Cara Membuka Password Excel

Cara membuka password file excel

Microsoft Excel menjadi salah satu software yang banyak digunakan. Software yang satu ini banyak difungsikan untuk mengolah angka, seperti mencatat maupun menghitung data keuangan milik pribadi ataupun milik suatu perusahaan.

Tentunya, untuk data yang bersifat rahasia serta tidak boleh sembarang orang yang tahu, pastinya dibutuhkan sebuah pengaman. Nah, untuk mengamankan data yang ada di Microsoft Excel tersebut Anda harus menggunakan fitur proteksi password yang ada.

Namun, pada situasi tertentu seseorang yang memproteksi file Excel tersebut sedang tidak memungkinkan untuk membuka file, sementara file yang ada di dalamnya sangat dibutuhkan segera. Oleh karena itu, Anda harus bisa mengetahui cara membuka password Excel yang terkunci.

Berdasarkan informasi yang kami kutip dari www.winfixer.com , dibawah ini akan dijelaskan tentang cara yang bisa Anda lakukan untuk membuka password Excel yang terkunci baik karena lupa password ataupun alasan lainnya.

Akan tetapi, dalam pembahasan cara membuka password Excel kali ini menggunakan Microsoft Excel 2013. Bagi Anda yang menggunakan versi lain, Anda bisa langsung menyesuaikannya karena cara kerjanya pun sama.

Cara Membuka Password File Excel Tanpa Menggunakan Software

Jika tidak ingin ribet menggunakan sebuah software untuk bisa membuka file Excel yang terproteksi, maka cara ini bisa dilakukan. Lakukanlah klik ganda pada lembar kerja, setelahnya akan ditampilkan sebuah peringatan. Nah, pada menu ‘Review’ Anda akan melihat kalimat “Unprotect Sheet”.

Apabila Anda tidak mengetahui password dari file tersebut, maka lakukanlah cara berikut ini:

  • Pertama, buka file Excel yang terkunci. Kemudian tekan Alt + F11 untuk memunculkan Microsoft Visual Basic.
  • Pilihlah menu Insert > Module.
  • Jika sudah, maka akan muncul form modul. Selanjutnya, silahkan copy kode yang ada di bawah ini serta masukkan ke dalam form modul.

Sub InternalPasswords()
Dim i As Integer, j As Integer, k As Integer
Dim l As Integer, m As Integer, n As Integer
Dim i1 As Integer, i2 As Integer, i3 As Integer
Dim i4 As Integer, i5 As Integer, i6 As Integer
On Error Resume Next
For i = 65 To 66: For j = 65 To 66: For k = 65 To 66
For l = 65 To 66: For m = 65 To 66: For i1 = 65 To 66
For i2 = 65 To 66: For i3 = 65 To 66: For i4 = 65 To 66
For i5 = 65 To 66: For i6 = 65 To 66: For n = 32 To 126
ActiveWorkbook.Unprotect Chr(i) & Chr(j) & Chr(k) & _
Chr(l) & Chr(m) & Chr(i1) & Chr(i2) & Chr(i3) _
& Chr(i4) & Chr(i5) & Chr(i6) & Chr(n)
ActiveSheet.Unprotect Chr(i) & Chr(j) & Chr(k) & _
Chr(l) & Chr(m) & Chr(i1) & Chr(i2) & Chr(i3) _
& Chr(i4) & Chr(i5) & Chr(i6) & Chr(n)
If ActiveWorkbook.ProtectStructure = False Then
If ActiveWorkbook.ProtectWindows = False Then
If ActiveSheet.ProtectContents = False Then
Exit Sub
End If
End If
End If
Next: Next: Next: Next: Next: Next
Next: Next: Next: Next: Next: Next
End Sub

  • Setelah itu, akan muncul sebuah tampilan. Lanjut ke langkah berikutnya dengan pilih Sheet yang akan Anda buka. Misalnya Anda ingin membuka Sheet 1 dan tekan tombol F5 atau bisa juga pilih ikon yang berwarna hijau Run Macro. Kemudian akan muncul kotak dialog Macros, lalu pilih Run.
  • Tunggu beberapa saat hingga file selesai diproses. Lamanya proses tersebut tergantung pada ukuran filenya. Jika semakin besar ukuran file, maka proses yang dilakukan juga semakin lama.

Mudah bukan cara membuka password Excel? Gunakan cara tersebut dengan bijak dan jangan sampai merugikan pihak yang memiliki file tersebut. Selamat mencoba.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *