Cara Mempercepat Windows 10

Windows 10 merupakan sistem operasi yang sangat populer dan paling banyak digunakan oleh perangkat komputer di dunia ini. Salah satu penyebab mengapa sistem operasi ini banyak digunakan adalah karena Windows 10  mampu berjalan pada komputer dengan spesifikasi hardware yang rendah hingga yang tinggi.

Namun perlu diingat bahwa jika sistem operasi ini dijalankan pada hardware yang memiliki spesifikasi rendah tentu tidak akan dapat berjalan dengan lancar. Nah, jika Anda termasuk pengguna yang memiliki komputer dengan hardware yang low jangan khawatir karena kali ini ini kami membagikan bagaimana cara mempercepat Windows 10.

Mau tahu bagaimana cara mempercepat kinerja Windows 10 Anda? Yuk simak ulasannya berikut ini.

5 Cara Mempercepat WIndows 10

Non-aktifkan Program Start-Up

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan mematikan program start-up. Program StartUp (Startup Program) adalah : program yang secara otomatis akan aktif (start) bersamaan dengan di-load nya OS Windows 10 Anda. Nah dengan berjalannya program yang tidak Anda butuhkan tersebut dalam memperlambat Windows 10 Anda karena program tersebut juga menggunakan RAM dan menambah beban prosesor Anda.

Untuk mematikan Program Startup ini caranya sangat mudah yakni Klik kanan pada logo Windows kemudian pilih Task Manager lalu pilih tab Startup maka akan muncul daftar aplikasi yang berjalan, silahkan pilih aplikasi yang tidak Anda butuhkan kemudian klik Disable.

Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Cara kedua yang dapat Anda gunakan untuk mempercepat Windows 10 Anda adalah dengan menghapus aplikasi yang sudah tidak Anda gunakan lagi. Dengan menghapus aplikasi ini dapat melegakan Disk/storage pada komputer Anda. 


Cara menghapus aplikasi tersebut cukup mudah yakni pertama silahkan klik logo Windows kemudian ketik pada search barControl Panel” pilih dan buka aplikasi Control Panel pilih Program kemudian Uninstall Program.

Akan muncul daftar aplikasi yang ada di komputer Anda, silahkan Anda hapus aplikasi yang tidak Anda gunakan.

Jalankan Disk Cleanup

Disk Cleanup merupakan aplikasi bawaan Windows yang dapat Anda manfaatkan untuk membantu mempercepat kinerja Windows 10 Anda. Fungsi utama dari aplikasi ini adalah untuk membersihkan cache ataupun file sampah yang tidak berguna di dalam komputer Anda,

Untuk menjalankan aplikasi ini cukup mudah, berikut langkahnya:

  1. Klik start pada logo windows di bawah.
  2. Ketik “ Disk Cleanup” dan buka aplikasi
  3. Pada tampilan awal akan muncul pilihan hardisk yang ada di komputer Anda, silahkan pilih Drive C.
  4. Akan muncul pilihan file apa saja yang dapat Anda hapus
  5. Silahkan pilih yang sekiranya Anda ingin hapus dan pilih OK.

Nonaktifkan Animasi, Efek Visual, Transparansi dan Bayangan

Pada tampilan windows terdapat efek visual, animasi dan bayangan yang bertujuan untuk memperindah tampilan antar muka. Nah beberapa efek tersebut tentunya akan terasa berat jika dijalankan pada komputer dengan spesifikasi rendah. Mematikan fitur tersebut tentunya dapat mempercepat WIndows 10 Anda.

Instal Ulang WIndows

Cara untuk mempercepat windows selanjutnya adalah dengan melakukan instal ulang windows 10 Anda. Tidak dipungkiri bahwa terkadang ada beberapa virus yang tersembunyi dan tidak dapat dideteksi dengan Antivirus. Nah, terkadang beberapa virus dalam membuat kerusakan pada sistem dan membuat Windows terasa berat. Salah satu solusinya adalah dengan melakukan install ulang Windows 10.

Untuk cara install windows 10 ini cukup rumit, Anda dapat membaca tutorial untuk melakukan install windows 10 di website Ubixlo. Namun jika Anda masih ragu, ada baiknya Anda membawa komputer Anda ke jasa service komputer.

Nah itu dia beberapa cara mempercepat kinerja windows 10 yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *