Cara Mempercepat Koneksi Wifi

Kehadiran teknologi memiliki peranan besar dalam kehidupan kita sehari-har, bisa dipastikan juga setiap orang kini telah bergantung kepada yang namanya teknologi. Salah satu perkembangan teknologi yang sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari adalah internet.

Internet sendiri merupakan jaringan komunikasi yang menghubungkan satu media elektronik dengan media yang lainnya. Untuk mendapatkan jaringan internet, seseorang membutuhkan peralatan elektronik yang dapat bertukar data secara nirkabel maupun gelombang radio yang disebut dengan wifi.

Namun, tidak jarang jaringan wifi sering terjadi kendala maupun terjadi koneksi melambat. Hal ini disebabkan karena berbagai macam faktor seperti gangguan nirkabel, konfigurasi router dan masalah teknis yang lainnya. Jika Anda sering mengalami koneksi wifi yang lambat, tidak perlu khawatir karena ada banyak cara untuk mempercepat koneksi wifi yang lambat dengan mudah dan cepat.

Cara Mempercepat Koneksi Wifi Dengan Mudah

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat koneksi wifi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kali ini kami akan mengulas cara mempercepat koneksi wifi dengan cara mudah. Simak penjelasannya dibawah ini:

1. Setting Ulang Bandwidth

Cara yang pertama untuk mempercepat koneksi wifi yaitu dengan mengubah settingan bandwidth-nya. Dengan menggunakan cara ini diklaim sangat ampuh dalam mempercepat koneksi wifi Anda. Agar koneksi wifi menjadi semakin cepat dan maksimal, maka Anda hanya perlu mengubah bandwidth tersebut ke angka yang lebih besar.

Berikut  cara mempercepat koneksi wifi dengan mengubah settingan bandwidth, simak langkah-langkahnya dibawah ini:

  • Pertama, buka jendela Run dengan cara klik kombinasi tombol Windows + R.
  • Pada jendela Run yang muncul dibagian pojok kiri bawah layar, kemudian Anda ketikkan gpedit.msc lalu klik tombol Enter atau OK.
  • Kemudian pada tampilan Local Group Policy Editor yang muncul di layar, selanjutnya klik 2 kali pada ospi Computer Configuration yang ada di sebelah kanan halaman.
  • Kemudian pilih opsi Administrative Templates dengan cara klik 2 kali, selanjutnya klik 2 kali pada opsi Network.
  • Lalu klik 2 kali lagi pada opsi QoS Packet Scheduler.
  • Selanjutnya klik 2 kali pada opsi Limit reservable bandwidth, nantinya akan muncul tampilan halaman baru.
  • Pada halaman tersebut, kemudian pilih opsi Enabled lalu ganti angka pada bagian Bandwidth limit (20) menjadi angka 0.
  • Jika sudah, selanjutnya klik tombol OK.
  • Sebelum digunakan, sebaiknya Anda lakukan restart perangkat PC/Laptop maupun Smartphone terlebih dahulu.
  • Selesai.

Setelah mengatur bandwidth seperti diatas, maka secara otomatis koneksi wifi akan menjadi lebih cepat. cara ini terbilang cukup efektif untuk meningkatkan kecepatan koneksi pada perangkat PC/Laptop maupun Smartphone Anda.

2. Setting ulang DNS

Selain dengan cara mengubah settingan bandwidth, Anda juga dapat menggunakan alternatif lain agar kecepatan koneksi wfi Anda menjadi lebih ngebut yaitu dengan cara mengubah settingan DNS-nya.

Cara ini juga diklaim sangat efektif dalam mempercepat koneksi wifi, Anda bisa mengganti konfigurasi Domain Name System ke DNS Google maupun Open DNS. Dengan demikian kecepatan koneksinya akan meningkat sekitar 20 % dan juga bisa lebih.

Berikut  langkah langkah cara mempercepat koneksi wifi di PC/Laptop dengan cara  setting ulang DNS, simak penjelasannya dibawah ini:

  • Pertama, buka jendela Network and Sharing Center dengan cara klik icon wifi yang ada di taskbar. Selanjutnya klik opsi Open Network and Sharing Center. Atau dengan cara klik Start Menu >> pilih Control Panel >> pilih Network and Internet >> pilih Network and Sharing Center.
  • Pada halaman Network and Sharing Center, lalu klik Wireless Network Connection ( jaringan wifi yang terhubung di PC/Laptop Anda ).
  • Ketika muncul jendela baru, selanjutnya klik pada opsi Properties.
  • Pada list koneksi, selanjutnya Anda klik 2 kali pada opsi Internet protocol Version 4 (TCP/Ipv4).
  • Pada bagian menu General, kemudian pilih opsi Use the following DNS server addresses.
  • Pada bagian kolom DNS, isi dengan Open DNS Maupun DNS dari Google. Anda juga bisa memilih salah satunya yang dianggap lebih maksimal dalam meningkatkan koneksi wifi di PC/Laptop.

#( Open DNS )

Preferred DNS : 208.67.222.222

Alternate DNS : 208.67.220.220

#( DNS Google )

Preferred DNS : 8.8.8.8

Alternate DNS : 8.8.4.4

  • Jika sudah, selanjutnya Anda klik tombol OK.
  • Agar kecepatan koneksi wifi lebih terasa, Anda perlu melakukan restart  pada PC/Laptop terlebih dahulu sebelum digunakan.
  • Selesai.

3. Mengaktifkan DNS Cache

Mengaktifkan DNS cache juga diklaim mampu untuk mempercepat koneksi wifi di perangkat PC/Laptop, cara ini juga terbilang sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya cara mengaktifkan DNS Cache di PC/Laptop, simak penjelasannya dibawah ini:

  • Pertama, buka program Notepad. Dengan cara klik Start Menu, kemudian ketikkan Notepad pada kolom pencarian.
  • Jika Notepad sudah terbuka, selanjutnya copy dan paste kode dibawah ini.

[HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Dnscache\Parameters]

“CacheHashTableBucketSize”=dword:00000001

“CacheHashTableSize”=dword:00000180

“MaxCacheEntryTtlLimit”=dword:0000fa00

“MaxSOACacheEntryTtlLimit”=dword:0000012d

  • Jika sudah, kemudian simpan file Notepad tersebut dengan cara klik menu file Lalu pilih Save As.
  • Beri nama file Notepad tersebut dengan dnscache.reg kemudian Simpan.
  • Jika Anda ingin melakukan browsing di internet, maka klik 2 kali pada file dnscache.reg yang disimpan tadi.
  • Dengan demikian kecepatan internet di perangkat laptop Anda akan jauh lebih cepat dari sebelumnya.
  • Selesai.

4. Melakukan Reset Modem atau Router

Cara yang terakhir untuk mempercepat koneksi wifi yaitu dengan cara melakukan reset router. Hal ini mungkin salah satu penyebab koneksi wifi yang lemot diakibatkan oleh router yang bermasalah. Dengan melakukan reset router tersebut setidaknya akan mengatasi masalah yang terjadi pada perangkat tersebut.

Selain itu, router nantinya akan jauh lebih baik dalam memancarkan koneksi internet sehingga membuatnya lebih cepat dan efisien.

Baca juga: Cara mengetahui password Wifi

Nah itulah beberapa cara sederhana untuk mempercepat koneksi  wifi dengan mudah, semoga panduan yang kami berikan bisa membantu Anda. Sampai jumpa pada artikel-artikel kami selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *