Proses Melahirkan Bayi Normal

Proses Melahirkan Bayi Normal

Proses Melahirkan Bayi Normal – Proses Melahirkan Bayi Normal merupakan keinginan bagi setiap wanita yang sedang menanti-nanti kelahiran calon buah hati kita. Tidak heran jika banyak ibu yang cemas dan takut akan proses kelahiran buah hati kita. Sebenarnya ada metode untuk melahirkan yang lain selain melahirkan dengan normal, yaitu dengan operasi caesar, operasi caesar dilakukan jika terjadi masalah atau kelainan pada kesehatan sang ibu ataupun pada janin yang ada dalam perut. Jika kita melahirkan dengan normal pemulihan setelah persalinan akan lebih cepat dibanding dengan metode operasi caesar.

Proses melahirkan merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu  oleh ibu yang sedang hamil, apalagi jika ibu itu menginginkan proses melahirkan bayi normal, tetapi itu juga menjadi hal yang paling menakjubkan untuk seorang ibu. Jika sang ibu ingin melakukan proses melahirkan secara normal maka kita harus mengetahui tahapan melahirkan seperti apa, dan juga kita bisa mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan proses persalinan bayi.

Tahapan Proses Melahirkan Bayi Normal

Berikut ini adalah beberapa tahapan dalam Proses Melahirkan Bayi Normal yang dapat anda ketahui:

1. Tahap pembukaan

Tahap pembukaan ini adalah tahap yang cukup lama, biasanya kita harus menunggu 12 sampai 14 jam. Pada tahap ini mulut rahim akan menjadi tipis karena terjadi kontraksi pada rahim, agar bayi terdorong keluar jalan lahir. Tahap pembukaan ini telah lengkap jika sudah sampai 10 cm, yang berarti jalur lahir bayi telah siap untuk mengeluarkan buah hati kita.

Proses ini adalah masa yang cukup berat, menjelang tahap pembukaan terakhir kontraksi tersebut akan menjadi semakin kuat dan dalam tahap ini ibu akan merasakan sakit yang luar biasa,

2. Tahap pengeluaran bayi

Pada tahap ini, rasa sakit pada perut mulai stabil, kepala janin sudah mulai keluar. Dengan mengejan secara berangsur-angsur akan keluar bagian kepala bayi dan seluruh badan bayi. Dengan hal tersebut wajar adanya, karena menurut ibu proses melahirkan secara normal adalah pengalaman yang luar biasa dan seorang ibu.

Ibu merasa lebih sempurna dikala sudah merasakan proses melahirkan bayi dengan sempurna. Namun banyak juga ibu hamil yang cemas dan takut akan menjelang kelahiran buah hati kita, itu merupakan hal yang wajar karena proses melahirkan adalah proses yang sangat besar yang harus dilalui, dan itu merupakan taruhan nyawa karena sangat beresiko baik untuk ibu maupun untuk buah hati.

3. Tahap bayi sudah keluar

Setelah tahap pembukaan dan proses mengeluarkan bayi dari rahim si Ibu terlewati, artinya bayi sudah terlahir dengan normal. Kini tinggal penanganan terhadap bayi dengan memutus tali pusar yang masih tersambung dengan rahim ibunya. Dilanjutkan dengan tahapan membershkan bayi atau memandikan bayi agar bersih.

Untuk si Ibu sendiri setelah tahapan melahirkan normal, maka akan dilanjutkan dengan proses dijahitnya bagian yang biasanya sempat digunting untuk memperluas jalannya bayi keluar.

Dengan kita mengetahui proses melahirkan bayi normal, bunda bisa mempersiapkan diri, dan saat menjelang persalinan sebaiknya kita berdoa kepada Tuhan agar dalam proses persalinan berlangsung lancar dan dorongan dari suami dan keluarga juga bisa membantu untuk kita menjadi kita lebih tenang. Demikian Bunda, semoga artikel ini bermanfaat. Simak ulasan lebih detail tentang kehamilan di obatsakit.info.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *