Tips Agar Rumah Tangga Anda Harmonis

Tips Agar Rumah Tangga Anda Harmonis

Mempunyai keluarga yang sakinah, mawaddah, dan wa Rohmah,  adalah impian dari hampir setiap keluarga, tetapi apakah anda paham dengan ketiga kata itu ?. Sakinah berasal dari bahasa arab yang berarti damai, aman, tenteram, sedangkan mawaddah berarti saling mencintai, dan wa Rohmah yaitu kasih sayang.

Jadi setiap kita ucapkan kepada teman, saudara, atau keluarga yang menikah itu adalah sebuah do’a agar pasangan tersebut menjadi pasangan yang damai tenteram saling mencintai satu sama lain dan selalu berbagi kasih sayang dalam suka maupun duka.

Keharmonisan dalam rumah tangga didasarkan karena pasangan yang ikhlas menerima kelebihan maupun kekurangan dari masing-masing pasangan maka pernikahannya akan dipenuhi keberkahan dan kebahagiaan. Mempunyai harta yang berlimpah tidak menjamin sebuah kerharmonisan dalam rumah tangga, bahkan mereka yang sedang dalam kondisi sederhana sekalipun mereka tetap bahagia.

Persiapan pernikahan yang matang, Undangan pernikahan yang bagus, dekorasi pernikahan yang unik, hingga ucapan “sah” dari kedua orang saksi pada saat akad, itu semua juga tidak menjamin keharmonisan dalam rumah tangga yang sedang anda bangun. Berikut adalah beberapa tips rumah tangga agar bahagia dunia dan akhirat :

  1. Pasangan yang menikah berdasarkan dengan Agamanya

Setidaknya ada empat motif atau penyebab seorang lelaki menikahi wanita. Pertama karena hartanya, harta seorang kadang banyak kadang sedikit. Apabila seseorang menikah karena harta, suatu ketika hartanya akan habis sehingga pernikahannya pun berakhir.

Kedua, karena kedudukannya. Seseorang tidak selamanya mempunyai kedudukan, jika seseorang menikah karena kedudukan, itu pun bisa saja hilang, dan pernikahannya berakhir juga.

Ketiga, karena kecantikan, kecantikan seseorang ada batasannya juga, semakin lama kecantikan wanita akan semakin pudar karena mengalami penuaan. Dan keempat karena agamanya, karena jika seseorang menikah berdasarkan dengan agamanya maka Insya Allah pernikahannya akan langgeng selamanya.

  1. Waktu untuk keluarga

Banyak dari sekarang para orang tua sibuk mencari kekayaan duniawi, beranggapan jika banyak harta maka keluarga akan bahagia, tetapi semua itu salah besar. Pada dasarnya sebuah keluarga yang berkualitas adalah keluarga yang menghabiskan waktu bersama-sama dalam kondisi baik maupun susah.

Tinggalkan urusan pekerjaan saat berada di rumah, seperti halnya burung yang berangkat pagi pulang sore mencari nafkah untuk keluarganya, dan petang sampai malam ada waktu untuk keluarga, janganlah menjadi orang yang malah bekerja pagi pulang malam karena mencari lemburan, apalagi waktu akhir pekan digunakan untuk mencari tambahan sampingan.

  1. Sabar dan bersyukur

Di dunia ini memang tidak ada manusia yang sempurna, kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT. Pasangan yang saling melengkapi kekurangan satu sama lain adalah pasangan yang penuh keberkahan dalam keluarganya. Keberkahan keluarga dapat tercipta dari buah kesabaran dan bersyukur, bersabar dari setiap masalah yang dihadapi, dan bersyukur dari setiap kenikmatan yang diberikan Allah SWT.

  1. Menjaga shalat 5 waktu

Shalat adalah adalah sebuah kewajiban yang harus dikerjakan oleh setiap manusia jika ditinggalkan secara sengaja akan mendapatkan dosa. Apalagi anda adalah seorang kepala rumah tangga, maka hendaknya terus memberi semangat dan mengajak keluarganya untuk tetap istiqomah di jalan Allah SWT, terutama kepada anak laki-laki untuk diajak shalat di masjid sejak dini.

Shalat yang benar dapat menyebabkan hilangnya sifat terburuk manusia dan membuat hati menjadi tenteram. Jika ditambahkan dengan rutin membaca qur’an, hadir pada majelis ilmu, maka akan tercipta pondasi yang kuat untuk sebuah keluarga yang harmonis dunia akhirat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *