Aplikasi Screenshot Terbaik untuk PC dan Laptop

Saat ini fitur screenshot sudah mulai banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Ketika hendak mengabadikan momen atau informasi yang ada di layar PC anda, pasti anda memerlukan sebuah aplikasi perekam layar PC atau screenshot.

Terdapat banyak metode jika ingin mengambil screenshot pada windows. cara yang paling mudah tinggal pencet tombol PrtScn pada keyboard pc anda, lalu tinggal paste ke aplikasi editor seperti paint. Namun, metode seperti ini mempunyai batasan.

Jika anda ingin mengambil screenshot pada area tentu pada layar pc, memberinya simbol, menambahkan teks atau quotes, dan atribut lainnya, maka hal tersebut hanya bisa dikerjakan melalui bantuan aplikasi.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan rekomendasi mengenai aplikasi screenshot pada pc. Terdapat banyak aplikasi screenshot laptop yang bisa anda gunakan, ada yang berbayar dan gratis. Untuk kebutuhan non komersial, menggunakan aplikasi gratisan sudah cukup.

5 Aplikasi Screenshot PC Terbaik

1. Snipping Tool

Sebenarnya dari windows sendiri telah menyediakan aplikasi yang dapat digunakan untuk mengcapture gambar pada layar pc anda. Aplikasi ini sudah ada sejak dari Windows Vista, namun nyatanya masih banyak orang yang belum tahu akan keberadaan aplikasi ini.

Snipping Tool dapat dipakai untuk mengambil screenshot pada area bebas, pada jendela layar yang sedang aktif, tangkapan layar penuh.

2. Lightshot

Aplikasi screenshot pc yang selanjutnya adalah, Lightshot. Aplikasi ini dapat membantu anda dalam melakukan screenshot pada layar pc anda. Salah satu fitur unggulannya, yakni anda dapat mengeditnya langsung hasil capture-an sebelum disimpan dalam folder komputer. 

Anda bisa menambahkan simbol, tanda panah, tulisan, dan garis.Jika anda tidak ingin menyimpannya dalam folder komputer, anda bisa membagikannya langsung ke sosial media atau diunggah ke server. 

Lightshot adalah aplikasi freeware yang artinya dapat anda gunakan secara gratis. Untuk saat ini aplikasi ini tersedia pada OS Windows 10, 8, 7, Mac, Linux, dan Google Chrome.

3. ScreenTake

Aplikasi ini dapat memungkin anda untuk mengambil screenshot di area mana saja yang ada pada layar laptop dengan menggunakan bantuan shortkey tombol keyboard laptop. Hanya dengan sekali sentuhan, gambar sudah tercapture.

Gambar hasil tangkapan layar dapat langsung diedit menggunakan editor bawaan ScreenTake, anda dapat menambahkan berbagai macam atribut, seperti arah panah, garis, text, menambahkan efek blur, dan masih banyak lagi.

Nah, kelebihan aplikasi ini dan membedakan pada aplikasi screenshot pc lainnya yaitu, terletak pada fitur bawaan bernama smart sensing dan multi monitor. Fitur tersebut dapat memungkinkan anda untuk mengambil screenshot dari beberapa jendela sekaligus. Fitur ini sosok bagi anda yang bekerja dengan banyak aplikasi sekaligus ingin mendokumentasikannya tanpa harus screenshot satu per satu. 

4. Snipaste

Satu lagi aplikasi yang bisa anda jadikan alternatif pilihan sebagai aplikasi untuk screenshot pada layar pc Windows yaitu, Snipaste. Aplikasi ini merupakan freeware yang artinya dapat anda pakai secara gratis, atau bisa langsung mengunduhnya di Microsoft Store bagi anda yang sudah compatible dengan Windows 10.

Cara kerja Snipaste hampir mirip dengan aplikasi ScreenTake, anda tinggal mengatur hotkey sesuai dengan keinginan, jadi ketika ingin screenshot layar pc tinggal menekan tombol hotkey pada keyboard otomatis tampilan yang ada di layar pc bakal tersimpan.

Snipaste didesain dengan tampilan yang sederhana, sehingga mudah untuk dipahami dan cukup ringan jika di jalankan pada pc dengan spesifikasi rendah tanpa mengganggu kinerja aplikasi lainnya. Snipaste dapat digunakan pada OS Windows 10, 8, 7, dan XP, juga terdapat versi portable yang bisa anda gunakan tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu. 

5. Snip & Sketch

Satu lagi, aplikasi bawaan besutan dari Windows yang dapat membantu anda untuk screenshot layar pc, namun kali ini khusus bagi pengguna Windows 10, yaitu Snip & Sketch. Aplikasi ini digadang-gadang bakal menggantikan aplikasi pendahulunya, Snipping Tool. Fitur dan fungsinya juga tidak terlalu jauh berbeda.

Untuk dapat menggunakan fitur ini terbilang cukup mudah, anda cukup memencet tombol Windows+Shift+S pada keyboard, nantinya bar untuk mengambil screenshot langsung otomatis muncul. Tinggal tentukan area yang ingin di-screenshot. 

Nantinya hasil tangkapan layar bakal langsung tersimpan di aplikasi editor. Dari sana anda dapat mengedit hasil screenshot seperti menambahkan teks, garis, simbol, arah, dll. Aplikasi ini cocok bagi anda yang sesekali mengambil screenshot tanpa harus menginstall aplikasi tambahan.

Nah, itu tadi deretan aplikasi screenshot layar Laptop/PC terbaik versi kami. Daftar ini akan selalu kami update terus jika menemukan aplikasi serupa yang bagus. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *