Perbedaan Xiaomi Redmi Note 5 pro Dan Xiaomi Redmi 5 Plus

Perbedaan Xiaomi Redmi Note 5 pro Dan Xiaomi Redmi 5 Plus

Tentu saja produsen handphone selalu berinovasi dan memberikan beragam pilihan kepada konsumen. Selain agar konsumen memiliki berbagai pilihan, inovasi tersebut juga sebagai daya tarik tersendiri agar pasar selalu diwarnai dengan barang baru dan konsumen tidak bosan dengan produk yang itu-itu saja. Dari konsumen sendiri juga menuntut untuk selalu ada perubahan pada setiap produk melalui feedback.

Xiaomi merupakan salah satu merk handphone dengan peluncuran seri yang cukup bervariasi. Setiap jenis handphone yang di produksi, Xiaomi paling tidak memproduksi 4 tipe atau seri yang berbeda. Salah satunya adalah Xiaomi Redmi note 5 pro dan Xiaomi Redmi 5 plus. Kedua handphone tersebut memang memiliki jenis yang sama yaitu Redmi, namun tipe dan seri mereka jelas berbeda.

Redmi Note 5 pro dan Redmi 5 plus tentu memiliki perbedaan pada setiap spesifikasi maupun tampilannya. Spesifikasi lengkapnya bisa dibaca disini. Meski kedua seri handphone tersebut memiliki tampilan yang bisa dikatakan hampir sama namun jika diperhatikan dengan lebih teliti ada beberapa fitur yang sangat berbeda pada kedua handphone yang diluncurkan pada bulan februari 2018 lalu.

Persamaan Spesifikasi dasar Xiaomi Redmi note 5 pro dan Xiaomi Redmi 5 plus

Dari segi desain Redmi plus 5 dan Redmi note pro 5 sama mengusung layar full screen dengan lebar layar dengan perbandingan rasio 18:9 sehingga layar terkesan penuh pada body bagian depan. Lebar 5,9 inci dengan resolusi 1080 x 2160 pixels. Desain body keduanya pun sama-sama dengan sudut yang dibentuk setengah lingkaran dan body yang sangat ramping dengan bobot hanya 180 gram saja.

Redmi plus 5 dan Redmi note pro 5 dilengkapi dengan layar corning gorilla glass dimana proteksi layar tersebut dapat mencegah goresan atau bekas gesekan pada layar handphone sehingga pengguna tidak perlu merasa khawatir bahkan tidak perlu memasang pelindung layar diluar pelindung layar bawaan. Tentunya dari desain dan perlindungan sudah memberikan kenyamana ekstra bagi para pengguna.

Sistem operasi keduanya juga sama-sama menggunakan MIUI 9 yang didukung dengan sistem operasi Android nougat 7.1.1, dimana sistem tersebut merupakan sistem yang terbaru yang diluncurkan Android. Redmi plus 5 dan Redmi note pro 5 juga dilengkapi dengan fitur finger prind di bagian belakang untuk melindungi data pengguna. Baterai yang dibekalipun sama-sama berkapasitas 4000 mAh.

Perbedaan Spesifikasi dasar Xiaomi Redmi note 5 pro dan Xiaomi Redmi 5 plus

Meski Xiaomi Redmi note 5 pro dan Xiaomi Redmi 5 plus masing-masing diluncurkan dengan 4 varian warna yang sangat menarik yakni black mate, blue light, pink, dan gold, namun jika kita melihat spesifikasi secara lebih intim lagi maka terdapat banyak sekali perbedaan. Tentunya perbedaan tersebut sangat memengaruhi harga pasaran kedua jenis handphone buatan Cina tersebut.

Dari bagian chipset, Redmi 5 plus dibekali dengan Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625 dengan unit pemroses grafik Adreno 506, sedangkan Redmi Note 5 pro dibekali dengan Qualcomm SDM636 Snapdragon 636 dengan unit pemroses grafik Adreno 509. Meski kedua jenis processor tersebut mengadopsi processor kelas menengah, namun Redmi Note 5 pro memiliki performa yang lebih unggul.

Komponen penyimpanan RAM dan storage, keduanya sama-sama diproduksi dengan kapasitas yang berbeda yakni Redmi plus 5 dengan RAM 3 GB/32 GB storage dan RAM 4 GB/32 GB storage sedangkan Xiaomi Redmi note 5 pro lebih unggul dengan dua pilihan yakni RAM 4 GB/64 GB stoage dan RAM 6 GB/62 GB storage. Apabila kapasitas tersebut dirasa kurang maka memori eksternal bisa ditambahkan.

Kapasitas kamera selain bisa dijadikan acuan dalam membedakan secara internal, desain kamera keduanya juga sangat berbeda. Redmi note 5 dilengkapi dengan dual kamera pada kamera belakang atau kamera utama dengan desain vertikal mirip seperti desain kamera i-phone x. Kamera utama atau masing masing memiliki kapasitas 12 MP dan 5 MP, sedangkan kamera depan sebesar 20 MP.

Redmi plus hanya single kamera pada kamera belakang dengan kapasitas 12 MP dan kamera depan atau kamera selfie dengan kapasitas 5 MP. Dari fitur yang ditanamkan pada setiap kamera kedua handphoen tersebut sama-sama memiliki LED flash baik kamera depan maupun kamera belakang. Keunggulan kamera Redmi note 5 pro paling nampak yakni mampu merekam video kualitas 1080p.

Dari segi harga juga sangat berbeda, jika Xiaomi Redmi 5 plus hanya di banderol dengan harga mulai dari 2 jutaan rupiah sedangkan Xiaomi Redmi note 5 pro mulai di banderol dengan harga 3 jutaan rupiah. Dari paparan diatas tentu dapat disimpulkan bahwa perbedaan pada keduanya lebih mencolok pada perbedaan internal. Perbedaan eksternal hanya dapat dilihat dari desain kamera belakang saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *