5 Aplikasi Kompre PDF

Aplikasi-Kompress-PDF

Saat kamu mengunggah file PDF di internet biasanya ada yang mengalami kendala tidak bisa uplaod karena ukuran PDF terlalu besar.

Misalnya, lebih dari 10mb, 5mb, atau 2mb.

Untuk memenuhi ini, maka diperlukan aplikasi lain guna menurunkan ukuran dari file PDF tersebtu tanpa merusak konten PDF tersebut.

#1 iLovePDF

Platform: Android

Bila versi website, kamu mungkin pernah menemukan website ilovepdf.com. Nah, selain website ternyata apps ini juga tersedia dalam bentuk aplikasi android.

Jadi, kamu tinggal menuju PlayStore, lalu mencari iLovePDF dan mengunduhnya.

Untuk memulai kompres PDF, tinggal pilih menu compress lalu pilih filenya. Tunggu hingga selesai. Kemudian download.

Menariknya lagi, pada iLovePDF tidak hanya tersedia fitur untuk kompres namun juga terdapat fitur merge, split, PDF to JPG, protect PDF, Sign PDF, dan fitur essential lainnya.

Hanya sekali download kamu bisa menggunakan ragam fitur yang berhubungan dengan PDF.


#2 PDF Compressor

Platform: Desktop

Lalu, beralih ke aplikasi atau software untuk desktop. Kamu bisa menggunakan PDF Compressor. Tampilan dari aplikasi ini cukup sederhana dengan beberapa button untuk proses compress PDF.

Caranya: 1. Tekan add untuk menambahkan file; 2. Pilih file kamu; 3. Tekan start untuk memulai prosesnya.


#3 PDF Utils

Platform: Android

Pilihan berikutnya untuk platform android adalah PDF Utils. Dengan berbagai fitur PDF yang dapat dinikmati secara gratis. Namun, terdapat iklan yang muncul di dalam aplikasi.

Cara menggunakannya cukup gampang, 1. Buka aplikasi PDF utils; 2. Pilih compress PDF; 3. Pilih file yang hendak dikecilkan ukurannya.

Bedanya dengan iLovePDF, apa?

Sekilas dari sisi tampilan iLovePDF lebih unggul karena lebih modern. Sementara itu, dari sisi fungsionalitas tidak jauh berbeda.


#4 PDF Compressor – Compress PDF File Size

Platform: Android

Tak kalah menarik dan kece dibanding iLovePDF, PDF compressor juga dapat digunakan.

Menariknya dibanding aplikasi lain ialah adanya pilihan hasil dari proses kompres, low, standar, atau high. Selain itu, settingan berikutnya adalah resolusi dan warna PDF.

Sehingga dengan aplikasi ini kamu bisa melakukan proses kompres pdf sesuai keinginan dengan memilih kualitasnya.

Apabila kamu ingin hasil PDF dengan ukuran seminimal mungkin, pilih quality low dan resolusi yang cukup rendah juga.

Namun, apabila ingin mengecilkan ukuran PDF namun tetap mempertimbangkan kualitas hasil compress, pilihan standar lebih tepat.

Setelah settingan tersebut selesai, maka klik convert.


#5 Adobe Acrobat Reader

Platform: Android, iOS, dan Desktop

Rekomendasi terakhir yang dapat dicoba adalah Adobe Acrobat Reader. Aplikasi ini tidak hanya tersedia dalam bentuk aplikasi HP saja, namun juga laptop.

Namun, beda dari aplikasi lain yang fitur kompres PDFnya gratis. Pada Adobe Acrobat kamu harus membayar terlebih dahulu untuk menggunakan fitur ini.

Dibalik berbayar tersebut tentu ada kelebihan sendiri yang membuat hasil dari kompres lebih berkualitas namun ukuran filenya tetap kecil.

Keunggulan lainnya adalah terkoneksi dengan internet (cloud) sehingga dokumennya dapat kamu akses baik pada HP, Laptop, atau Komputer.

Demikianlah rekomendasi dari kami mengenai 5 aplikasi yang dapat digunakan untuk kompres PDF agar ukuran (file size) lebih kecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *