Cara Berbisnis Jual Beli Motor Bekas

Cara-Berbisnis-Jual-Beli-Motor-Bekas

Siapa yang saat ini tidak memiliki motor? Kendaraan roda dua ini hampir dimiliki oleh semua kalangan masyarakat. Mulai dari pedesaan sampai perkotaan, kendaraan ini menjadi transportasi utama hampir 70% masyarakat.

Dilihat dari kebutuhan akan motor, permintaan akan kendaraan roda dua ini sangat tinggi khususnya untuk masyarakat ekonomi menengah.

Artinya peluang untuk menjual motor baru dan motor bekas amatlah terbuka lebar.

Untuk sukses dalam terjun dalam bisnis ini sangat bisa, tetapi jangan lupa Anda harus tahu terlebih dahulu tips-tips bisnis seperti bahasan di Bisabisnis.id, sehingga Anda tidak binggung bagaimana cara untuk berbisnis jual beli motor bekas yang tepat.

Cara Berbisnis Jual Beli Motor Bekas Yang Sukses

1. Pelajari Pasaran Motor Bekas

  • Pelajari jenis motor yang banyak diminati

Untuk mempelajari hal ini, anda bisa mencari info dengan search di marketplace seperti olx atau bisa mencari info dari lingkungan pebisnis di sektor penjualan roda dua. Pelajarilah jenis motor yang fast moving atau cepat dijual.

  • Pelajari harga motor fast moving

Untuk unit yang fast moving atau paling banyak terjual, pelajari harganya. Anda bisa melihat harga di OLX,  atau toko onnlien lainnya mengenai berapa rata rata harga untuk jenis motor tersebut. Dengan begitu, Anda akan mengetahui rata-rata harga yang beredar di pasaran.

2. Teliti Dalam Membeli Motor

  • Test Drive Motor

Lakukan test drive, dan rasakan unit motor tersebut seperti kehalusan bunyi mesin. Rasakan mesin motor tersebut, kondisi ban, dan  perhatikan body maupun rantai. Sehingga, Anda tahu bagiaman kualitas dari motor yang akan Anda beli ini.

  • Periksa Kelengkapan Motor

Periksa kelengkapan motor yang standar seperti : rem, jenis knalpot, ban, spion. Lebih baik pilihlah yang mempunyai kelengkapan yang standar dan jangan yang hasil modifikasi, karena anda harus mengembalikan ke setingan standar.

  • Jangan Membeli Motor Rusak Parah

Jangan membeli motor yang rusak parah, hal ini karena hanya akan membuat  Anda harus banyak melakukan perbaikan dan tentunya  memerlukan waktu yang lama untuk memperbaikinya.  Tentu ini, sangat merugikan Anda, bukan?

3.  Cek Kelengkapan Surat Kendaraan dan Pajak Kendaraan

Lakukanlah  pengecekan surat kendaraan sepert STNK dan BPKB. Periksa juga masa pajak kendaraan. Jika pajak tertunggak, Anda perlu biaya untuk memperpanjang pajak dan ini hanya akan memperkecil keuntungan yang Anda dapatkan.

4.  Cara Membeli Motor Untuk Jualan Kita

  • Carilah ke perseorangan yang butuh uang
  • Membeli melalui olx
  • Membeli motor lelang di Balai Lelang

5.  Strategi Penjualan

  • Jangan berfikir untuk untung besar

Janganlah mematok harga yang terlalu tinggi untuk mengejar untung besar. Makin tinggi harga dan tidak sesuai dengan harga pasar akan membuat motor lama terjual. Lebih baik untung tidak besar, tetapi cepat terjual.

  • Pasarkan di marketplace

Cobalah untuk memasarkan di marketplace seperti OLX atau marketplace lainnya . Selain praktis, banyak pembeli motor sudah melek teknologi dan mulai mencari motor disana. Apalagi saat ini hampir sebagian besar memiliki smartphone untuk media komunikasi

  • Kerjasama dengan showroom

Anda bisa kerjasama dengan showroom untuk titip jual di showroom motor bekas. Showroom biasanya sudah mempunyai pasar dan langganan sehingga barang kita terjual lebih cepat.

Jika kini Anda sudah memiliki modal cukup  dan kemampuan yang memadai untuk memulai bisnis motor bekas, artinya Anda tidak perlu menundanya lagi. Segera ikuti cara berbisnis jual motor bekas di atas tadi, sehingga rencana maupun realisasi usaha Anda semakin matang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *