Cara Membuat Latar Belakang PKL yang Baik dan Benar

Cara membuat latar belakang laporan pkl

PKL atau Praktek Kerja Lapang menjadi salah satu kegiatan atau program yang wajib diikuti oleh siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan).

Tapi sekarang sudah banyak yang menyebutnya sebagai Prakerin atau praktek kerja industri. Dengan selesainya program PKL, itu artinya siswa diwajibkan untuk membuat laporan hasil PKL. S

ehingga tak heran jika banyak yang mencari informasi cara membuat latar belakang PKL yang baik dan benar.

Latar belakang yang ada di laporan PKL menunjukkan secara garis besar kegiatan PKL yang dilakukan.

Di dalamnya mencakup landasan teori mengapa program tersebut perlu dilakukan, tujuan, manfaat dan apa yang ingin dicapai.

Umumnya, latar belakang ditulis dalam satu halaman penuh maupun boleh sebagian saja. Setiap sekolah mungkin mempunyai aturannya sendiri untuk penulisan latar belakang laporan PKL ini.

Unsur-unsur yang Harus Ada Dalam Latar Belakang PKL

Sederhananya, latar belakang laporan PKL mencakup gambaran secara umum mengenai kegiatan atau program apa yang telah diselesaikan.

Hanya dengan membaca latar belakang, pembaca bisa mengetahui garis besar dari isi laporan tersebut beserta kegiatannya. Sehingga dalam pembuatan latar belakang laporan PKL harus mencakup unsur-unsur tertentu.

Hal itu juga berlaku ketika Kamu membuat laporan hasil PKL setelah menjadi anak magang di bagian Administrasi Perkantoran maupun Pemasaran.

Kedua bagian tersebut memang sering menjadi incaran bagi anak-anak SMA yang ingin menyelesaikan PKL sebagai salah satu syarat lulus. Langsung saja, berikut ini beberapa unsur yang harus ada pada latar belakang  laporan PKL:

1. Visi misi yang ingin diraih

Hal pertama yang biasanya ditulis saat membuat latar belakang laporan PKL yaitu menjelaskan mengenai visi misi kegiatan tersebut.

Misalnya ketika kamu melakukan PKL di puskesmas atau apotek, maka memberikan penjelasan terlebih dahulu tentang organisasi tersebut secara umum. Dalam bagian ini bisa disertai dengan landasan teori, seperti literatur berupa pendapat ahli yang sesuai.

2. Kondisi aktual

Dalam pembuatan latar belakang juga harus mencakup kondisi aktual yang sedang terjadi atau dibahas dalam lingkungan masyarakat.

Kondisi yang dimaksud meliputi pentingnya kegiatan PKL tersebut dilakukan.

Misalnya saat membuat laporan PKL hasil magang anak TKJ, maka bisa menjelaskan tentang pentingnya teknologi komunikasi dan jaringan sebagai salah satu bentuk kemajuan di lingkungan masyarakat.

3  Jalan keluar atau solusi

Sebelum memasuki penutup, dalam latar belakang laporan PKL juga wajib mencantumkan solusi atau jalan keluar atas permasalahan yang diangkat.

Solusi ini tentunya disesuaikan dengan tujuan masing-masing kegiatan PKL yang dilakukan siswa.

4. Penutup latar belakang

Kamu tidak harus menuliskan secara langsung kalimat penutup dalam latar belakang laporan PKL.

Jika melihat contoh-contoh laporan PKL, di bagian ini biasanya hanya dijelaskan secara garis besar tentang hasil yang didapatkan dari program kerja lapang tersebut.

Ditambahi dengan harapan bahwa kegiatan tersebut bisa bermanfaat bagi siswa yang bersangkutan maupun lingkungan sekitar

Pada dasarnya tidak ada aturan baku mengenai sebuah penulisan latar belakang dalam laporan praktek kerja lapang.

Agar lebih mudah dipahami, kamu bisa melihat beberapa contoh latar belakang PKL berikut ini:

Contoh latar belakang laporan PKL:

Latar Belakang Laporan PKL Akutansi

https://s1.studylibid.com/

Latar Belakang PKL SMK

https://imgv2-1-f.scribdassets.com/

Latar Belakang PKL TKJ

https://www.nesabamedia.com/

Dengan melihat beberapa contoh diatas, diharapkan kamu sudah bisa memahami bagaimana cara pembuatan latar belakang laporan PKL yang baik dan benar.

Semoga sedikit informasi ini bisa bermanfaat dan jika kamu ingin mendapatkan informasi menarik lainnya bisa mampir di Selasar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *