena melawan bangsa sendiri”

Setelah merdeka, tentu saja permasalahan bukan terletak pada penjajah yang mencoba merebut tanah air kita lagi.

Namun permasalahan seperti melawan bangsa sendiri ini dapat dijadikan suatu pengingat bahwa kita adalah satu bangsa, Indonesia. Tidak perlu mengesampingkan hal tersebut demi memperoleh hal yang fana.

Saat ini, banyak faktor yang menyebabkan bangsa Indonesia terpecah belah. Dimulai dari suatu perbedaan yang kemudian akan mengakibatkan permasalahan. Permasalahan ini dapat bervariasi, tergantung dari bagaimana suatu masyarakat dalam menanggapinya.

3. Kepercayaan Diri Suatu Bangsa

“Bangsa yang tidak percaya pada kekuatan diri sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai bangsa yang merdeka.”

Seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan negara dengan berbagai kekayaan baik dari segi sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang dapat dimanfaatkan.

Kepercayaan diri rakyat Indonesia perlu digali agar memperoleh kekuatan untuk melawan berbagai permasalahan yang ada di dalam maupun luar Indonesia.

Dalam kata-kata tersebut, Soekarno mencoba memberi pemahaman bahwa rakyat Indonesia harus memiliki kekuatan untuk memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki.

Seiring dengan kata-kata tersebut, beliau tidak memperbolehkan orang asing masuk dan berinvestasi di dalam negeri agar rakyat Indonesia sendiri yang melakukan pengolahan terhadap sumber dayanya.

4. Tentang Negara

“Tidak ada satu negara yang benar-benar hidup jika tidak ada seperti kuali yang mendidih, terbakar, dan jika tidak ada benturan keyakinan di dalamnya. “

Soekarno mengatakan ini sebagai salah satu penyemangat yang dilontarkan untuk masyarakat Indonesia yang tengah berjuang melawan penjajah.

Pada saat itu, tidak ada kepemilikan paling berharga kecuali kepercayaan yang dimiliki bangsa untuk merdeka.

Masyarakat pada saat itu tidak memiliki bekal yang cukup untuk berperang, namun karena kepercayaan merdeka lebih kuat dibandingkan dengan peralatan itu memberikan kekuatan yang besar untuk rakyat Indonesia agar bertahan.

Pada dasarnya, selalu ada penyemangat pada saat melakukan orasi atau perjuangan. Dalam hal ini, Soekarno sebagai salah satu tokoh yang berpengaruh demi kemerdekaan Indonesia memberikan kata-kata yang dapat membangkitkan semangat.

5. Jangan Lupakan Sejarah

“Jangan pernah melupakan sejarah, ini akan membuat dan mengubah siapa diri kita”

Sebagai salah satu negara yang pernah mengalami penjajahan, kita tentu mengetahui bagaimana rasa sakit yang dialami pada saat itu.

Mungkin sejarah bahwa kita merupakan negara yang dijajah tentu memberikan kesan yang tidak terlupakan yang akan bermanfaat bagi keputusan yang akan diambil di kemudian hari.

Adanya sejarah berkaitan dengan masa penjajahan ini akan melahirkan jiwa yang kuat untuk melalui berbagai permasalahan yang terjadi pada negara Indonesia. Dengan persatuan dan kesatuan ini tentu akan memberikan manfaat bagi bangsa dan negara.

Lima kata-kata bijak dari presiden Soekarno di atas akan menjadi pengingat bagi masyarakat Indonesia bahwa pada masa penjajahan terdahulu merupakan masa-masa yang berat namun sudah dilalui dengan baik.

Kerjasama antara tokoh besar dalam hal ini Soekarno bersama masyarakat memberikan dampak yang luar biasa hingga kini bisa memerdekakan Indonesia.

Untuk mengetahui pesan dari para tokoh dunia melalui kata-kata bijak lainnya silahkan kunjungi https://wisatanabawi.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *