Apa Definisi Sukses? Ini Kunci Sukses Menurut Islam

Setiap orang pasti ingin memiliki hidup yang sukses, baik di dunia ataupun di akhirat. Nah, tentunya setiap orang juga memiliki definisi suksesnya sendiri-sendiri.

Ada yang sudah merasa sukses ketika bisa membeli rumah mewah, ada yang sudah merasa sukses mendapatkan pekerjaan yang diimpikan, ada yang sudah merasa sukses ketika memiliki keluarga yang harmonis dan lain sebagainya.

Lalu, bagaimana definisi tentang sukses itu sendiri? Dan bagaimana pandangan sukses menurut Islam?

Pengertian Sukses secara Umum

Sebenarnya, arti dari sukses itu sendiri melampaui definisi umum dari yang namanya kesuksesan. Kesuksesan tidak bisa diukur dari banyaknya uang yang didapat, gelar, jabatan atau bahkan menjadi kaya raya.

Namun, sukses adalah ketika seseorang bisa menjalani kehidupannya menjadi lebih baik dan maju jika dibandingkan dengan masa lalunya. Hal tersebut bisa dilihat dari seberapa banyak pencapaian yang telah didapatkan selama ini. Tentunya, pencapaian tersebut  bukan hanya soal harta, jabatan atau bahkan gelar saja.

Pengertian Sukses Menurut Islam

Lalu, bagaimana pengertian sukses menurut agama Islam? Menurut Islam, sukses adalah saat seseorang berhasil mewujudkan cita-cita dan mimpinya dalam hal kebaikan dengan rasa kebahagiaan baik di dunia atau bahkan di akhirat.

Jadi, definisi dari kesuksesan menurut Islam sendiri tidak hanya berputar pada dunia saja. namun, juga sukses di akhirat. Karena, kita hidup di dunia ini hanya sementara dan akan hidup di akhirat kelak dengan kehidupan yang lebih kekal serta abadi.

Di dalam HR Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni, dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’, disebutkan bahwa, “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.”

Apa Tujuan Hidup Di Dunia Menurut Islam?

Setiap orang pasti memiliki tujuan hidupnya masing-masing. Akan tetapi, dalam Islam dijelaskan bahwa tujuan hidup manusia di dunia ialah untuk beribadah kepada Allah SWT.

Tentunya, ibadah yang dilakukan tak hanya sekedar melaksanakan sholat saja. Namun, juga bisa melaksanakan ibadah lainnya seperti melaksanakan sedekah, berbakti kepada orang tua, menyantuni anak yatim, berbuat baik kepada orang lain dan masih banyak lagi.

Allah SWT bahkan sudah menjelaskan tujuan diciptakannya manusia di muka bumi dalam surat Adz Dzariyat ayat 56, yang artinya:

“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.” (QS. Adz Dzariat: 56).

Kunci Sukses Menurut Islam

Dalam Islam, sudah diajarkan bagaimana cara meraih kesuksesan dunia dan akhirat dengan menggunakan 3 kunci sukses yang dikutip dalam Dakwahdaily.com berikut ini.

1. Beriman Kepada Allah SWT

Beriman kepada Allah SWT merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap muslim. Dengan menjalankan setiap ajaran-Nya dan menjauhi larangan-Nya hal tersebut adalah salah satu bukti bahwa kita adalah manusia yang dicintai oleh Allah SWT.

Tentunya, ketika Allah sudah cinta kepada umat-Nya, mudah bagi Allah untuk memberikan apa yang mereka inginkan.

2. Berikhtiar

Selanjutnya, berikhtiarlah agar Anda bisa mencukupi kehidupan di dunia. Namun, jangan terlalu berlebihan. Hal tersebut bisa membuat Anda terlalu berambisi untuk mendapatkan pencapaian dunia dan lupa beribadah kepada Allah SWT.

3. Bersyukur

Nah, hal inilah yang selalu dilupakan oleh banyak orang. Mungkin, sebagian dari mereka akan bersyukur saat diberi rezeki yang banyak oleh Allah.

Namun, mereka lupa bersyukur dengan harta yang sedikit. Padahal dengan banyak-banyak bersyukur, maka Allah akan menambah nikmat kepada umatnya yang senantiasa bersyukur.

Setiap orang memang memiliki definisi suksesnya sendiri-sendiri. Namun, seseorang yang benar-benar sukses adalah ia yang bisa bermanfaat bagi orang lain sehingga ia bisa mendapatkan kesuksesan di dunia sekaligus di akhirat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *