Cara Menampilkan Keyboard di Layar Windows

cara menampilkan keyboard di layar windows

Keyboard merupakan salah satu komponen penting yang ada pada laptop maupun komputer. Tanpa keyboard, mungkin kita akan sedikit kesulitan ketika hendak melakukan pengetikan.

Pada sistem operasi Windows, kita memang sudah disediakan aplikasi keyboard yang tampil di layar, namanya adalah on screen keyboard. Ketika keyboard eksternal mengalami kerusakan, maka keberadaan on screen keyboard sangatlah membantu.

Kelebihan dan kekurangan pada suatu hal itu adalah wajar, termasuk pada aplikasi keyboard ini. Keberadaannya memang sangat membantu, namun ketika menggunakan keyboard ini kita tidak bisa melakukan pengetikan secepat saat menggunakan keyboard eksternal.

Hal di atas terjadi karena on screen keyboard dijalankan menggunakan mouse, sedangkan mouse sendiri hanya memiliki satu kursor. Itu artinya, kita hanya bisa mengetikkan satu huruf layaknya kita melakukan satu klik menggunakan mouse.

Cara Menampilkan On Screen Keyboard

On screen keyboard ini sudah ada pada Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Bagi yang membutuhkan dan ingin mengaktifkannya, Anda bisa mengikuti beberapa cara yang bisa digunakan di bawah ini:

1. Melalui Taskbar

Taskbar merupakan bar yang terletak pada bagian bawah atau samping desktop yang berfungsi untuk menjalankan program dengan cepat. Biasanya, taskbar berisi aplikasi-aplikasi pilihan yang sering digunakan oleh user.

Pada pengaturan default, kita belum bisa mengaktifkan on screen keyboard melalui taskbar. Kita harus mengaktifkan tombol di taskbar terlebih dahulu. Caranya klik kanan pada taskbar > aktifkan show touch keyboard button > klik icon keyboard yang berada di pojok kanan bawah.

Setelah Anda klik icon yang berada di taskbar (lihat bagian nomor 2), nanti akan muncul keyboard di layar yang siap digunakan.

2. Melalui Perintah Run

Run merupakan software bawaan Windows yang sering digunakan untuk membuka sebuah program dengan cepat. Dengan Run, kita hanya perlu mengetikkan sebuah perintah dan nantinya program akan terbuka.

Untuk on screen keyboard, perintahnya adalah OSK. Cara penggunaannya adalah, silahkan buka Run dengan menekan tombol Windows+R, setelah itu ketikkan OSK lalu tekan Enter.

Jika keyboard eksternal Anda tidak bisa, maka Anda bisa membuka Run dengan klik Start > Windows System > Run lalu ketikkan OSK dan tekan Enter.

3. Melalui Kolom Pencarian

Dengan pencarian, kita bisa menemukan hampir semua fitur yang disediakan Windows dengan sangat cepat. Kita hanya perlu mengetikkan keyword di kolom pencarian saja.

Untuk membuka on screen keyboard menggunakan kolom pencarian, silahkan Anda klik icon pencarian yang terletak pada taskbar lalu ketikkan On-Screen Kaybord.

Icon pencarian mungkin hanya terdapat pada Windows 8 dan Windows 10 saja ya. Bagi Anda yang menggunakan Windows 7, mungkin Anda tidak akan menemukan icon pencarian. Alternatifnya, silahkan klik Start lalu langsung ketikkan On-Screen Keyboard.

4. Melalui Command Prompt

Command prompt atau yang sering disebut juga dengan CMD adalah sebuah program yang digunakan untuk menuliskan sebuah perintah. Dengan program ini, kita bisa membuka on screen keyboard dengan mudah.

Caranya, silahkan Anda buka Command Prompt > ketikkan OSK lalu tekan enter.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuka on screen keyboard atau keyboard pada layar Windows.

Walaupun on screen keyboard jarang digunakan, tapi kami yakin suatu saat Anda akan menggunakannya. Entah saat keyboard rusak ataupun ada salah satu tombol yang tidak bisa dipencet.

Demikianlah artikel yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *