Aplikasi Android yang Dimodifikasi

Aplikasi-Modifikasi-di-Android

Aplikasi Modifikasi atau aplikasi MOD saat ini sudah banyak digunakan oleh para pengguna ponsel Android.

Alasannya, aplikasi jenis ini biasanya punya banyak kelebihan daripada aplikasi resmi.

Tapi tahukah Anda, menggunakan aplikasi mod ternyata punya dampak buruk terhadap Smartphone.

Dan yang biasanya terjadi, Smartphone yang di dalamnya ter-install aplikasi mod akan rentan terjangkit virus hingga pencurian data.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh tentang aplikasi mod dan apa saja dampak buruk yang bisa ditimbulkannya, mari simak dulu ulasannya berikut ini.

Apa itu Aplikasi Mod?

Secara sederhana aplikasi mod bisa diartikan sebagai aplikasi yang sudah dimodifikasi.

Modifikasi ini dilakukan untuk berbagai tujuan misalnya membuat aplikasi yang sebelumnya berbayar menjadi gratis, atau untuk menambahkan fitur baru yang tidak tersedia pada aplikasi resmi.

Untuk tujuan penambahan fitur baru inilah, banyak pengembang yang melakukan berbagai perubahan pada aplikasi aslinya.

Berikut beberapa aplikasi Android yang sudah dimodisikasi.

Aplikasi Android Yang Sudah di Modifikasi (MOD)

Akhir-akhir ini yang sedang booming dan viral adalah adanya aplikasi yang di modifikasi dari aplikasi aslinya dan bahkan lebih terkenal dari aslinya.

Aplikasi yang di modifikasi itu adalah aplikasi WhatsApp. WhatsApp sebagai aplikasi Android untuk chatting yang mendukung video call sudah menjadi aplikasi wajib bagi penggunna smartphone.

Banyak jenis dari whatsApp yang sudah di modifikasi. Berdasarkan ulasan yang kami kutip dari baguspedia.com, terdapat 19 lebih jenis aplikasi WhatsApp Mod ini.

Kita bisa ambil contoh beberapa aplikasi WhatsApp Mod yang saat ini banyak beredar dan di download banyak pengguna smartphone seperti WhatsApp Plus, GBWhatsApp dan YOWhatsApp.

Nah untuk WhatsApp MOD sendiri, saat ini jenisnya sangat banyak dan bisa Anda dapatkan di situs-situs penyedia aplikasi mod.

Namun selain WhatsApp, saat ini sudah banyak aplikasi berbasis Android yang sudah di modifikasi juga.

Beberapa diantaranya yang kami temukan yaitu:

  1. iQur’an Pro
  2. iPingPong 3D
  3. iReader
  4. BlackBerryMessenger
  5. Youtube Downloader
  6. PicSay Pro
  7. KineMaster
  8. OfficeSuite Viewer
  9. Google Maps
  10. Camera Pro

Selain aplikasi-aplikasi di atas tentunya masih banyak aplikasi Android yang sudah dimodifikasi.

Bahaya Menggunakan Aplikasi Mod

Setelah mengetahui apa itu aplikasi mod dan contoh-contoh aplikasi yang sudah dimodifikasi, selanjutnya mari ketahui apa saja kerugian atau bahayanya jika Anda menggunakan aplikasi mod.

Hal ini kami tulis bukan untuk menakut nakuti Anda. Tapi agar Anda bisa menimbang baik buruknya sebelum memutuskan untuk meng-install aplikasi mod pada Smartphone Anda.

Berikut ini beberapa dampak buruk menggunakan aplikasi modifikasi:

1. Rentan di-banned

Google ternyata selalu memantau aktifitas para pengguna lewat akun Google yang terhubung dengan perangkat Android mereka.

Jika pengguna ketahuan sering menggunakan aplikasi mod, maka sewaktu-waktu pihak Google bisa mem-banned akun Google pengguna.

Hal ini tentunya merupakan sebuah kerugian karena pengguna tidak akan diizinkan lagi untuk mengakses produk-produk Google seperti Google Chrome, GMail, atau Google Drive.

2. Iklan Yang Mengganggu

Developer aplikasi mod biasanya akan mengambil keuntungan dengan cara memasang iklan pada aplikasi yang mereka modifikasi.

Kalau sudah begini, siap-siap saja aktifitas Anda akan sangat terganggu karena banyaknya iklan yang muncul saat menggunakan aplikasi mod tersebut.

3. Pencurian Data

Mengingat aplikasi mod ini dibuat oleh developer pihak ketiga yang keberadaannya tidak jelas, maka bisa saja mereka menanam kode-kode rahasia yang ditujukan untuk mencuri data-data pribadi pengguna.

Dan Seperti kita ketahui, saat ini sudah sering terjadi penyalahgunaan data pribadi pengguna yang secara diam-diam diambil oleh hacker.

Bisa jadi hacker itu adalah si developer pembuat aplikasi mod. Atau kalau tidak, bisa jadi sang developer lupa atau sengaja menyisakan lubang kemanan yang sewaktu-waktu bisa dimasuki oleh para hacker.

4. Ancaman Virus

Momok menakutkan bernama virus bisa saja menjangkiti ponsel Anda setelah meng-install aplikasi mod.

Dan sekali lagi, hal ini sangat bisa terjadi karena kita tidak pernah tahu tujuan sebenarnya dari pembuatan aplikasi mod.

Ya, aplikasi mod memang secara umum membawa fitur-fitur baru. Tapi di sisi lain, fitur-fitur tersebut bisa saja hanya sebuah akal bulus guna menyembunyikan keberadaan virus pada aplikasi.

5. Melanggar Hak Cipta

Dari semua bahaya yang bisa ditimbulkan aplikasi mod, poin kelima ini mungkin yang paling menakutkan.

Karena pada dasarnya, aplikasi mod bisa dikatakan sebagai aplikasi ilegal atau bajakan yang penggunanya sewaktu-waktu bisa dituntut oleh pengembang resmi dengan alasan pelanggaran hak cipta.

Penutup

Demikianlah ulasan tentang pengertian aplikasi mod dan bahaya apa saja yang bisa ditimbulkannya.

Sekali lagi, tulisan ini bukan bertujuan untuk melarang Anda menggunakan aplikasi mod. Tulisan ini murni hanya sharing pengetahuan agar Anda bisa mengambil keputusan secara bijaksana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *