Aplikasi Pembuat Website

Seperti yang kita ketahui bersama, internet telah tumbuh dan berkembang menjadi suatu komunitas maya di mana Anda bisa mendapatkan apa saja, tak terkecuali profit dari bisnis yang Anda kelola sekalipun.

Banyak cerita sukses dari para pebisnis yang mengawali karirnya dari internet. Sebut saja misalnya Jack Ma, pendiri Alibaba.com. Ia berhasil menggabungkan peluang bisnis, baik itu secara offline maupun online untuk memaksimalkan profit perusahaannya.

Dan menariknya, apa yang dilakukan oleh Jack Ma itu berawal dari sebuah website. Apa itu website? Melansir dari Ubixlo, website adalah kumpulan halaman yang berisi suatu informasi dengan bentuk platform digital.

Zaman sekarang membuat website bukanlah suatu hal yang rumit, sebab ada beragam aplikasi pembuat website yang dapat Anda manfaatkan dalam merancangnya.

Berikut adalah 7 pilihan aplikasi pembuat website terbaik yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.

Aplikasi Pembuat Website Terbaik

1.WordPress

WordPress adalah aplikasi populer yang paling banyak digunakan dalam membuat website. Terdapat dua opsi yang bisa Anda gunakan dalam membangun website menggunakan WordPress, yaitu WordPress Instan dan WordPress Install/CMS. 

WordPress Instan dapat dimanfaatkan untuk membuat blog secara langsung dari situsnya, yaitu WordPress.com. Sedangkan WordPress Install/CMS dapat dimanfaatkan untuk membuat blog dengan cara mengunduh dan menginstall lalu memulai merancang sebuah website.

2.Adobe Dreamweaver

Diurutan ke-2 ditempati oleh aplikasi Adobe Dreamweaver. Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi yang cukup banyak direkomendasikan. 

Pasalnya, aplikasi ini dibekali dengan beberapa fitur menarik, seperti editor WYSIWYG yang bisa menampilkan hasil editing secara langsung, kompatibilitas aplikasi dengan sistem operasi Mac OS maupun Windows fleksibilitas bahasa pemrograman untuk menulis PHP, JavaScript, HTML, CSS, JSP, XML, dan bahasa pemrograman lainnya.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan user untuk mengatur tata letak serta desain template untuk platform WordPress, Drupal, dan Joomla.

3.PageBreeze

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, PageBreeze lebih mengutamakan kemudahan dan kesederhanaan interface pengguna.

Selain itu, PageBreeze juga memiliki fitur WYSIWYG, dimana Anda bisa langsung mengedit sekaligus melihat langsung hasil yang sedang dikerjakan.

Fitur-fitur unggulan dari PageBreeze diantaranya meliputi, mode pratinjau, integrasi internal dengan basis data, memiliki ratusan template website gratis, fitur pembuatan form, daftar sumber kode warna, dan masih banyak lagi.

4.Bluefish Editor

Selanjutnya ada aplikasi pembuat website yang bernama Bluefish Editor. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur unggulan dari segi autocomplete, syntax, resource yang ringan, serta berjalan cross platform.

Namun sayangnya, aplikasi ini masih jarang dipakai oleh web developer. Salah satu penyebabnya, yakni Bluefish Editor masih kalah pamor dengan editor programming berbasis GUI yang ada dipasaran.

5.InVision Studio

Invasion Studio adalah salah aplikasi pembuat website yang dibekali dengan banyak fitur unggulan, sehingga tidak heran jika aplikasi banyak diminati oleh programmer ataupun web developer.

Salah satu fitur unggulan dari aplikasi Invasion Studio adalah adanya layout engine yang secara otomatis dapat menyesuaikan tampilan desain website pada layar desktop, tablet, maupun smartphone.

6. CoffeeCup HTML Editor

Aplikasi lainnya yang dapat Anda manfaatkan dalam membuat website adalah CoffeeCup HTML Editor. Aplikasi ini sepenuhnya bersifat gratis, namun memang tidak memiliki fitur yang lengkap untuk menunjang kebutuhan web developer.

Akan tetapi disisi lain CoffeeCup HTML Editor sendiri masih cukup layak untuk digunakan sebagai software untuk membuat website modern dan kekinian.

7. KompoZer

Terakhir, aplikasi ini bernama KompoZer. Jika Anda seorang programmer pemula dan tidak ingin ribet mempelajari kode HTML, maka KompoZer bisa menjadi pilihan terbaik untuk menciptakan desain website sesuai keinginan.

Beberapa fitur yang disuguhkan aplikasi ini pun cukup menarik, seperti markup cleaner, resize table, FTP situs manager Tab dan CSS Editor.

Kini Anda tidak perlu kebingungan lagi mencari cara alternatif pembuatan website. Dengan adanya aplikasi pembuat website yang dapat Anda gunakan secara gratis, Anda bebas mengkreasikan ide website idaman versi Anda sendiri. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *