Cara Menanam Durian

Berkebun merupakan suatu kegiatan menyenangkan, apalagi kalau bisa menanam buah favorite sendiri. Selain bisa memakan hasilnya tentu Anda senang dan bangga dengan hasil yang didapat. Didukung kemudahan teknologi sekarang ini memudahkan Anda mendapatkan info menanam tanaman. Misalnya cara menanam durian, di banyak situs salah satunya TaniMuda.

– Tata Cara Menanam Durian Terawat Baik dan Berbuah Cepat

Kebanyakan pohon durian lama waktu panenya tiba. Tetapi jika Anda mengetahui cara mempercepat si durian berbuah cepat maka Anda perlu memperhatikan dan memahami cara bertanam serta merawat pohon durian dari TaniMuda. Adapun info lebih lengkapnya kunjungi TaniMuda. Berikut pembahasan selengkapnya di bawah ini.

1. Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit yang baik dan berkualitas mungkin tidak mudah, tetapi bukanlah hal yang tak mungkin. Terdapat dua cara untuk memperoleh bibit yang berkualitas, yakni membeli benih dan dengan membuat benih sendiri.

Apabila Anda ingin membuat sendiri, Anda dapat menanamnya dari masih biji ataupun mencangkoknya. Adapun hal yang harus Anda perhatikan, ialah benih menurunkan sifat induk supaya menghasilkan bibit yang benar-benar berkualitas baik. Jika Anda pilih membeli benih. Gunakan benih yang telah terbukti dan terjamin kualitasnya.

2. Menyiapkan Media Tanam

Setelah pemilihan benih atau bibit unggul kemudian lanjut ke tahap media tanam. Umumnya yang dimaksud media tanam ialah tanah. Agar durian tumbuh cepat dan berbuah banyak perlu mendapatkan tanah berkualitas. Karenanya pastikan unsur hara tanah terpenuhi, kadar asam dan basa tanah sesuai, dan sistem pengairan pada media tanah baik sehingga tanah tetap subur.

3. Membuat Bedengan

Sebelum membuat bedengan pastikan Anda telah membersihkan lahan dari apapun seperti gulma dan lainnya. Lalu buatlah tanah menjadi gembur dengan menggunakan cangkul. Kemudian tanah yang digemburkan tadi campur dengan pupuk kandang atau kompos sebanyak 5 kg, pasir, dan sekam padi. Ukuran tanah lebar 1 m x 2 m panjang. Diamkan campurannya selama 5-7 hari sebelum ditanami bibit.

4. Perhatikan Jarak Antar Tanaman

Supaya pohon durian tumbuh dengan optimal perlu adanya jarak antar pohon. Adapun jarak antar pohon mulai dari 8 x 8 m sampai 12 x 12 m. jarak ini sangat penting agar tanaman mendapatkan nutrisi dengan baik, pohon satu dan lainnya tidak menutupi tanaman lain dari sinar matahari, dan mencegah hama penyakit menyebar.

5. Cara Menanam Durian yang Benar

Apabila persiapan lahan tanam telah rampung, dan hal-hal penting sudah dikerjakan, maka Anda dapat memulai menanam bibit durian. Untuk menanam durian yang benar, pertama-tama lihat tinggi bibit apakah telah sampai 75-160 cm atau belum? Anda bisa memindahkannya ke lahan tanam jika sudah memenuhi tingginya.

Pindahkan bibit durian dengan hati-hati agar tidak merusak benih. Caranya sobek perlahan polybag dan pastikan Anda tidak melukai akar. Ketika benih durian sudah dipindahkan, tutup bedengan menggunakan jerami kemudian siram tanaman. Karena pohon durian masih muda, supaya tidak kering maupun layu buatlah naungan dan kelembabannya harus terjaga.

6. Pemeliharaan

Masuk ketahap pemeliharaan, di sini Anda dilatih untuk telaten, bersabar, dan rutin memeliharanya. Setidaknya dalam proses pemeliharaan Anda harus menyiangi untuk mencegah persaingan, penyiraman terutama pohon durian yang masih muda umurnya, dan pemupukan. Makin besar pohob pemeliharaan tidak serumit ketika pohon masih muda, tetapi harus cek secara berkala durian.

Cara menanam durian ini tentu mudah dilakukan, hal yang perlu diperhatikan perawatannya agar durian cepat tumbuh dan berbuah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *