Cara Masuk Safe Mode Windows 10

Cara Masuk Safe Mode Windows 10

Safe mode merupakan kondisi dimana sistem operasi berjalan dengan fitur terbatas, biasanya hanya file-file ataupun driver penting saja yang diaktifkan. Bukan hanya itu, aplikasi-aplikasi tambahan yang pernah diinstall juga tidak akan diaktifkan.

Bagi yang belum tahu, safe mode sering digunakan ketika hendak melakukan troubleshoot permasalahan komputer, menghapus virus, ataupun memeriksa kerusakan driver dan lainnya.

Untuk masuk safe mode, kita bisa menggunakan tombol F8. Tombol tersebut ditekan ketika proses booting Windows. Namun, cara ini sudah tidak bisa digunakan pada Windows 10 karena prosedurnya sudah diganti.

Bagi yang belum tahu, mungkin akan kebingungan ya ketika ingin masuk safe mode di Windows 10. Tapi tenang saja, kami sudah mengutip caranya dari blog charis.id yang mudah dipraktikkan untuk pemula.

Untuk masuk safe mode Windows 10, Anda bisa melalui advanced startup, system configuration tool, maupun menggunakan tombol keboard. Namun sebelum itu, tidak ada salahnya mengetahui macam-macam safe mode.

  • Safe Mode : Komputer dinyalakan, namun Windows tidakmengaktifkan driver hardware tertentu, hanya driver tertentu saja yang diaktifkan.
  • Safe Mode with Networking : Mode ini hampir sama dengan safe mode, namun fitur networking diaktifkan sehingga Anda bisa menggunakan jaringan untuk melakukan backup ataupun mengunduh driver untuk melakukan update.
  • Safe Mode with Command Prompt : Komputer dinyalakan di mode DOS di Windows dan menggunakan file konfigurasi dasar.

Baiklah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk masuk safe mode pada Windows 10.

1. Advanced Startup

Sejak update sistem operasi Windows 8, advanced startup merupakan salah satu cara yang sering digunakan untuk masuk safe mode. Fitur ini memang sengaja disediakan agar memudahkan pengguna.

Untuk menggunakan advanced startup, kita hanya perlu melakukan beberapa langkah di bawah ini:

1. Pertama, silahkan masuk ke Setting atau bisa juga dengan menekan tombol Windows+I pada keyboard.

2. Jika sudah, klik Update & Security lalu pilih Recovery seperti gambar di bawah ini. Jika sudah masuk Recovery, silahkan klik Restart Now.

cara masuk safe mode windows 10

3. Selanjutnya, Anda hanya perlu memilih menu-menu berikut secara berurutan > Troubleshoot > Advanced Option > Startup Setting > Restart.

4. Setelah Windows 10 melakukan restart, maka Anda akan disuguhkan dengan startup settings seperti gambar di bawah ini. Jika ingin masuk safe mode, maka tekan tombol F4.

safe mode windows 10

5. Tunggu proses booting selesai.

2. System Configuration Tool

Cara kedua yang bisa Anda gunakan adalah system configuration tool. Cara ini bisa dikatakan mudah karena Anda hanya perlu mengatur beberapa pengaturan saja.

Bagi yang ingin mencoba cara ini, silahkan ikuti langkah berikut:

1. Silahkan masuk ke system configuration tool dengan Run, tekan tombol Windows+R lalu ketikkan msconfig dan tekan tombol Enter.

2. Setelah itu, masuk ke tab Boot lalu centang Safe Boot.

Pada gambar di atas terdapat beberapa pilihan boot options yaitu minimal, alternate shell, active directory repair, dan network. Bagi yang belum paham, simak penjelasan berikut ini:

  • Minimal: Menjalankan safe mode dengan driver dan beberapa service penting saja.
  • Alternate shell: Menjalankan safe mode dengan command prompt, jadi tampilannya hanya CMD saja, biasanya mode ini dipilih ketika hendak menuliskan perintah.
  • Active directory repair: Menjalankan safe mode dengan memberikan akses informasi lengkap pada komponen komputer. Mode ini biasanya dipilih ketika hendak memperbaiki hardware yang gagal install.
  • Network: Menjalankan safe mode dengan driver dan service untuk mengakses jaringan.

3. Jika boot options sudah Anda tentukan, silahkan klik Ok dan lakukan restart pada laptop.

Nah, sekarang Anda sudah bisa menggunakan Safe Mode untuk mengatasi laptop tidak bisa masuk Windows ataupun permasalahan lainnya.

Demikianlah cara masuk safe mode Windows 10. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *