Cara Membuat Label Undangan Pernikahan

cara membuat label undangan pernikahan

Undangan pernikahan menjadi salah satu hal yang cukup penting dari pergelaran acara pernikahan.

Bagaimana tidak, melalui undangan, biasanya akan tercermin pernikahan yang akan digelar.

Semakin mewah pernikahan, biasanya undangan yang dicetak juga akan mewah juga. Untuk itulah label undangan juga menjadi salah satu hal yang cukup penting.

Berikut cara membuat label undangan pernikahan yang mudah serta penjelasan singkat mengenai kolom label detail dan tips mencetak.

Langkah Membuat Label Undangan Pernikahan

1. Buat Daftar Undangan

Langkah pertama sebagai cara membuat label undangan pernikahan tentu saja dengan membuat daftar undangan terlebih dahulu. Untuk daftar undangan cukup tuliskan nama dan alamat saja.

Agar praktis buatlah di microsoft excel dengan membuat 2 kolom baris yang berisi nama dan alamat. Setelah itu simpan pada laptop atau komputer dengan nama yang mudah diingat.

Akan tersedia beragam jenis font yang bisa dipilih untuk membuat tampilan undangan semakin menarik. Jangan lupa untuk mengatur ukuran dan letaknya agar rapi ketika dibaca.

2. Ukurlah Kertas Label Dengan Penggaris

Setelah semua nama tamu undangan selesai ditulis, maka hal selanjutnya yang penting adalah mengukur kertas label. Biasanya terdapat 2 jenis ukuran yang bisa disesuaikan dengan merek label itu sendiri.

Untuk membuatnya cukup mudah dilakukan yaitu dengan mengukur panjang dan lebar kertas label menggunakan penggaris. Pada tahap ini silahkan masuk ke microsoft word dan buka menu Mailings.

Jika sudah tinggal klik Start Mail Merge dan klik Label. Setelah itu pilihlah New Label. Setelah itu masukkan ukuran label pada rincian Label Details.

Pada kotak label detail sendiri akan muncul banyak istilah yang mungkin sudah dipahami dengan baik. Contohnya yaitu top margin, side margin dan masih banyak lagi.

Apabila ingin mengubah satuan ukuran bisa menggantinya dengan masuk ke menu file lalu pilih Options > Advanced > Display > Show Measurements In Unit Of lalu pilih mm atau cm.

3. Masukkan Daftar Undangan ke Label

Cara membuat label undangan pernikahan selanjutnya adalah memasukkan daftar undangan ke label yang sebelumnya sudah diatur ukurannya. Agar garis terlihat lebih jelas klik tanda kress lalu pilih Border and Shading.

Dengan begitu maka tampilan tabel akan terlihat lebih jelas yaitu berbentuk kotak sesuai ukuran label. Untuk memasukkan nama dan alamat yang sudah dibuat tadi cukup mudah dilakukan.

Pada microsoft word, pilihlah Mailings lalu klik Recepient dan Use Existing List lalu pilih file excel. Jika sudah tinggal pilih Insert Merge Field. Alamat dan nama akan muncul otomatis.

Ratakan tulisan dengan memilih rata tengah pada menu home. Sebelum dicetak sebaiknya cek terlebih dahulu label undangan pada menu Preview Results.

4. Cetak Label Undangan

Setelah semua label berhasil dibuat, saatnya untuk mncetak label tersebut. Namun sebelumnya perlu menghilangkan garis yang berada di tepi label.

Jika sudah maka tinggal dicetak denga memilih menu Mailings > Finish and Merge > Print Documents. Nanti pengguna akan menemukan 3 pilihan ketika akan mencetak.

Pengguna bisa memilih All, Current Record maupun From-To yang disesuaikan dengan kebutuhan dan akan muncul User-Defined Paper Size.

Setelah semua tercetak, tinggal tempelkan pada undangan yang sudah tersedia. Pastikan label terpasang dengan rapi agar semakin cantik dilihat.


Penjelasan Singkat Kolom Label Detail

Nah pengguna perlu tahu penjelasan singkat mengenai kolom label detail yang tersedia di microsoft word. Hal ini bertujuan agar tidak kebingungan ketika mempraktekkanya.

Pada label name bisa diisi dengan nama label yang akan dibuat. Untuk top margin dan side margin adalah batas jarak antara kertas dengan pinggir label.

Pengguna juga akan menemukan istilah dalam bahasa Inggris yang tentu sudah paham maksud dan penggunaanya. Sebagai contoh yaitu label height yang berarti ukuran tinggi label.

Untuk tips pentingnya ketika mencetak label undangan adalah mengatur terlebih dahulu ukuran kertas agar sesuai dengan keinginan. Untuk melakukannya bisa menekan Ctrl+P lalu klik Properties.

Pengguna bisa menyesuaikan ukuran kertas dengan page width dan page height yang telah diatur sebelumnya. Pastikan bahwa ukurannya benar-benar tepat agar hasilnya juga lebih rapi.


Nah itulah cara membuat label undangan pernikahan beserta penjelasan kolom label detail dan tips penting agar hasil cetakan sesuai dengan keinginan. Cara di atas sangat mudah untuk dilakukan di rumah.

Selain mudah, membuat label undangan dengan cara di atas juga membutuhkan waktu yang cepat. Sehingga bisa memanfaatkan waktu untuk kegiatan yang lainnya juga karena tidak menyita banyak waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *